BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

9 Wisata Alam Situbondo Memiliki Keindahan Yang Super Cantik

Wisata Alam Situbondo

0 383
cover wisata alam situbondo
sumber gambar : @rhenylilu (instagram)

Wisata alam Situbondo saat ini banyak dikenal oleh para wisatawan lokal maupun para wisatawan mancanegara.

Situbondo adalah salah satu nama kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kabupaten Situbondo banyak menyimpan keindahan alam yang belum banyak dikenal oleh orang lain.

Hal ini membuat kawasan wisata alam memberikan panorama yang sangat indah memukau memikat hati.

Wisata yang ada di Kabupaten Situbondo beragam dari mulai situs bersejarah, situs budaya, dan tentunya wisata yang lagi hits dikalangan anak muda.

Anak muda jaman sekarang sangat suka dengan wisata alam yang instagramable, untuk memburu spot foto dengan latar belakang alam terbuka.

Anda akan melihat berbagai pesona alam yang sangat memanjakan mata. Wisata alam Situbondo masih terbilang sangat asri.

Jika anda penasaran dengan keindahan alam itu mari kita simak ulasan dibawah ini yang akan membahas mengenai beberapa destinasi wisata Situbondo.

1. Wisata Alan Situbondo Kampung Kerapu

kampung kerapu wisata alam situbondo
sumber gambar : @lastri (instagram)

Kampung Kerapu merupakan destinasi wisata alam Situbondo yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau.

Wisata alam Situbondo Kampung Kerapu terletak di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kabupaten Situbondo saat ini sangat populer dengan adanya objek wisata baru yaitu Kampung Kerapu.

Wisata alam Situbondo ini menyuguhkan keindahan panorama laut. Tempat ini digunakan oleh warga untuk budidaya ikan kerapu di keramba.

Keunikan dari wisata ini yaitu adanya dermaga apung yang berbentuk melingkar.

Dermaga tersebut tempat favorite bagi wisatawan untuk berburu foto, dermaga yang terbentuk dari kayu dengan panjang mencapai 300 meter. Spot tercantik di Kampung Kerapu ini.

Jika dilihat dari atas bentuk dermaga ini terlihat sangat cantik membuat para wisatawan ingin berkunjung kembali ke wisata alam Situbondo Kampung Kerapu.

Kampung Kerapu terdapat banyak spot foto yang begitu memukau yang selalu jadi incaran para ahli fotografi saat mengunjungi tempat ini.

Tentunya anda juga bisa menikmati sunset saat sore hari, saat sunset terjadi anda bisa menikmati keindahan pantulan matahari dan bisa dijadikan sebagai latar belakang foto anda.

Berfoto dengan pantulan cahaya matahari memberikan kesan yang sangat eksotis.

Tidak hanya itu anda juga bisa menikmati keindahan sunrise pagi hari. Namun saat pagi hari udara yang ada disekitar wisata akan lebih terasa dingin.

Para wisatawan tidak perlu khawatir saat berada di tengah dermaga sebab ombak yang ada diperairan ini sangat tenang.

Anda bisa menyewa perahu yang ada di sekitar wisata, dengan menyewa perahu anda bisa menyusuri pantai dan menikmati panorama keindahan laut lepas.

Wisata Kampung Kerapu memberikan kebebasan untuk anda yang ingin memancing diarea tersebut. Wisata ini karena tempat budidaya ikan kerapu, maka nelayan selalu panen setiap dua belas bulan sekali.

Ikan Kerapu cantik tersebut diberi harga sekitar 160 ribu perkilogram. Sedangkan ikan kerapu cantang dibandrol harga sekitar 80 ribu perkilogram.

Saat berkunjung ke kabupaten Situbondo tidak lengkap jika tidak mampir ke wisata alam Situbondo Kampung Kerapu.

Untuk mengunjungi tempat ini anda dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 35.000 per 3 jam perorang. Untuk menyewa perahu anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 50.000.

2. Wisata Alam Situbondo Pasir Putih

pantai pasir putih wisata alam situbondo
sumber gambar : @purimutiaa_10 (instagram)

Pasir Putih merupakan salah satu destinasi wisata alam Situbondo yang sudah sangat terkenal sejak dahulu hingga saat ini.

Wisata ini banyak diburu oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Wisata alam Situbondo Pantai Pasir Putih terletak di jalan Pantura yaitu Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Wisata ini terlihat dari namanya, sudah pasti pasirnya bewarna putih, dengan memiliki aliran air yang sangat jernih warna biru yang memanjakan mata.

