BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

6 Misteri Dan Fakta Gunung Wilis Yang Membuat Anda Penasaran

Misteri dan fakta Gunung Wilis

0 342
cover gunung wilis yang memukau
sumber gambar : @ramagajj (instagram)

Pulau Jawa terkenal dengan beribu-ribu gunung. Salah satu gunung yang ada di pulau jawa yaitu Gunung Wilis yang terletak di perbatasan 6 Kabupaten.

Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Nganjuk.

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.552 meter diatas permukaan laut. Gunung Wilis terkenal dengan cerita misterinya, mungkin ini alasan gunung tersebut masih sepi pengunjung.

Apa sajakah misteri tersebut? mari kita simak ulasan dibawah ini.

Jenderal Sudirman melakukan gerilya di Gunung Wilis

jenderal sudirman gerilya gunung wilis
sumber gambar : @islahsangrajabalap98 (instagram)

Karena medan yang sulit  di lereng Gunung Wilis. Hal ini dijadikan taktik oleh Jenderal Soedirman untuk melakukan perang gerilya.

Rute perang gerilya ini mulai dari Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung dan Kediri. Di jalur tersebut Jenderal Soedirman dikejar-kejar oleh pasukan Belanda.

Hal yang menarik dari lereng Gunung Wilis adalah hutannya yang masih lebat dan belantara, yang menyebabkan mempermudah bergerilya.

Hutan tersebut dijadikan tempat persembunyian Jenderal Soedirman dan pasukannya bersembunyi.

Pada zaman penjajahan Belanda, rakyat Indonesia di perlakukan secara keji, menakut-nakuti, menganiaya dan merampas harta benda.

Saat Jenderal Soedirman melihat penderitaan rakyatnya rasa tidak tega pun muncul, hatinya bergerak untuk berjuang mengusir penjajah.

Hingga akhirnya Jenderal Soedirman mengumpulkan para kaum muda dan masyarakat Indonesia untuk melakukan perang gerilya. Perang Gerilya ini sukses membuat para pasukan Belanda kewalahan dan kocar-kacir.

Ki Ageng Ngaliman Gunung Wilis

makam ki ageng ngaliman gunung wilis
sumber gambar : sejarahdanperistiwa.blogspot.com

Menurut kisah yang diceritakan oleh rakyat pada zaman masa penjajahan Belanda ada seseorang yang mendirikan padepokan yang diberi nama Sadepok yang terletak di atas Air Terjun Singkromo.

Seseorang tersebut dikenal dengan Ki Ageng Ngaliman yang merupakan seorang pertapa sakti. Ki ageng Ngaliman sering melakukan semedi ditempat tersebut bersama dengan para muridnya.

Beliau melatih muridnya dengan cara melatih fisik, mental dan Spiritual. Fungsi melatih murid tersebut karena Ki Ageng ingin melawan para penjajah Belanda yang berusaha mencampuri urusan Kerajaan Surakarta.

Nama beliau hingga saat ini dikenang sebagai nama puncak Gunung Wilis yaitu puncak Ngaliman.  Setelah wafat Ki Ageng Ngaliman dimakamkan di Desa Ngaliman, Nganjuk, Jawa Timur. Hingga saat ini ketika bulan suro tiba, makam tersebut ramai dikunjungi oleh para penziarah.

Goa Ghoib Gunung Wilis

Menurut cerita rakyat gunung ini memiliki goa ghoib yang terletak dibawah puncak di bagian barat, goa ini di apit oleh dua air terjun.

Seringkali para warga sekitar melihat sosok lelaki dengan wajah hitam yang menyerupai monyet. Sosok lelaki ini terlihat sedang bersemedi.

Namun lelaki tersebut tidak mudah terlihat. Menurut warga hanya orang dengan kemampuan tertentu yang bisa melihatnya.

Siluman ular penjaga Gunung Wilis

siluman ular gunung wilis
sumber gambar : ilustrasi (pixabay.com)

Dipercaya oleh warga sekitar bahwa Gunung Wilis dijaga oleh ular yang berukuran besar tidak terhingga besarnya.

Ular ini setiap hari mengelilingi dan menyusuri kawasan gunung tersebut. Ular ini sangat misterius dan hanya bisa dilihat oleh orang tertentu yang memiliki kekuatan khusus.

Karena ular ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Hingga saat ini keberadaan ular tersebut masih tidak diketahui keberadaannya.

Putri kerajaan Mataram Gunung Wilis

Misteri mengenai sosok wanita yang dipercaya oleh warga adalah putri dari kerajaan Mataram, sebab sosok wanita ini mengenakan pakaian seorang putri dari kerajaan.

Sosok wanita ini sering menampakan diri di sekitar kawasan gunung ini. Dengan mengenakan jarik warna dasar coklat muda dan ada motif kain Klitik kuning gading.

Hal ini dipercaya hanya seorang putri kerajaan Mataram yang mengenakan pakaian tersebut.

Pemandangan Gunung Wilis

pemandangan gunung wilis kediri
sumber gambar : @nikolaw_04 (instagram)

Karena Gunung Wilis jarang di jamah oleh manusia, keasrian dari alamnya gunung ini masih sangat terjaga. Pemandangan gunung wilis begitu memukau membuat hati nyaman dan memanjakan mata.

Terdapat hutan yang masih asri dan jalur pendakian yang terbilang bersih tanpa adanya sampah. Saat berada di puncak Gunung Wilis rasa lelah dan masalah hidup akan terasa hilang hanya dengan menikmati keindahannya.

Di puncak ini para pengunjung juga bisa menikmati sunrise dan sunset matahari. Pemandangan Gunung Wilis yang membuat hati ini terasa nyaman hingga menimbulkan rasa tidak ingin pulang.

Itulah berbagai fakta dan misteri yang ada di Gunung Wilis. Percaya atau tidak alangkah baiknya kita selalu berhati-hati sebelum memasuki kawasan wisata tersebut, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Patuhi aturan yang sudah tertera dan ingat jangan pernah merusak kelestarian alam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×