BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pantai Baron, Primadona Wisata Pantai Gunung Kidul

Pantai Baron, Primadona wisata PanTai Gunung Kidul Yang Memiliki Pesona Indah

0 368
baron beach, pantai baron
Sumber Gambar : ekayuniarti_119 (instagram)

Pantai Baron, Primadona Wisata Pantai Gunung Kidul

Kabupaten Gunungkidul mempunyai banyak pesona alam yang sangat mempesona banyak tempat-tempat pariwisata yang tersebar di kabupaten ini.

Salah satunya ialah Pantai Baron, yang merupakan pantai klasik yang berada di Indonesia hingga saat ini masih banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Banyak perubahan yang terjadi di Pantai Baron, untuk saat ini banyak perkembangan fasilitas yang dibangun oleh pengelola, dengan tujuan untuk menambah minat para pengunjung agar bisa berwisata ke pantai ini.

Yang menjadikan kawasan objek wisata pantai baron sebagai ikon kota, dan menjadi kawasan yang eksotis dan sangat memukau bagi para pengunjung.

Sejarah Pantai Baron

Pada zaman penjajahan kolonial Belanda, yang pertama kali datang ke tempat ini di bawah pimpinan Baron skeber.

Pasukan Belanda yang datang untuk berlabuh di kawasan ini, dikarenakan dahulu tempat ini mempunyai sebuah teluk yang cukup indah.

Selain itu garis pantai yang menjorok, membuat kawasan ini sangat tepat untuk menambatkan kapal. Dan menjadikannya tempat yang stragis untuk pertahanan apabila ada musuh yang datang dari laut.

Di tempat inilah kolonial Belanda membangun gudang senjata, meskipun merupakan warga Negara Asing, warga sekitar juga percaya bahwa baron sekeber mempunyai kesaktian dan sudah diakui oleh orang banyak.

Sehingga lama-kelamaan penduduk sekitar pun memberikan nama pantai tersebut dengan nama seperti pemimpin pasukan kolonial Belanda yang pertama kali tiba di kawasan ini yaitu Baron.

Dahulu di tempat ini sangat terkenal karena merupakan sebuah teluk yang mana air membelah kedua daratan, air yang membelah daratan tersebut tidak terlalu luas.

bukit hijau, pantai baron
Sumber Gambar : si._monn (instagram)

Sehingga para pengunjung yang ingin menikmati tempat ini, bisa berjalan di kawasan yang menjadi favorit, seperti halnya berada di bawah karang besar dan berada di sisi kiri pantai.

Namun untuk saat ini daratan tersebut seakan terbelah dengan hadirnya sungai yang mempunyai kedalaman yang cukup dalam.

Dan yang menjadi satu-satunya jalan untuk menuju ke daratan sebelah, dengan cara menyebrang melalui perahu nelayan.

Wisatawan yang ingin berkunjung daratan sebelahnya bisa menyeberangi sungai yang mengalir deras di kawasan tersebut.

Namun resikonya ialah, barang bawaan para pengunjung otomatis akan kebasahan terkena aliran sungai karena kedalaman sungai ini setinggi kepala orang dewasa.

Sehungga untuk menghindari hal tersebut, cara yang paling aman ialah dengan menyewa perahu nelayan, dengan biaya sebesar Rp 10.000, para pengunjung sudah bisa mengamankan barang bawaan dengan selamat.

Yang menarik dari sungai ini ialah, mempunyai aliran cukup deras dan merupakan sungai air tawar, dimana air yang mengalir di sungai ini berwarna kehijauan, sehingga cukup menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Dikembangkannya Mercusuar

Di Pantai Baron ini para pengunjung selain bisa menikmati pesona pantai, juga bisa menikmati keindahan objek wisata lain yaitu dengan menyusuri mercusuar.

mercusuar, pantai baron
Sumber Gambar : lestia.aditama (instagram)

Yang berada di atas bukit sebelah kiri dari objek wisata Pantai Baron. Para pengunjung yang ingin mengunjungi mercusuar harus naik dari jalan setapak yang berada di area parkiran.

Untuk menuju ke mercusuar pengunjung harus menaiki ke bukit dengan sedikit usaha sehingga akan  menguras tenaga.

Apabila para pengunjung sudah berada di atas maka, bisa melihat pantai yang mempesona dari sini, para pengunjung bisa melihat keindahan panorama pantai Baron dari atas.

selain itu kapal nelayan yang berjajar menambah daya tarik tersendiri, bagi para pengunjung yang ingin menguji adrenalin bisa menaiki mercusuar ini.

bukit pantai baron, pantai baron
Sumber Gambar : ibenn25 (instagram)

Pesona alam Pantai Baron yang mempesona bisa dilihat dari atas menara mercusuar, para pengunjung bisa melihat pulau kecil yang berada di sisi timur kawasan Pantai Baron.

Akan tetapi para pengunjung harus jeli untuk bisa melihat pulau ini, dikarenakan pulau ini memiliki ukuran yang cukup kecil.

Para pengunjung yang ingin menaiki mercusuar harus membayar retribusi sebesar Rp 2.000 dan bisa menikmati pesona alam Pantai Baron.

menikmati pesona pantai baron dari atas mercusuar, sehingga pengalaman tersebut tidak akan pernah terlupakan.