Ombak yang ada di pantai ini tidak besar. Hal ini membuat para wisatawan betah berlama-lama berada di kawasan ini.

Ombak yang ada dipantai ini memang terbilang sangat tenang berbeda dengan ombak yang ada di pantai selatan yang terkenal dengan ombak besarnya.

Karena ombaknya yang tenang, kondisi tersebut bisa digunakan para wisatawan untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang terlihat hijau, kondisi tersebut menjadikan suasana wisata alam Situbondo ini semakin sejuk dan teduh, dengan udara yang sepoi-sepoi membuat anda ingin kembali lagi mengunjungi kawasan wisata ini.

Untuk memasuki wisata pantai Pasir Putih para wisatawan hanya dikenakan biaya sekitar Rp.6.000 per orang.

Biaya tersebut cukup murah bukan ? anda dapat menikmati pesona keindahan alam dan juga melakukan berbagai aktifitas.

Selain itu para wisatawan jika ingin menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp.75.000, satu perahu bisa untuk kapasitas 5 orang. Fasilitas yang ada dikawasan ini sudah terbilang sangat memadai.

Fasilitas tersebut seperti toilet, mushola, dan juga warung makan yang tersedia disekitar pantai. Terdapat pula bangku-bangku yang terbuat dari beton sebagai tempat beristirahat.

Kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan yaitu snorkeling, berenang, memancing, hingga naik perahu layar.

Karena pantai ini populer dengan ombak yang tenang, para wisatawan bisa merasakan panorama keindahan alam yang ada di bawah laut yang begitu indah.

Wisatawan akan melihat keindahan terumbu karang yang indah dengan berbagai macam jenis ikan-ikan yang berenang bebas, ikan tersebut bewarna warni yang begitu cantik. Pasir Putih merupakan tempat terfavorit bagi para wisatawan menikmati diving. Saat diving anda akan melihat tumbuhnya terumbu karang dibawah laut Pasir Putih yang mempunyai luas hingga 4 km. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

3. Wisata Alam Situbondo Waduk Bajulmati

waduk bajul mati wisata alam situbondo
sumber gambar : @edi_pocet (instagram)

Waduk Bajulmati terletak di dua wilayah kabupaten yaitu di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, dan Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata alam Situbondo Waduk Bajulmati dikelola oleh BBWS Brantas Surabaya.

Wisata alam Situbondo yang satu ini banyak daya tarik yang membuat para wisatawan selalu ingin berkunjung di tempat ini.

Keindahan yang disuguhkan hampir mirip dengan panorama yang ada di Raja Empat. Wisata alam Situbondo ini memang masih terbilang sangat baru, meskipun baru tempat ini selalu ramai dipadati oleh para pengunjung.

Lokasi ini berdekatan dengan pesona alam Afrika yang disuguhkan oleh Taman Nasional Baluran. Wisata Bajulmati sering disebut sebagai tempat miniaturnya Kepulauan Wayag yang ada di Raja Empat.

Hal ini karena Waduk Bajulmati terdapat pulau-pulau kecil yang ada di tengah-tengah waduk. Keindahan pulau-pulau kecil tersebutlah yang menjadi daya tarik Bajulmati, anda bisa menggunakannya sebagai latar belakang foto. Mata anda akan dimanjakan dengan keindahan tersebut.

Wisata ini menyuguhkan berbagai spot foto yang memukau. Selain pulau-pulau kecil yang ada ditengah waduk, ternyata terdapat jalan yang membentang dikawasan waduk dengan panjang jalan sekitar 100 meter.

Jalan tersebut bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto. Keindahan lain yang bisa anda lihat yaitu Gunung Baluran dan juga Gunung Ijen yang tampak menjulang tinggi gagah terlihat jelas saat cuaca cerah.

Wisata ini menyediakan wahana outbond dan permainan ATV. Wisatawan juga dapat menyewa speedboat dengan harga yang sangat terjangkau.

Anda bisa berkunjung ke pulau-pulau kecil dengan menggunakan speedboat. Wisatawan yang ingin melakukan aktifitas memancing juga dapat dilakukan di tempat ini.

4. Wisata Alam Situbondo Pantai Bama

pantai bama wisata alam situbondo
sumber gambar : @el.journeys (instagram)

Pantai Bama merupakan salah satu wisata alam Situbondo yang banyak digemari oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Bama lebih tepatnya terletak di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Lokasi Pantai Bama masih dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

Pantai Bama memiliki pasir yang bewarna putih. Air lautnya pun bewarna biru yang nampak terlihat menyegarkan mata.

