BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Purbalingga Surga Jawa Tengah Yang Super Memukau

Wisata alam Purbalingga

0 283
wisata alam purbalingga yang memukau
sumber gambar : @ngapakbackpacker (instagram)

Kabupaten Purbalingga yang merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah. Kabupaten Purbalingga karena letaknya yang berada di tengah Pulau Jawa hal ini membuat kabupaten tersebut tidak memiliki garis pantai.

Meskipun Kabupaten Purbalingga tidak memiliki wisata pantai. Anda tidak perlu khawatir karena Purbalingga menyimpan banyak keindahan alam yang sangat luar biasa.

Wisata alam Purbalingga yang sangat populer yaitu air terjunnya. Purbalingga terdapat banyak keindahan air terjun yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata lain.

Selain itu terdapat pula beberapa wisata alam yang ada di dataran tinggi. Kabupaten Purbalingga letaknya berdekatan dengan Kota Purwokerto, Kebumen dan juga Tegal.

Wisata alam Purbalingga dibawah ini akan dijelaskan destinasi yang sangat wajib anda kunjungi saat musim libur telah tiba.

Anda dapat berlibur bersama keluarga, teman bahkan pasangan. Apa saja wisata alam Purbalingga tersebut? Mari simak ulasan dibawah ini.

1. Wisata Alam Purbalingga Gua Lawa

goa lawa wisata alam purbalingga
sumber gambar : @desrizky23 (instagram)

Wisata alam Purbalingga Gua Lawa yang terletak di Jalan Raya Gua Lawa Km.3, Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata alam Purbalingga Gua Lawa Purbalingga yang sering disingkat menjadi GOLAGA ini merupakan goa yang di penuhi banyak kelelawar.

Terdapat juga dinding batu yang membentuk seperti dada kelelawar. Gua Lawa memiliki arti Lawa berarti kelelawar dalam Bahasa Jawa.

Gua Lawa memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer. Luas dari wisata alam Purbalingga Gua Lawa sekitar 6.683 meter persegi.

Gua ini merupakan hasil dari endapan aliran lava batu gamping. Aliran gamping tersebut hingga akhirnya membeku berada di bawah permukaan laut.

Selain itu gua ini merupakan salah satu gua vulkanik yang telah terbentuk dari lava pegunungan.

Lava yang leleh lama-lama mengeras membentuk menjadi batu. Proses pembekuan lava tersebut berlangsung berjuta-juta tahun yang lalu.

Wisata alam Purbalingga Gua Lawa terbentuk dari lava yang keluar Gunung Slamet Purba. Lava tersebut keluar menuruni lembah yang membentuk sungai.

Para wisatawan yang hadir terus bertambah dengan adanya tampilan baru Gua Lawa. Pihak Pengelola terus berupaya untuk memberikan wisata yang cukup menarik.

Gua Lawa sekarang dilengkapi dengan warna warni lampu yang ada di dalam gua. Tidak hanya itu pihak pengelola terus melakukan perbaikan dan promosi untuk memikat hati para wisatawan.

Saat anda berada di kawasan Gua Lawa anda akan melakukan Caving atau menyusuri gua dengan jarak tempuh sekitar 500 meter waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan.

Anda akan diajak untuk menyusuri lorong gua. Lorong tersebut dari mulai lorong gua sempit, lorong super sempit dan juga lorong yang lebar.

Anda akan menikmati sensasi berjalan di dalam gua yang terbentuk oleh lava vulkanik. Anda akan menyusur medan yang bermacam-macam mulai dari lumpur, berair, bahkan ada jalur yang harus dipanjat.

Sekitar kawasan Gua Lawa pihak pengelola menyediakan camping ground. Camping ground memiliki area hamparan rumput hijau dan juga pepohonan pinus yang memberikan kesan sejuk dan teduh.

Pihak pengelola berencana untuk memperbaiki lagi spot camping menyesuaikan pengunjung yang datang.

Kawasan wisata alam Purbalingga Gua Lawa yang terlihat sangat asri, hal ini membuat tempat ini sangat cocok untuk dilakukan aktivitas outbond.