Untuk bisa mencapai menara mercusuar, para pengunjung harus menyusuri sebuah ladang milik masyarakat sekitar, dan dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Sehingga cukup untuk menguras tenaga para pengunjung karena jalan yang dilalui agak sedikit susah.

Jam Matahari

Para pengunjung yang sudah puas menikmati pantai dan berkunjung ke mercusuar, kini saatnya para pengunjung menikmati keindahan lain yang tersimpan di kawasan ini, yaitu dengan hadirnya jam matahari yang berada tepat di kawasan Baron Techno Park.

jam matahari, pantai baron
Sumber Gambar : m_fatkhun (instagram)

Di kawasan ini para pengunjung bisa menikmati Jam  matahari yang mempesona, serta kincir angin yang sangat menarik perhatian.

Dikarenakan kawasan ini merupakan tempat favorit para pengunjung untuk bisa mengabadikan momen terbenamnya matahari.

Wisatawan yang ingin mencapai kawasan ini, sebelum mencapai Pantai Baron terdapat sebuah gapura, belokan kendaraan ke arah kanan mengikuti papan petunjuk sebagai pemandu menuju jam matahari.

Untuk menuju kawasan ini perlu kehati-hatian dari para pengunjung, dikarenakan jalanan yang harus ditempuh sedikit membahayakan.

Tetapi setelah sampai kawasan objek wisata jam matahari, para pengunjung akan dibuat takjub akan keidahan panorama yang tersaji.

Para pengunjung yang ingin menikmati pesona pantai baron namun takut basah, wisatawan tidak perlu kawatir mereka, bisa duduk-duduk di bawah pohon yang rindang, dengan cara menggelar tikar dan membuka bekal yang sudah dibawa dari rumah untuk dijadikan santapan keluarga.

Apabila para pengunjung tidak membawa bekal dari rumah, di kawasan Pantai Baron sudah menyediakan beberapa warung makan yang menyajikan berapa menu kuliner yang tersaji.

Di Pantai Baron juga banyak para nelayan yang singgah, sehingga para pengunjung bisa langsung membeli hasil tangkapan para nelayan berupa ikan-ikan yang masih segar.

Di samping itu harga yang ditawarkan oleh para nelayan juga cukup bersahabat. Akan tetapi para pengunjung harus pintar-pintar untuk menawar harga ikan yang dibawa oleh nelayan, apabila cocok  para pengunjung akan mendapatkan jenis ikan favorit dengan harga yang cocok.

Kapal-kapal  nelayan yang bersandar di Pantai Baron jumlahnya cukup banyak, sehingga cocok dijadikan tempat untuk pengambilan objek foto, para pengunjung bisa berpose apa saja di perahu nelayan tersebut.

perahu nelayan, pantai baron
Sumber Gambar : sony_hart_tono (instagram)

Dikawasan objek wisata Pantai Baron juga terdapat toko souvenir, yang menjual hasil kerajinan seperti gantungan kunci dan lainnya yang bisa dibawa pulang, sebagai oleh-oleh keluarga yang berada di rumah.

Selain gantungan kunci, took souvenir di kawasan ini juga menjual hiasan ruangan yang indah, untuk soal harga terbilang cukup murah, mulai dari Rp 5.000, para pengunjung sudah bisa membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Larung Sesaji

Hal tersebut sudah menjadi tradisi, apalagi sudah menjadi suatu kepercayaan masyarakat pantai selatan pulau Jawa.

Pada waktu-waktu tertentu para pengunjung bisa menyaksikan upacara adat yang menghadirkan sebuah misteri, yang mampu menghadirkan  nuansa yang begitu sakral disaat acara ini dimulai.

Diadakan nya upacara ini mempunyai tujuan untuk mengucap rasa syukur masyarakat sekitar kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rezeki yang sudah diberikan kepada mereka.

Dengan larung sesaji ini, masyarakat tepi pantai berharap rezeki yang mereka terima akan lebih baik lagi, sehingga mengangkat derajat ekonomi warga sekitar pesisir pantai dari waktu ke waktu.

Alamat Dan Rute Lokasi

Para pengunjung yang ingin berwisata ke Pantai Baron langsung bisa menuju ke Dusun Rejosari, Desa kemadang, kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa yogyakarta.

Para pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata ini terdapat 2 transportasi yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk mengunjungi objek wisata Pantai Baron.

yang pertama para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Dan yang kedua para pengunjung minta menggunakan transportasi umum, apabila para pengunjung menggunakan transportasi umum, bisa memulainya dari terminal bus Giwangan Jogja.

Kemudian naik angkutan umum berupa bus dengan tujuan Terminal Wonosari, dari sini dilanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus tujuan Pantai Baron.

Apabila para pengunjung masih bingung untuk menuju lokasi ini, pengunjung bisa menggunakan aplikasi google Map yang sudah terpasang di smartphone masing-masing.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Objek wisata Pantai Baron memberikan harga tiket yang cukup murah, bagi para pengunjung yang datang, mereka hanya membayar sebesar Rp 10.000 per orangnya.

Dengan membayar retribusi Rp 10.000 para pengunjung bisa menikmati kawasan wisata yang berada di sekitar pantai Baron.

Untuk biaya parkir pengelola menarik iuran retribusi sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 bagi yang menggunakan kendaraan roda empat.

Sebagai catatan, para pengunjung harus membayar biaya parkir di setiap pantai atau kawasan wisata yang berada di sekitar pantai Baron yang mereka kunjungi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×