Ombak Pantai Bama juga terbilang sangat tenang. Tidak sebesar ombak yang ada di pantai selatan. Suasana yang tenang membuat anda nyaman berada dikawasan ini.

Seakan semua masalah yang ada akan terasa hilang seketika. Air laut yang begitu jernih membuat para wisatawan bisa melakukan snorkeling dengan kondisi  laut yang tenang.

Anda akan melihat keindahan bawah laut seperti pesona terumbu karang, beraneka ragam ikan hias dan makhluk hidup lainnya yang ada di Pantai Bama.

Makhluk hidup yang dimaksud disini adalah biawak, kera dan juga banyak jenis burung. Keunikan lain dari Pantai Bama yaitu pantai ini dikelilingi oleh tumbuhan mangrove yang begitu eksotis.

Anda dapat menyusuri tumbuhan tersebut dengan jembatan pandang. Jembatan tersebut di gunakan oleh para wisatawan untuk memancing dan juga berfoto-foto.

Jika anda ingin memasuki kawasan wisata ini, biaya tiket masuk sudah include dengan Taman Nasional Baluran.

Biaya dikenakan sangat terjangkau, biaya tersebut akan digunakan untuk pemeliharaan dan juga pembangunan untuk kawasan wisata tersebut.

Namun terdapat perbedaan antara biaya tiket untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Jika wisatawan lokal dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.15.000, sedangkan untuk biaya tiket masuk wisawatan mancanegara sekitar Rp.150.000.

Anda akan menikmati berbagai pengalaman yang tidak akan terlupakan, abadikan momen terindah saat berada di Pantai Bama.

Anda bisa memanfaatkan keindahan pantai sebagai latar belakang foto. Anda bisa berfoto dengan keluarga dan pasangan.

5. Wisata Alam Situbondo Hutan Mangrove Kampung Blekok

kampung blekok wisata alam situbondo
sumber gambar : @sapta.indah (instagram)

Hutan Mangrove Kampung Blekok merupakan salah satu wisata alam Situbondo yang sangat memukau. Hutan Mangrove ini terletak di Krojan Barat, Klakatan, Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Dahulu Kampung Blekok merupakan tempat hutan mangrove yang sangat jorok, kumuh, dan kotor. Kampung tersebut dahulunya jadi tempat pembuangan sampah warga, kotoran sapi hingga tidak terurus.

Warga sekitar Kampung Blekok kurang kesadaran, padahal alam sekitar Kampung Blekok memiliki potensi yang sangat luar biasa indah, jika dikembangkan dan dirawat.

Hingga akhirnya Kampung Blekok mendapat dukungan dari pemerintah sekitar tentang potensi wisata alam, sehingga membuat penduduk sekitar kampung mulai sadar akan dampak lingkungan jika tidak menjaganya dengan baik dan benar.

Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Situbondo terus memberikan motivasi kepada penduduk untuk selalu menjaga dan merawat lingkungan, hingga akhirnya Kampung Blekok berubah menjadi tempat wisata yang berupa Ekosistem Hutan Mangrove.

Keunikan dari wisatawan ini adalah pada saat senja ratusan burung blekok atau burung pelikan. Burung tersebut biasa disebut sebagai bahasa jawa Manuk Kuntul yang berbaris untuk mencari makanan.

Wisata ini menyediakan jembatan kayu. Jembatan kayu tersebut bisa digunakan para wisatawan untuk berfoto.

Hasil foto saat berada di jembatan kayu dijamin akan terlihat lebih memukau. Kampung Blekok seketika berubah menjadi tempat wisata yang banyak digemari oleh para wisatawan. Pengunjung yang datang semakin hari semakin meningkat.

Pengunjung berasal dari wisatawan lokal dan juga wisatawan mancanegara. Keunikan lain dari tempat wisata ini, jika anda ingin memasuki kawasan wisata, anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk dengan menggunakan beberapa sampah botol plastik.

Sangat terjangkau dan sangat ramah lingkungan bukan ?. Karena tempat wisata ini masih terbilang baru sehingga fasilitas yang ada masih terbilang minim.

Namun fasilitas yang ada masih dalam proses pengembangan.

6. Wisata Alam Situbondo Pantai Balanan

pantai balanan wisata alam situbondo
sumber gambar : @amalianasaff_sm (instagram)

Wisata Alam Situbondo yang satu ini merupakan salah satu tempat yang rekomendasi saat anda ingin menghabiskan libur panjang bersama keluarga ataupun pasangan.