Aktivitas yang wajib untuk anda lakukan saat berada di kawasan wisata yaitu berfoto. Anda dapat menikmati keindahan alam dengan mengabadikannya dalam bidikan kamera bersama keluarga, teman bahkan pasangan.

Sekitar wisata alam Gua Lawa memiliki spot cantik yang sangat mengagumkan. Jika anda penggemar fotografi tempat ini sangat cocok untuk anda.

Anda dapat berfoto dibawah air terjun 40 meter. Pihak pengelola akan membawa anda merasakan berada di bawah air terjun. Anda akan merasakan bebatuan dan menerjang udara.

Wahana ini sangat cocok untuk anda yang menyukai aktivitas adrenalin. Para wisatawan tidak perlu khawatir sebab petugas akan memberikan peralatan rappeling yang lengkap.

Terdapat aktivitas lain yang dapat para wisatawan coba. Aktivitas tersebut yaitu menjelajah Bukit Njelir.

Untuk menuju Bukit Njelir mulai dari titik awal kawasan Gua Lawa berjalan kurang lebih sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan.

Rute yang harus dilalui para wisatawan jika ingin menuju Bukit Njelir yaitu Watu Gede menuju Sena setelah itu menuju Bukit Kelir kemudian menuju Persil.

Sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang sangat memikat hati. Jika anda menyukai motor trail. Jalur tersebut sangat cocok untuk anda. Trek yang dilalui berupa tanah yang tepat untuk dijadikan sirkuit motor trail.

Untuk fasilitas yang disediakan sudah sangat memadai. Anda dapat menikmati wisata alam Purbalingga Gua Lawa demi keamanan dan juga kenyamanan.

Fasilitas tersebut terdiri dari area parkir yang luas, tempat untuk bersantai, tersedia taman untuk dijadikan spot berfoto, tempat ibadah, toilet dan warung makan.

Selain itu terdapat pupa panggung gembira yang digunakan sebagai pertunjukan kesenian.

Untuk menikmati berbagai macam aktivitas dan fasilitas yang disediakan anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.10.000 per orang pada hari biasa.

Sedangkan saat weekend anda akan dikenakan biaya sekitar Rp.15.000 per orang. Jika anda membawa anak-anak yang berumur 3 tahun ke atas akan dikenakan biaya penuh.

2. Wisata Alam Purbalingga Curug Nini

curug nini wisata alam purbalingga
sumber gambar : @sigit_phiyo (instagram)

Curug Nini memiliki ukuran yang sangat mini. Curug Nini merupakan salah satu wisata alam Purbalingga yang memiliki keindahan alam sangat eksotis.

Curug Nini terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Karena wisata alam Purbalingga Curug Nini memiliki ukuran yang kecil hal ini membuat wisata ini sangat aman bagi para wisatawan.

Aliran air yang sangat jernih dan kolam yang tidak terlalu dalam membuat daya tarik tersendiri dari wisata ini.

Suara gemercik aliran air terjun yang sangat menyegarkan pikiran dan membuat anda akan nyaman berada di kawasan ini. Keunikan lain yang ada di sekitar air terjun adalah tebingnya digunakan sebagai free cliff jumping.

Tebing yang tidak terlalu tinggi, hal ini membuat para wisatawan sering melakukan jumping. Kondisi kolam yang dangkal membuat para wisatawan semakin asyik bermain air.

Anda dapat memanfaatkan keindahan pemandangan alam sebagai latar belakang untuk berfoto. Berfoto dengan memanfaatkan aliran air terjun sebagai latar belakang foto cantik.

Selain itu anda dapat berfoto di dalam air yang akan terlihat jelas kejernihan aliran air terjun. Saat anda berendam

Wisata alam Purbalingga Curug Nini dikelilingi oleh pepohonan yang terlihat hijau. Pepohonan tersebut yang memberikan kesan eksotis dan membuat air terjun terlihat semakin asri.

Tidak hanya itu pepohonan hijau membuat suasana sekitar Curug Nini semakin sejuk dan teduh. Suasana khas pegunungan membuat anda nyaman semua penat yang dirasa akan hilang begitu saja.

