BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

7 Wisata Alam Gunung Rinjani

7 Wisata Gunung Rinjani yang mempesona

0 181
Puncak Rinjani
sumber gambar : rinjaniwonderfull (instagram)

Berikut 7 Pesona Yang Di Suguhkan Rinjani Untuk Anda

Gunung Rinjani menyimpan pesona Alam yang mengagumkan bagi setiap orang yang melihatnya.

Gunung yang letaknya di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat ini, memiliki ketinggian 3.726 mdpl, yang merupakan Gunung tertinggi ke 4 di Indonesia dan berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gunung ini menjadi salah satu gunung yang populer bagi para pendaki, baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara.

Dengan medan yang sangat menantang dan bervariasi, gunung ini menjadi yang paling di buru oleh para pendaki.

Selain itu pesona alam yang disuguhkan oleh Rinjani bikin orang betah untuk bisa datang lagi ke Rinjani.

Padang Savanna Sembalun Lawang

Padang Savana sembalun
sumber gambar : iwanlinardiputra (instagram)

Sembalun Lawang merupakan salah satu jalur Pendakian Rinjani yang begitu populer dan sangat cocok bagi pemula.

Sembalun lawang menyuguhkan pemandangan Khas Savanna yang begitu menakjubkan dengan perjalanan panjang sekitar 6 km begitu menyihir bagi para pendaki.

Sejauh kita memandang terhampar luas rerumputan yang tumbuh menjulang tinggi sekitar 1 hingga 1,5 meter.

Panorama ini kian mempesona dengan latar belakang yang indah yaitu sosok Gunung Rinjani yang kokoh dan begitu eloknya dipandang.

Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep Rinjani
Sumber gambar : kimung003 (instagram)

Air terjun yang letaknya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Di saat berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan akan di suguhkan pesona indah air terjun yang mengalir dari sungai yang berhulu di Segara Anak.

Air terjun ini menawarkan sensasi berenang yang mengasik kan, namun bagi yang tidak bisa berenang dianjurkan tidak masuk kekolam air terjun.

Menurut kepercayaan warga sekitar, mandi di air terjun Tiu Kelep ini ampuh mengobati beberepa penyakit dan membuat wajah awet muda.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter ini, mempunyai pemandangan indah nan asri.

Air terjun Tiu Kelep ini dapat di jangkau dari kota mataram melalui rute pesisir barat melewati objek wisata Senggigi dan Bukit Malibu.

Waktu yang ditempuh  kurang lebih 2 jam perjalanan, dengan harga tiket yang terjangkau yaitu sebesar Rp.5.000 saja, tak ayal banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun ini.

Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun Rinjani
sumber gambar : ivonnmega (instagram)

Terletak di kawasan lereng Gunung Rinjani tepatnya di jalan Wisata, Gg. Rinjani Desa Sembalun Lombok Timur, menawarkan keindahan alam yang indah.

Wisatawan dapat melihat panorama keindahan Gunung Rinjani dengan hutannya yang lebat yang begitu alami.

Selain itu pula dilihat dari ketinggian wisatawan juga bisa melihat tebing – tebing yang curam dan menjulang tinggi.

Perbukitan, lembah, pegunungan, dan peternakan juga menjadi pemandangan lain yang bisa di lihat oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Hal yang perlu menjadi perhatian wisatawan bila mengunjungi tempat ini, adalah terdapat banyak kawanan monyet liar yang menghuni kawasan ini.

Hati – hati dengan barang bawaan anda jangan sampai dirampas atau diambil oleh kawanan monyet liar ini.

Monyet Pusuk Sembalun
sumber gambar : veekeii_vee92 (instagram)

Sebaiknya sebelum anda kesini persiapkan terlebih dahulu makanan untuk nantinya bisa diberikan ke pada para hewan liar ini, agar barang bawaan anda aman dari gangguan nya.

Untuk bisa kesini ada beberapa rute yang bisa dipilih, namun kita akan membahas rute yang diambil dari Ibukota Lombok yaitu Mataram.

Dari Mataram anda harus ke Kabupaten Lombok Timur lebih dahulu, dengan jarak tempuh sekitar 82,30 km, atau waktu tempuhnya sekitar 2 jam 10 menit.

jalur terbaik menuju tempat wisata ini melalui jalur Mataram Raya – Labuan Lombok.

Jam operasional tempat wisata ini buka 24 jam nonstop. Jadi kapanpun anda berkunjung akan dipersilahkan namun biasanya wisatawan yang datang hanya memilih waktu – waktu tertentu saja.

Untuk biaya masuknya di kisaran Rp.5000 saja unuk retribusi kawasan, murah meriah bukan, selain murah juga ter dapat  fasilitas yang disediakan pengelola yang dapat anda gunakan.