Pantai Balanan terletak di Area Hutan/Kebun Desa Wonorejo, Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai Balanan terdapat lokasi padang savana mini yang begitu eksotis, yang membuat anda merasakan berada di daerah Nusa Tenggara Timur.

Berada dikawasan wisata ini akan membuat anda merasakan teriknya matahari yang sangat menyengat. Pantai Balanan masih terlihat sangat asri, mata anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang ada disekitar.

Penduduk sekitar pantai juga sangat ramah kepada pengunjung. Hal ini akan membuat anda semakin nyaman dan ingin berlama-lama saat berada disini.

Keindahan yang disuguhkan dari Pantai Balanan berupa pasir yang putih dan juga hamparan laut bebas yang bewarna biru menyegarkan mata.

Spot tercantik yang selalu jadi incaran para pengunjung yaitu berada di savana mini akan menghasilkan foto yang sangat luar biasa.

Anda juga bisa mengabadikan foto dengan latar belakang pemandangan pantai yang sangat eksotis.Spot indah yang lain terdapat di hutan mangrove yang berada di sekitar kawasan pantai.

Hutan Mangrove ini berbeda dengan wisata hutan mangrove lainnya sebab didalam hutan ini terdapat spesies Mangrove Sentigi yang merupakan salah satu hutan bakau yang memiliki nilai jual tinggi.

Tempat ini sering diburu oleh pemburu liar yang dimanfaatkan untuk membuat keris dan pohonnya digunakan sebagai tanaman hias seperti bonsai.

Para wisatawan diharapkan untuk selalu menjaga kelestarian alam agar tetap terjaga kebersihan alamnya.  Fasilitas yang tersedia seperti area parkir, mushola, dan toilet.

Untuk menikmati keindahan wisata alam Situbondo ini anda dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000. Biaya tersebut sudah sangat terjangkau anda sudah bisa menikmati keindahan tersebut.

7. Wisata Alam Situbondo Pantai Banongan

pantai banongan wisata alam situbondo
sumber gambar : @munir_de_reve (instagram)

Pantai Banongan merupakan salah satu wisata yang menjadi destinasi favorite para wisatawan untuk menghabiskan libur panjang bersama keluarga dan pasangan.

Pantai Banongan terletak di Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Untuk menuju wisata ini jika anda berada di alun alun Kota Situbondo hanya berjarak sekitar 50 meter. Pantai ini memang tidak sepopuler wisata alam lainnya.

Namun keindahan alamnya tidak kalah menarik, banyak terdapat keunikan yang bisa anda temukan di Pantai Banongan ini.

Anda bisa menghilangkan stres dan beban yang ada. Saat anda berada di Kabupaten Situbondo jangan lupa mampir ke pantai ini. Pantai Banongan memiliki keindahan alam yang masih terbilang asri.

Suasana tempat ini begitu sejuk dan teduh. Karena terdapat beberapa pohon kelapa yang rimbun sepanjang jalan menuju pantai.

Pohon kelapa tersebut adalah milik pemerintah Kabupaten Situbondo sebagai salah satu perkebunan kelapa milik negara. Anda bisa melakukan banyak aktifitas di tempat ini seperti berenang, berjemur, berfoto menikmati keindahan alam hamparan laut lepas.

Untuk memasuki wisata ini anda dikenakan biaya sekitar Rp.10.000 per orang. Dengan biaya tersebut anda akan mendapatkan fasilitas yang sangat memadai. Terdapat Mushola, warung makan, area parkir yang cukup luas dan lain sebagainya.

8. Sekitar Wisata Alam Situbondo Air Terjun Belerang

air terjun belerang wisata alam situbondo
sumber gambar : @ayodolan (instagram)

Wisata ini terletak di Kalianyar, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur. Air Terjun Belerang lokasinya yang berdeketan dengan Situbondo, yang membuat para wisatawan saat berada di Situbondo tidak lupa juga mampir menuju wisata ini.

Air Terjun Belerang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat populer dan banyak keindahan yang didapat di tempat ini.

Jika anda ingin mengajak keluarga ataupun pasangan berlibur, tempat ini sangat cocok untuk anda menghabiskan libur panjang.

Air terjun ini berbeda dengan air terjun biasanya, terlihat dari namanya air terjun ini mengandung belerang yang sangat kuat. Selain itu air terjun ini sangat unik dengan bebatuan hitam yang ada di sekitar aliran air.