Fasilitas yang tersedia sudah sangat memadai seperti tempat ibadah, area parkir, toilet, terdapat beberapa warung makan yang bisa anda manfaat untuk mengisi tenaga dan juga beristirahat sejenak melepas lelah.

Untuk menikmati keindahan panorama alam Curug Nini. Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.3.000 per orang. Sangat terjangkau bukan ? Dengan biaya tersebut anda dapat merasakan indahnya Curug Nini.

3. Wisata Alam Purbalingga Curug Sumba

curug sumba wisata alam purbalingga
sumber gambar : @jerindosanandreas (instagram)

Salah satu wisata alam Purbalingga yang sangat populer adalah Curug Sumba. Curug Sumba terletak di Desa Thalab Kidul, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata alam Purbalingga Curug Sumba yang dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rimbun dan terlihat sangat hijau membuat suasana pegunungan semakin terasa.

Udara yang terasa sangat sejuk dan teduh membuat anda semakin betah berlama-lama berada di kawasan ini.

Jika anda bosan dengan kehidupan sehari-hari, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata yang akan anda tuju saat musim libur.

Anda akan merasakan ketenangan yang membuat semua beban terasa hilang. Curug Sumba merupakan surga yang tersembunyi. Letaknya yang berada di kawasan desa, membuat curug ini tidak terlalu banyak pengunjung.

Anda dapat melakukan aktivitas bermain air, berenang dan berfoto sesuka hati anda. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya saat musim kemarau.

Saat musim kemarau anda akan melihat indahnya aliran air terjun yang mengalir dari atas tebing menuju kolam yang ada di bawahnya.

Saat musim kemarau anda akan melihat betapa jernihnya aliran air. Aliran air tersebut berwarna biru, hal ini membuat mata anda sangat dimanjakan. Selain itu anda hanya akan melihat satu aliran air terjun

Namun jika anda mengunjungi wisata ini saat musim hujan. Tentu saja debit aliran air akan terlihat lebih banyak. Anda akan melihat 3 aliran air sekaligus yang turun dari atas tebing.

Saat berada di kawasan ini anda akan menemukan salah satu spot foto yang sangat unik. Spot tersebut terletak tepat di bawah jembatan kecil yang berada di Desa Thalab Kidul.

Untuk menuju lokasi anda harus melewati persawahan. Persawahan tersebut terlihat sangat indah dengan warna hijau sangat memukau. Anda dapat memanfaatkan sawah sebagai tempat berfoto yang menarik.

Keindahan dari Curug Sumba karena memiliki aliran air yang jernih dan menyegarkan. Hal ini membuat Curug Sumba banyak diminati oleh para wisatawan.

Karena aliran air sangat jernih membuat curug ini terlihat jelas jika ingin melihat dasarnya. Sekitar curug Sumba terdapat sebuah gua kecil.

Gua tersebut merupakan sumber aliran air. Saat musim kemarau aliran air terjun tidak terlalu deras. Sedangkan saat musim hujan debit airnya akan lebih deras.

Sebaiknya jika anda berkunjung saat musim hujan lebih berhati-hati. Karena bebatuan yang ada di sekitar curug akan terasa lebih licin.

Curug Sumba telah dilengkapi beberapa fasilitas yang mendukung keamanan dan kenyamanan para wisatawan.

Fasilitas yang telah disediakan meliputi warung makan, tempat untuk beristirahat, area parkir, toilet, tempat ibadah dan masih banyak lagi.

Saat anda berada di Kabupaten Purbalingga jangan lupa untuk mengunjungi Curug Sumba. Jika anda ingin menuju wisata alam Purbalingga, anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp.2.000 per motor. Biaya yang tidak terlalu banyak untuk anda keluarkan. Dengan biaya tersebut anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

4. Wisata Alam Purbalingga Curug Silintang

curug silintang wisata alam purbalingga
sumber gambar : @tomisul (instagram)

Curug Silintang terletak di Dukuh Cumbut, Desa Thalab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Saat anda berada di Purbalingga, tempat ini wajib anda kunjungi. Jarak tempuh dari pusat Kota Purbalinga sekitar 19 km.

Wisata alam Purbalingga Curug Silintang merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer dikalangan pecinta alam.

