BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Coban Rais, Wisata Alam Yang Menantang

Coban Rais, Wisata Alam Yang Menantang Namun Sangat Mengagumkan

0 145

 

air terjun coban rais, coban rais
Sumber Gambar : cobanrais (instagram)

Coban Rais Wisata Alam Yang Menantang

gerbang coban rais, coban rais
Sumber Gambar : coban_rais (instagram)

Kota Batu, sebuah daerah yang masuk  wilayah kota Malang, merupakan surganya tempat wisata, dikarenakan tempat ini diberikan nikmat oleh Tuhan sehingga mempunyai pesona alam yang sangat luar biasa.

Di kota Batu terdapat beberapa tempat wisata yang sudah terkenal, diantaranya Selecta atau Coban Rondo, terdapat juga wisata buatan seperti Museum Angkut, serta Jatim Park, yang begitu mengesankan para pengunjung.

Selain tempat wisata – wisata di atas, Kota Batu juga terdapat tempat wisata yang tidak kalah menarik, kawasan ini mempunyai suasana alam, serta sangat terkenal akan spot foto yang instagenic tempat wisata alam ini bernama Coban Rais.

Tentang Coban Rais

pemandangan coban rais, coban rais
Sumber Gambar : ignatius_setyo (instagram)

Dahulu tempat wisata ini sebelum terkenal seperti saat sekarang, bernama dengan Coban Sabrangan, nama tersebut diberikan oleh warga sekitar.

Diceritakan bahwa dulu untuk menuju kawasan Coban Rais, warga atau pengunjung harus menyeberang sungai terlebih dahulu, sabrangan dalam bahasa Jawa berarti menyebrang.

Setelah terkenal Coban Sabrangan berganti nama dengan Coban Rais. Coban sendiri dalam bahasa Malang berarti air terjun.

Lokasi Coban Rais terdapat di perbukitan Paderman, memiliki ketinggian sekitar 1.025 mdpl, dan mempunyai ketinggian luncur air kurang lebih sekitar 75 m dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajat.

Untuk mencapai lokasi kawasan Coban Rais para pengunjung harus melakukan tracking terlebih dahulu dan mengeluarkan segenap tenaga.

rute coban rais, coban rais
Sumber Gambar : cobanrais (instagram)

Para pengunjung yang ingin menuju ke Coban Rais, jalan yang akan dilalui sangat menantang.

Jalur yang akan dialui oleh para pengunjung sama seperti mendaki gunung, hanya tantangannya tidak seberat apabila naik gunung sebenarnya.

Hanya gambaran saja jalur yang akan dilalui menuju Coban Rais tantangannya seperti jalur pendakian.

Karena trek yang akan dilalui yaitu track Jalan Setapak, yang tidak begitu lebar, menaiki batu, serta melewati jembatan besi, serta melewati sungai, merupakan salah satu cara yang wajib dilalui para pengunjung untuk menuju Coban Rais.

jembatan besi, coban rais
Sumber Gambar : cobanrais (instagram)

Pengunjung  harus menempuh jarak sekitar 7 KM, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit sampai 30 menit tergantung dari fisik masing – masing pengunjung.

Untuk para pengunjung yang memang mencintai petualangan, maka pengunjung bisa mencoba berjalan hingga sampai ke lokasi Air Terjun Coban Rais.

Akan tetapi bagi yang belum terbiasa maka lebih baik untuk tetap menikmati wahana yang lain yang terdapat di sekitar air terjun Coban Rais.

Seperti yang diketahui bersama, apabila perjalanan yang melewati hutan, perjalanannya pasti penuh dengan tantangan.

Tantangan terbesar bukan karena medan yang berat, akan tetapi tantangan yang paling berat adalah mengalahkan egonya sendiri dan itulah musuh terbesar untuk bisa mencapai kawasan Coban Rais.

Setelah sampai tiba di lokasi Coban Rais, kelelahan serta penat akan hilang seketika, saat melihat keindahan air terjun Coban Rais.

Pesonanya mampu melelehkan mata, serta membuat para pengunjung terhipnotis, rasa lelah yang hadir menjadi rasa suka dan cita, serta rasa takjub dengan pemandangan alam yang disuguhkan Coban Rais ini.

Rumah Hobbit Coban Rais

rumah hobbit, coban rais
Sumber Gambar : fitriana.ari (instagram)

Di kawasan objek wisata Coban Rais, pengunjung bisa menikmati suasana yang ada, selain pemandangan air terjun, di kawasan Coban Rais menghadirkan beberapa Spot menarik.

Spot – spot ini bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk ber-selfie maupun juga wefie, kawasan yang menjadi salah satu Spot selfie adalah Rumah Hobbit.

Pesona di rumah Hobbit menjadi idaman bagi sebagian pengunjung yang hadir di sini, karena Rumah Hobbit sangat menarik serta pas digunakan sebagai tempat untuk bergaya dan berpose di depan kamera.

Yang menjadikan tempat ini unik adalah, di rumah hobbit ini keberadaannya yang terdapat di kawasan yang memiliki tingkat kemiringan yang cukup terjal.

Maka dari itu para pengunjung harus berhati-hati apabila berada di kawasan ini, supaya tidak terpeleset dan terjatuh.

Kemudian menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan, dan perlu diingat tanah di sini cukup lembut sehingga mampu membuat kaki para pengunjung merasa ada yang aneh.