Batu tersebut bewarna hitam kecoklatan. Aliran airnya pun terlihat sangat jernih membuat anda ingin berlama-lama berada di tempat ini.

Namun sebaiknya untuk anda tetap berhati-hati saat musim hujan sebab batu tersebut sangat licin. Anda bisa menikmati keindahan alam tersebut dengan berfoto menggunakan latar belakang air terjun yang cukup memukau.

Selain itu anda juga bisa mengambil foto pemandangan alam sekitar air terjun. Anda bisa berenang sekaligus berfoto didalam air.

Jika anda berada disuatu tempat wisata hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu fasilitas yang disediakan. Hal ini agar membuat liburan anda merasa nyaman tanpa adanya gangguan apapun.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini yaitu area wisata begitu luas. Sehingga terdapat area parkir yang luas, terdapat toilet, terdapat pula mushola disekitar kawasan Air Terjun Belerang. Dan juga terdapat warung makan yang dapat anda tuju saat merasa lapar.

9. Sekitar Wisata Alam Situbondo Savana Bekol

savana bekol taman nasional baluran
Sumber Gambar : prasetyo_picture (instagram)

Savana Bekol merupakan salah satu wisata alam Situbondo yang sangat memukau sangat menarik perhatian para wisatawan.

Savana Bekol ini terletak di jalan Situbondo-Bayuwangi km 35, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Jika anda sering menonton TV chanel luar negeri, yang selalu menayangkan wisata safari yang ada di Afrika.

Hal ini membuat anda ingin menuju tempat tersebut atau berangan-angan berada disana.

Anda ingin merasakan sensasi wisata safari yang bisa melihat dari dekat hewan-hewan yang sedang mencari makan di padang rumput yang begitu luas dengan menikmati pemandangan yang khas.

Namun untuk menuju wisata Afrika tersebut membutuhkan banyak biaya. Para wisawatan tidak perlu kecewa dan khawatir, sebab ternyata Indonesia lebih tepatnya di wisata alam Situbondo memiliki padang savana yang mirip dengan Padang Savana Afrika.

Pemandangan yang disuguhkan tidak beda jauh, dengan suasana yang sangat gersang mirip seperti berada di padang savana afrika.

Savana tersebut bernama Savana Bekol. Wisata Savana Bekol ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Wisata ini juga disebut sebagai nama Little Africa.

Luas dari Savana Bekol sekitar 300 hektar. Savana ini terbilang paling luas yang ada di Jawa Timur.

Selain itu anda dapat menyaksikan keindahan dari Gunung Baluran yang menjulang tinggi gagah. Jika anda ingin melihat keindahan keseluruhan yang ada di Savana Bekol ini, anda dapat melihatnya dari menara pandang yang ada disana.

Di tempat ini anda juga bisa melihat berbagai jenis satwa-satwa seperti macan,  babi hutan, rusa, banteng, kerbau, kijang, leopard, berbagai jenis burung dan lain sebagainya. Selain itu terdapat tanaman yang bernama Acacia Nilotica.

Tanaman ini memiliki fungsi sebagai sumber pakan hewan satwa herbivora pada saat kemarau. Para wisatawan bisa melihat atraksi dari fauna-fauna saat pagi dan sore.

Terdapat banyak spot foto yang sangat instagramable untuk anda yang hoby fotografi disinilah tempat yang sangat cocok.

Berada di tempat ini menjadi pengalaman seru yang tidak akan terlupakan, anda bisa mengabadikannya dalam bidikan kamera.

Spot tercantik yang sangat digemari wisatawan yaitu latar belakang pemandangan Gunung Baluran yang begitu indah. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini tempat parkir, toilet umum, menara pandang, mushola, warung makan, dan tempat penginapan.

Biaya tiket masuk wisata alam Situbondo Savana Bekol dikenakan sekitar Rp. 15.000 per orang. Sangat terjangkau dengan biaya tersebut anda dapat merasakan seperti berada di lokasi Savana Afrika yang begitu eksotis.

Itulah beberapa wisata alam Situbondo yang sangat memukau. Jika anda berada di Kabuputen Situbondo sebaiknya mampir ke tempat wisata yang sudah dijelaskan diatas, anda akan merasakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Hal yang harus diingat sebaiknya para wisatawan selalu menjaga kelestarian alam agar tetap terjaga ke asriannya dan juga kebersihan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×