Jika anda berada di kawasan air terjun, anda akan melihat pemandangan aliran air yang jatuh dari atas tebing dengan suara gemercik air membuat hati anda semakin tenang dan nyaman.

Aliran air yang terlihat sangat jernih membuat anda ingin berenang dan bermain air. Ketika anda lelah dalam perjalanan menuju curug. Rasa lelah tersebut akan hilang ketika anda menikmati panorama yang telah disuguhkan oleh wisata alam Purbalingga Curug Silintang.

Hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke tempat wisata adalah berfoto. Anda dapat sepuasnya berfoto bersama keluarga, teman bahkan pasangan.

Aliran air terjun yang sangat jernih cocok untuk anda gunakan sebagai latar belakang foto yang sangat cantik.

Untuk menikmati keindahan alam Curug Silintang anda tidak perlu khawatir untuk membayar biaya tiket masuk. Karena tiket masuk hanya dikenakan sekitar Rp.5.000 per orang.

Sangat terjangkau bukan ? Biaya yang sangat terjangkau membuat anda bebas menikmati keindahan alam yang sangat menarik.

5. Wisata Alam Purbalingga Watu Mujur Panusupan

watu mujur wisata alam purbalingga
sumber gambar : @ellafitria20 (instagram)

Watu Mujur Panusupan merupakan salah satu destinasi wisata alam Purbalingga yang sangat populer.

Destinasi terkenal tersebut berupa sungai yang sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam bersama keluarga, teman dan pasangan.

Wisata alam Purbalingga Watu Mujur Panusupan terletak di Dusun Batur, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Anda akan merasakan petualangan baru yang tidak akan terlupakan. Saat berada di sungai Watu Mujur anda akan diajak untuk menyusuri sungai. Dengan menikmati keindahan perbukitan yang hijau.

Hijaunya bukit membuat lingkungan sekitar wisata terlihat sangat asri dan udara semakin sejuk dan teduh.

Sungai Watu Mujur memiliki aliran air yang sangat jernih dan menyegarkan. Sungai tersebut diapit oleh dinding batu yang memiliki ketinggian sekitar 3 meter hingga 10 meter.

Waktu yang dibutuhkan oleh para wisatawan untuk menyusuri sungai sekitar 45 menit hingga 3 jam perjalanan.

Sebelum melakukan aktivitas tersebut sebaiknya para wisatawan melakukan peregangan terlebih dahulu. Fungsi dari peregangan tersebut untuk melemaskan otot oto sendi agar terhindar dari cidera otot.

Saat menyusuri Sungai Watu Mujur anda akan dibawa oleh pemandu untuk mengekspos keindahan yang ada di sepanjang aliram sungai.

Sekitar aliran sungai terdapat kanan kiri tebing-tebing tinggi yang berwarna hitam. Tebing tersebut disebut sebagai Black Canyon.

Saat anda menyusuri sungai, jalurnya tidak selalu mulus namun sesekali anda akan menemui jalur aliran yang terjal.

Jika anda menyukai olahraga yang memacu adrenalin tempat ini sangat cocok untuk anda. Ketika anda berada dalam jalur yang terjal anda harus menggunakan bantuan tali yang digunakan untuk memanjat dinding sungai.

Untuk menikmati keindahan alam di sekitar sungai Watu Mujur. Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.7.000 per orang.

Harga terebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Selain itu terdapat 3 biaya paket untuk melakukan aktivitas menyusuri sungai. Apa saja paket tersebut?

Untuk paket yang pertama, menyusuri sungai dengan jarak tempuh 150 meter, dengan lama perjalanan sekitar 45 menit.

Paket tersebut anda akan dikenakan sekitar Rp.30.000 per orang. Sedangkan untuk paket kedua, anda akan menyusuri sungai dengan jarak tempuh 600 meter.

Paket kedua akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Untuk biaya paket kedua dikenakan sekitar Rp. 60.000 per orang.

Sedangkan paket terakhir anda akan menyusuri sungai dengan jarak tempuh 1.2 km dan membutuhkan durasi waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Paket ketiga akan dikenakan biaya sekitar Rp.90.000 per orang. Semua paket yang tersedia akan menyediakan fasilitas yang sama dan guide, helm dan juga pelampung. Perbedaan antara paket 1, 2 dan 3 hanya jarak tempuh dan durasi waktu.