Batu Flower Garden Coban Rais

batu flower garden, coban rais
Sumber Gambar : wana_wisata_malang (instagram)

Begitu terkenalnya Coban Rais karena terdapat beberapa wahana yang menjadi Spot terbaik untuk bisa diunggah ke media social.

Salah satunya ialah Batu Flower Garden, tempat ini sudah terkenal hampir ke seluruh penjuru Nusantara.

Karena memiliki pesona yang memukau sebagai Spot selfie, di kawasan ini menghadirkan bunga – bunga yang bermekaran dengan warna – warni yang sempurna.

bunga wrna warni, coban rais
Sumber Gambar : amaliawidia_16 (instagram)

Kawasan ini merupakan sebuah bukit, letaknya yang berada di wilayah objek wisata Coban Rais.

Kawasan ini disusun sedemikian rupa, supaya terlihat semakin mempesona dan instagenic, serta ditambah dengan berbagai macam tanaman yang dibentuk secara rapi dan tertata sedemikian rupa.

Namun, dapat disayangkan untuk bisa memasuki kawasan ini pengelola memberikan tariff masuk yang lumayan mahal.

Wahana Dan Gardu Pandang Coban Rais

gardu pandang, coban rais
Sumber Gambar : vebbyirwanto (instagram)

Masih di sekitar Wahana wisata Coban Rais, terdapat gardu pandang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung untuk bisa melihat pemandangan alam kota Batu.

Seperti biasa, pengunjung akan memburu gardu pandang yang berbentuk love ini, dikarenakan tempat ini mempunyai titik sempurna untuk bisa dijadikan sebagai sebuah Spot foto.

Di kawasan ini juga terdapat ikon kota Malang, yang sudah tidak asing lagi bagi para pengunjung yaitu buah apel.

Para pengunjung bisa berfoto di buah apel yang sudah dimakan,untuk menambah kesan romantic di kawasan ini terdapt spot bunga yang bisa dijadikan sebagai latar belakang selfie.

replika buah apel, coban rais
Sumber Gambar : cobanrais (instagram)

Selain itu, terdapat juga bunga – bunga yang turun dari sebuah tempat, yang tumpah mengalir ke bawah, yang menjadikan suasana romantis lebih terasa.

Alamat Dan Rute Lokasi Coban Rais

Apabila para pengunjung ingin mengunjungi Wahana Coban Rais, para pengunjung harus menuju ke jalur Lingkar Barat, menuju Dusun Dresel, Desa Oro – Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Malang.

Yang bisa ditempuh dari kota Batu sekitar 7 KM, dengan waktu kurang lebih 30 menit, para pengunjung harus melalui rute yang melewati Terminal batu menuju ke studio Batu TV.

Para pengunjung, setelah sampai di sini bisa mengikuti jalan yang berada di studio, hingga tiba di kawasan parkiran Coban Rais.

Untuk para pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, jangan takut karena di sini terdapat transportasi umum yang bisa dimulai dari Terminal Landungsari, kemudian bisa naik angkot BIL yang berwarna kuning menuju Kota Batu.

Untuk para pengunjung yang berada di Terminal Landungsari, dan ingin menaiki angkot di terminal ini, terdapat dua angkot yang berbeda warna.

Angkot yang berwarna pink akan mengantar pengunjung menuju ke Terminal batu, jadi para pengunjung disarankan tidak naik angkot yang berwarna pink, karena apabila para pengunjung naik angkot ini nantinya harus berganti angkot lagi di terminal batu.

Dan pilihannya adalah para pengunjung harus naik angkot yang berwarna kuning, setelah naik angkot yang berwarna kuning pengunjung bisa turun di pertigaan Tugu Oro – Oro Ombo.

Waktu yang bisa ditempuh para pengunjung kurang lebih 1 jam perjalanan. Setelah dari pertigaan ini bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp15.000.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

Para pengunjung yang ingin mengunjungi kawasan objek wisata Coban Rais, harus merogoh koceknya agak dalam.

Dikarenakan harga biaya masuk lumayan mahal, para pengunjung yang ingin menikmati air terjun akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Biaya parkir mobil sekitar Rp 10.000 dan Rp 5.000 Untuk para pengunjung yang membawa kendaraan bermotor roda dua.

Dan untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan batu flower Garden, dikenai biaya sekitar Rp 25.000 itu diluar biaya yang lainnya.

Apabila pengunjung membawa Kamera action akan dikenai tambahan biaya sebesar Rp 10.000, serta untuk kamera DLSR Rp 20.000 dan apabila para pengunjung membawa Drone dikenai biaya sebesar Rp 75.000.

Pengfelola tempat wisata ini telah menyediakan fasilitas tambahan, pengunjung akan mendapatkan akses gratis untuk spot bunga utama di wilayah Batu flower Garden.

Apabila para pengunjung tidak membayar kameranya di spot  utama bunga, para pengunjung diharuskan membayar uang Rp 10.000.

Kawasan Coban Rais memiliki Suasana yang sejuk, teduh, tenang, serta damai, sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin melepaskan penat akibat kesibukan sehari-hari.

Jalur yang dilalui pun sangat menantang bagi para pengunjung  hanya untuk  menuju kawasan Coban Rais.

Untuk para traveler yang belum mengunjungi kawasan Coban Rais, segera masukkan daftar untuk kunjungan berikutnya untuk bisa menikmati keindahan yang disuguhkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×