Fasilitas yang tersedia dikawasan ini tentunya sebagai penunjang kelancaran  rekreasi anda contohnya tersedianya tempat parkir yang luas, Toilet, warung makan, dan tak ketinggalan pastinya tempat spot foto yang instagramable.

Palawangan Sembalun Serta Romantisme Sunset

Pelawangan sembalun
sumber gambar dony_rinjani3726 (instagram)

Palawangan Sembalun merupakan lokasi yang cukup luas dan yang biasa digunakan untuk tempat camp para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Rinjani.

Selain itu  dikarenakan tempatnya yang landai serta rata, sehingga cocok buat mendirikan tenda yang menghadap langsung ke Segara Anak.

Ditempat ini para pendaki bisa istirahat untuk mengurangi lelah dan memulihkan stamina dan tenaga untuk kemudian melanjutkan kembali pendakian ke puncak Rinjani.

Pada sore menjelang, tidak boleh dilewatkan momentum indah yaitu proses tenggelamnya mentari atau sunset, kembali keperaduannya dari sekitar Palawangan Sembalun.

Karena dari sini para pendaki bisa melihat pesona Pulau Lombok yang terhiasai kemilau senja yang menenteramkan hati.

Terlihat pula beberapa puncak gunung yang terselimuti oleh awan menambah indah pemandangan yang disuguhkan dari tempat ini.

Segara Anak

segara anak
sumber gambar : dingdet (instagram)

para pendaki maupun wisatawan sudah tidak asing dengan tempat ini ia betul tempat ini yang dinamakan Segara Anak.

Dinamkan demikian karena air yang ada di danau segara anak menyerupai air laut yang berwarna kebiru – biruan.

Danau yang terletak di ketinggian 2.000 mdpl dengan luas sekitar 1.100Ha serta mempunyai kedalaman sekitar 230 meter ini, memiliki pesona alam yang menajubkan selain airnya yang jernih, juga kita bisa melihat gunung volcano yang merupakan anak gunung Rinjani, yang dinamakan Gunung Baru Jari yang berarti Gunung Baru Jadi.

Dan disekitar Danau Anak ini juga terdapat sumber air panas yang konon dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit.

Ada 2 sumber mata air panas di sekitar Danau Anak yaitu Aik Kalak dan Goa Susu.

Di Goa Susu ini para pendaki biasanya turun melalui jalur hutan Torean dan biasanya bermalam di sini.

Goa ini merupakan sauna alami yang oleh para pendaki digunakan untuk berendam  pada waktu malam. Disini juga terdapat sesajen yang diletak kan oleh umat agama Hindu.

Masih dikawasan Danau Segara Anak terdapat sebuah pohon yang sudah berusia Tua yang oleh penduduk setempat pohon tersebut di keramatkan.

Dan penduduk meyakini dengan perantara pohon tersebut segala keinginan nya dapat terkabul.

Selain itu juga terdapat mitos bahwa ditengah danau terdapat istana yang menjadi kediaman Dewi Anjani yang menurut legenda Dewi Anjani ini yang menjadi penguasa Gunung Rinjani.

Gunung Baru Jari

Gunung baru jari,Rinjani
sumber gambar : fanidesdemona (instagram)

Gunung Ini disebut juga anak gunung Rinjani, gunung ini terletak di kaldera sebelah timur kawasan wisata Gunung Rinjani.

Gunung ini muncul pertama pada tahun 1944 dengan lebar kawah kurang lebih 170 meter dan panjang sekitar 200 meter, dan mempunyai tinggi sekitar 2.296 – 2376 mdpl.

Gunung yang terletak di atas Danau Segara Anak ini mempunyai pesona yang eksotis.

Gunung yang masih aktif ini, sudah beberapa kali pernah meletus. Di saat keadaan normal Gunung Baru Jari yang berdiri kokoh di dalam kaldera, dapat dilihat oleh para pendaki yang lewat dari sisi selatan.

Gunung Baru Jari akan semakin mempesona memperlihatkan keindahannya disaat berpadu dengan jernihnya air Danau Segara Anak.

Hal ini yang menjadi alasan para pendaki yang rindu akan pendakian di objek wisata ini.

Puncak Rinjani

Puncak Gunung Rinjani
sumber gambar : connieeivonne (instagram)

Dari sekian banyak alasan pendakian yaitu yang paling utama adalah sampai kepuncak Gunung.

Karena  perjuangan para pendaki dalam proses mendaki puncak itulah yang menjadi kebanggaan, serta rasa syukur bisa sampai ke puncak dan menikmati pesona alamnya yang indah.

Karena dari Puncak Rinjani para pendaki dapat melihat keseluruhan bagian Gunung dan pemandangan yang mempesona dari pulau Lombok dan Sumbawa.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×