6. Wisata Alam Purbalingga Igir Wringin

igir wringin wisata alam purbalingga
sumber gambar : @diana_jcb (instagram)

Igir Wringin merupakan salah satu destinasi wisata alam Purbalingga yang terdapat di puncak Gunung Wringin.

Wisata alam Purbalingga Puncak Gunung Wringin ini terletak pada ketinggian sekitar 612 meter diatas permukaan laut.

Meskipun letaknya tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang diberikan tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata lainnya.

Lokasi wisata alam Purbalingga Igir Wringin ini terletak di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Daya tarik dari puncak Igir Wringin ini adalah adanya rumah pohon yang telah membuat para wisatawan penasaran dan ingin berkunjung ke tempat ini.

Untuk menuju lokasi ini anda harus melewati jalur yang tidak mudah. Anda harus melewati jalur yang menanjak seperti mendaki gunung.

Setelah anda tiba di area parkir, anda harus berjalan kaki sekitar 1.5 jam perjalanan.

Jika anda menyukai pendakian dengan treking yang cukup melelahkan, tempat ini sangat cocok untuk anda.

Anda akan mendapatkan pengalaman petualangan baru sangat menyenangkan dan menantang.

Setelah sampai di pos pendakian, anda harus membayar biaya retribusi memasuki kawasan wisata. Jika anda sudah menyelesaikan pembayaran retrubusi biaya, lanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah yang menakjubkan.

Semakin mendekati puncak Igir Wringin jalur yang ditempuh akan semakin menanjak. Ada beberapa titik yang mempunyai kemiringan hingga 90 derajat.

Namun para wisatawan tidak perlu khawatir sebab pihak pengelola telah menyediakan tali dan bambu untuk pegangan. Hal ini mempermudah para wisatawan untuk berjalan melewati tanjakan tersebut.

Selain itu pihak pengelola juga telah menyediakan 2 pos untuk tempat beristirahat para wisatawan. Pos tersebut terdapat fasilitas tempat duduk yang dapat digunakan untuk beristirahat para wisatawan.

Setelah sampai di pos 2 anda akan menemukan dua jalur pendakian untuk menuju puncak Igir Wringin. Dari puncak Igir Wringin anda akan menikmati keindahan pemandangan alam yang sangat memukau.

Anda dapat melihat pemandangan hijaunya pepohonan yang begitu menyegarkan. Suasana dengan udara khas pegunungan sejuk dan teduh.

Anda akan merasakan kenyamanan yang membuat anda ingin berlama-lana berada di kawasan wisata ini. Semua rasa lelah akan terbayarkan dengan indahnya alam jika dilihat dari atas puncak.

Anda juga dapat mencoba gardu pandang yang ada diatas puncak Igir Wringin. Saat anda berada di gardu pandang tersebut, anda akan melihat pemandangan seluruh Kabupaten Purbalingga dari ketinggian

Untuk menikmati wisata ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk Igir Wringin sekitar Rp.5.000 per orang. Biaya tersebut anda akan menikmati berbagai macam keindahan puncak Igir Wringin.

7. Wisata Alam Purbalingga Situ Tirta Marta

situ tirta marta wisata alam purbalingga
sumber gambar : @indoflashlight (instagram)

Situ Tirta Marta ini merupakan sebuah destinasi wisata alam Purbalingga yang menyediakan kolam dengan aliran air langsung dari sumber mata air pegunungan.

Aliran airnya yang sangat jernih, bersih dan segar. Hal ini membuat wisata ini sangat populer dikalangan pecinta alam. .

Situ Tirta Marta terletak di Dusun 1, Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Jika anda berada di kawasan wisata ini, anda akan menikmati bermain dan berenang di kolam tersebut.

Keunikan dari wisata ini adalah adanya spot berfoto underwater. Anda akan menemukan beberapa objek yang ada pada dalam kolam tersebut.

Tempat ini memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam. Kedalaman hanya sekitar 1,5 meter. Hal ini tidak akan membahayakan para wisatawan yang ingin berenang di danau tersebut.

