BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Informasi Trek Pendakian Gunung Welirang Via Tretes

Jalur via Tretes ini cukup mudah, namun kamu harus kenal medan Gunung Welirang

0 186
gunung welirang is the best
sumber gambar : @sigit_tmy (instagram)

Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl, yang bersebelahan dengan gunung lainnya seperti gunung Arjuno dan gunung kembar yang memiliki 2 puncak dengan ketinggian yang sama. Gunung Welirang terletak di daerah Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Gunung Welirang terkenal pendakian dengan trek yang diberi nama tanjakan asu atau tanjakan naga. Dalam bahasa jawa nama Welirang mempunyai arti belerang di area dekat puncak.

Gunung Welirang termasuk gunung yang masih aktif dan sewaktu waktu menyemburkan asap belerang. Ada beberapa jalur yang dilalui ketika mendaki Gunung Welirang sebagai berikut :

  1. Pendakian melalui jalur Cangar
  2. Pendakian melalui jalur Pacet
  3. Pendakian melalui jalur Lawang
  4. Pendakian melalui jalur Tretes
  5. Pendakian melalui jalur Sumberawan
  6. Pendakian melalui jalur Purwosari
  7. Pendakian melalui jalur Karangploso

Dari beberapa jalur yang ada diatas, jalur via Tretes merupakan jalan terfavorit bagi para pendaki. Penjelasan tentang jalur via Tretes sebagai berikut:

Pendakian Gunung Welirang via Tretes

Jalur ini sangat populer dan juga ramai oleh para pendaki. Trek yang ada dijalur ini lebih mudah dibanding dengan jalur lainnya.

Transportasi menuju basecamp Tretes

DKI Jakarta : Jika menaiki kereta cari tujuan Malang, dan turun di stasiun Blimbing Malang atau stasiun Malang Kota Baru.

Dan melanjutakan perjalanan dengan menaiki angkot ke Terminal Arjosari, setelah itu naik bus tujuan Pandaan.

Jika sudah sampai di terminal lanjutkan dengan naik angkot, ojek atau carter mobil menuju ke bascamp Tretes.

Solo dan area Jawa Tengah : Awal perjalanan dengan menaiki bus tujuan Terminal Purabaya Sidoarjo. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan terminal Pandaan.

Setelah sampai lanjutkan perjalanan naik angkot, ojek ataupun carter mobil menuju basecamp Tretes.

Malang dan Surabaya : Menaiki bus dengan tujuan Terminal Pandaan dan dilanjutkan menaiki angkot, ojek ataupun carter mobil menuju basecamp Tretes.

Basecamp Tretes ini luamayan jauh dari Terminal Pandaan, jika menaiki angkot jarak yang ditempuh membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit.

Basecamp menuju pos 1

jalur yang ada di pet bocor
sumber gambar : @danirmnn (instagram)

Jika ingin melalui jalur ini wajib mengurus perizinan identitas calon pendaki. Untuk memulainya jalan sudah tampak tanjakan dan jalan berbatu yang sudah tertata rapi.

Meskipun begitu jalur ini tidak mudah ditaklukan, persiapkan fisik dan mental secara matang sebelum mendaki. Jalurnya semakin ke depan kemirinngannya semakin meningkat.

Jarak yang ditempuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit, setelah itu pos 1 semakin dekat yaitu Pet Bocor.

Jika ingin menuju Pet Bocor setelah pertigaan ambil arah ke kiri, karena arah ke kanan menuju ke air terjun Kakek Bodo. Di pos Pet Bocor terdapat tempat untuk beristirahat, maupun mengisi tenaga dan juga toilet umum.

Pos 1 menuju pos 2

Mulai dari pos Pet Bocor treknya berupa bebatuan, jalur yang panjang, menanjak, dab berbelok- belok, hingga menuju puncak Gunung Welirang.

Pos 2 atau Kop-kopan terdapat sumber air yang begitu melimpah, dan juga mempunyai halaman yang cukup luas.

Pemandangan yang ada di pos ini cukup memanjakan mata, dengan diiringi suara gemercik air yang deras. Jalur dari kop-kopan sampai menuju basecamp biasanya dilewati oleh jeep.

Tidak heran itulah kenapa jalur ini memiliki bebatuan yang tidak teratur.

Pos 2 menuju pos 3

pondokan welirang
sumber gambar: @syahreza022 (instagram)

Trek yang ada dijalur ini masih sama dengan jalur yang sebelumnya seperti bebatuan, menanjak dan lebih menyiksa.

Tanjakan yang ada dijalur ini tiada henti yang biasa di beri nama tanjakan asu (tanjakan panjang melingkar) yang membosankan. Setelah melewati tanjakan asu, akan melewati alas Lali Jiwo bertanda pos 3 sudah dekat.

Pos 3 menuju ke Pondokan terdapat rumah – rumah kecil yang dimanfaatkan para penambang untuk menyimpan belerang.

Jika ingin menuju Welirang ikuti saja jalan menuju ke area Pondokan. Pondokan juga bisa untuk tempat camp, karena memiliki banyak area datar dan ada juga sumber mata air yang membentuk aliran sungai.

Pos 3 menuju Lapangan

pet bocor welirang
sumber gambar : @cupat666 (instagram)

Setelah sampai pondokan, jalur menuju Welirang belom berubah, masih seperti bebatuan dan juga menanjak.

Tetap mengelilingi bukit yang terjal sampai menuju lapangan. Kawasan yang ada dilapangan ini begitu luas mampu menampung banyak tenda.

Lapangan menuju Puncak Welirang

belerang kawah welirang
sumber gambar : @riduwanch (instagram)

Jika ingin menuju puncak Welirang melewati sisi bukit. Dari sisi bukit terlihat gunung Butak dan gunung Kawi dari kejauhan.

Disinilah tempat bau belerang sudah mulai tercium dan asapnya sudah mulai tampak dari kawah belerang yang berada diujung , tanda puncak sudah mulai dekat.

Jalur menuju puncak Welirang berada di paling ujung dan paling tinggi.  Panorama yang ada dipuncak terlihat juga gunung Penanggungan, sementara gunung Arjuno tanpak runcing dari kejauhan dengan latar belakang gunung Semeru.

Tips Yang Harus di Perhatikan Ketika Mendaki Gunung Welirang :

tenda cakep banget
sumber gambar : pixabay.com
  • Membawa peralatan mendaki secara lengkap untuk keamanan dan kenyamanan seperti jaket, sepatu , tenda dan lain sebagainya.
  • Warung yang berada di pos Pet Bocor biasanya buka setiap akhir pekan, jadi jika tidak ingin kekurangan bahan makanan sebaiknya membawa bekal lebih untuk persediaan.
  • Jika keadaan puncak berkabut sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan.
  • Ketika cuaca buruk dianjurkan untuk segeraturun dari puncak.

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×