Situ Tirta Marta ini terdapat beberapa pohon yang mengelilinginya. Pohon tersebut terlihat sangat rimbun dan sangat hijau.

Hal tersebut memberikan kesan yang sangat alami pada kawasan wisata ini. Jika anda berada diatas kolam anda akan melihat indahnya dasar kolam yang berupa bebatuan.

Pinggiran kolam tersebut dilengkapi dengan pembatas yang terbuat dari semen. Jika anda berminat ingin menikmati berfoto dibawah air, anda tidak perlu repot untuk membawa kamera.

Karena anda dapat menyewa kamera beserta fotografernya, dijamin anda akan mendapatkan foto yang sangat bagus.

Proses foto satu kali sesi hanya diperkenankan maximal 5 orang. Anda akan berfoto di dalam air bersama dengan beberapa properti yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Properti yang disediakan antara lain seperti motor, tv, stick playstation,  hingga gitar. Ada pula properti tenda yang dapat anda gunakan sebagai foto ala sedang berada di tenda saat dihutan.

Jika anda tidak ingin berenang atau berfoto di dalam air. Anda dapat melakukan aktivitas lain seperti bersantai diatas permukaan air danau.

Anda dapat menyewa ban pelampung untuk anda gunakan bersantai diatas permukaan air. Anda akan merasakan sejuknya udara khas pegunungan.

Bersantai diatas ban pelampung melihat berbagai macam keindahan alam sekitar danau membuat penat yang ada terasa hilang begitu saja.

Selain itu anda dapat bersantai dan menikmati birunya langit yang begitu cerah. Anda akan merasa tenang, damai dan nyaman.

Fasilitas yang tersedia pun sudah sangat memadai. Fasilitas yang tersedia seperti area parkir, tempat ibadah, toilet, dan warung makan yang bisa anda manfaatkan untuk tempat beristirahat.

Untuk estimasi biaya yang harus anda keluarkan saat mengunjungi wisata ini adalah biaya tiket masuk wisata sekitar Rp.3.000 per orang.

Sedangkan jika anda ingin menikmati berfoto underwater biaya yang harus anda keluarkan sekitar Rp.150.000 per 50 foto.

8. Wisata Alam Purbalingga Lembah Asri Serang

lembah asri serang wisata alam purbalingga
sumber gambar : @faizarhmnnsa (instagram)

Lembah Asri Serang terletak di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Letak dari wisata alam Purbalingga ini tepat berada di kaki Gunung Slamet. Saat anda berada di kawasan wisata ini, anda akan menemukan banyak spot untuk berfoto.

Untuk jalur yang dituju tidak terlalu sulit namun cukup menanjak naik dan turun. Lembah Asri Serang ini merupakan sebuah rest area namun banyak terdapat spot foto yang sangat cantik membuat para wisatawan ingin berkunjung di kawasan ini.

Kawasan ini menyediakan spot foto berupa taman labirin, taman strawberry, gardu pandang, spot foto yang berbentuk sarang burung, dan terdapat pula area berkuda.

Selain tempat berfoto, anda akan melihat berbagai macan permainan anak-anak. Jika anda membawa anak, anak anda akan merasakan kesenangan saat berada di wisata ini.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengajak keluarga, teman atau pasangan menghabiskan waktu libur panjang.

Abadikan setiap momen bahagia bersama mereka orang terkasih. Karena pengalaman seperti ini tidak akan anda lupakan.

Lembah Asri Serang letaknya yang berada di kaki gunung, hal ini membuat wisata ini terlihat sangat asri dan dikelilingi oleh banyak pepohonan rimbun dengan hijaunya tumbuhan membuat udara semakin sejuk.

Fasilitas yang disediakan sudah sangat memadai. Fasilitas tersebut disediakan demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan. Fasilitas umum meliputi tempat ibadah, toilet, warung makan, area parkir.

Untuk menikmati indahnya pemandangan alam Lembah Asri Serang dikenakan biaya sekitar Rp.5.000 per orang. Sangat terjangkau bukan ? Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal hanya untuk sekedar berfoto dengan pemandangan yang liar biasa.

9. Wisata Alam Purbalingga Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci merupakan sebuah destinasi unik yang ada di kawasan wisata alam Purbalingga.

Tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Kampung Kurcaci tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Kampung Kurcaci terletak di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Rumah Kurcaci ini tidak hanya ada di Purbalingga, namun terdapat pula di daerah lain seperti Rumah Hobbit yang ada di Malang, atau bahkan Rumah Hobbit yang ada di Jogjakarta.

Saat anda berada di kawasan Kabupaten Purbalingga tempat ini sangat cocok untuk anda menikmati libur panjang bersama keluarga, teman bahkan pasangan.

Rimah Kurcaci ini menyediakan pemandangan alam yang sangat menyegarkan dengan adanya pepohonan yang sangat rimbun dan hijau.

Anda akan merasakan kesejukan dan teduh saat berada di Rumah Kurcaci. Hal tersebut juga membuat wisata ini terlihat semakin asri.

Terdapat berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola seperti spot foto Rumah Kurcaci, camping ground, dan permainan adventure yang seru sangat menantang.

Rumah Kurcaci menjadi spot terfavorit yang selalu jadi incaran para wisatawan untuk berfoto. Foto yang dihasilkan saat berada di Rumah Kurcaci akan terlihat instagramable.

Selain itu ternyata terdapat wisata lain seperti Air Terjun Tawrung. Anda dapat menikmati air terjun dengan bermain basah-basah.

Anda dapat berfoto didepan aliran air terjun. Foto yang dihasilkan akan terlihat sangat indah begitu menyegarkan.

Jika anda penggemar fotografi tempat ini sangat cocok untuk anda. Karena terdapat banyak spot foto yang membuat anda merasa senang.

Spot foto tersebut terdiri dari Rumah Kurcaci, Gardu Pandang, Sayap Kupu-Kupu, Hammock, Spot Bunga dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya spot foto tersebut anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang dan biaya parkir sekitar Rp.2.000. Sangat terjangkau, anda akan mendapatkan banyak pengalaman baru.

10. Wisata Alam Purbalingga Jembatan Cinta

jembatan cinta wisata alam purbalingga
sumber gambar : @_masbhay (instagram)

Wisata alam Purbalingga Jembatan Cinta ini terletak di Desa Panusupan RT 03 / RW 04, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Asal mula dari nama jembatan ini. Karena bentuk jembatannya berbentuk hati. Hal ini membuat tempat ini diberikan nama Jembatan Cinta.

Tempat ini memberikan pemandangan yang sangat indah dengan gardu pandang yang sangat memukau. Tempat ini memberikan beberapa spot foto yang sangat menarik.

Spot foto tersebut sangat instagramable. Anda yang memiliki keahlian dalam bidang fotografi tempat ini sangat cocok untuk anda.

Wisata ini berada pada tengah sawah milik warga sekitar. Hal ini membuat anda akan melihat hamparan sawah yang sangat asri.

Daya tarik jembatan ini karena bentuknya seperti hati, spot tersebut telah disusun rapi dan terlihat sangat indah. Saat cuaca cerah anda akan mendapatkan hasil foto yang begitu eksotis dengan adanya terik matahari berpadu dengan hijaunya sawah.

Di tengah jembatan cinta terdapat sebuah air mancur yang menjadi keunikan dari wisata ini. Konsep nuansa yang diberikan adalah romantis. Anda bisa mengajak pasangan anda untuk mengunjungi tempat ini.

Untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitar ini anda hanya akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp.5.000 per orang. Dengan harga tersebut anda akan menikmati banyak keuntungan dari berfoto sesuka hati ditempat ini.

Itulah 10 wisata alam Purbalingga yang wajib anda kunjungi saat berasa di kota ini. Anda akan menikmati berbagai macam keindahan alam yang telah disuguhkan.

Pengalaman baru ditempat wisata alam Purbalingga menjadikan anda ingin kembali mengunjunginya. Namun sebaiknya anda sebagai pengunjung harus selalu taat akan peraturan yang telah disediakan dan selalu menjaga keasrian alamnya.

Semoga artikel mengenai wisata alam Purbalingga ini bermanfaat bagi pembaca ataupun para wisatawan yang ingin mengetahui info mengenai wisata tersebut.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×