BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

3 Wisata Gunung Arjuna

3 Wisata Gunung Arjuna yang Nyaman dan Sejuk untuk di kunjungi

0 276

 

Gunung Arjuna
Sumber Gambar : @ruangtertawa (instagram)

Objek Wisata Di Gunung Arjuna Antara lain

Gunung  Arjuna yang berada di perbatasan antara Kota Batu kabupaten Malang dengan Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu gunung berapi aktif.

Dengan ketinggian mencapai 3.339 mdpl, yang merupakan gunung tertinggi ke 3 di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Prau.

Di Gunung ini selain menyimpan kisah misteri yang menyelubungi, juga terdapat keindahan alam yang menjadi tempat wisata, baik wisata alam maupun spiritual.

Dilihat dari nama gunung ini, dapat dikatakan mempunyai sejarah yang erat kaitannya dengan kisah pewayangan Mahabarata yang konon melakukan perjalanan dan tapabrata di Gunung ini.

Sehingga nama gunung ini disamakan dengan tokoh Pandawa yang bukan hanya sakti, namun juga disebut sebagai lanang sejagat, karena memiliki paras yang tampan, tokoh tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah sang Arjuna.

Air Terjun Kakek Bodo

air terjun kakek bodo Gunung Arjuna
Sumber Gambar : callmedni (instagram)

Digunung Arjuna terdapat objek wisata air terjun yang dinamakan Kakek Bodo. Dinamakan demikian Konon menurut cerita, ada seorang kakek tua yang telah lama mengabdi kepada keluarga Belanda.

Setelah lama mengabdi, sang kakek yang dikenal jujur dan saleh ini meninggalkan keluarga dan segala bentuk keduniawian.

Dan sang kakek ingin bertapa, tempat yang di tuju sang kakek ini adalah sebuah air terjun yang berada di Gunung Arjuna.

Diceritakan pula, setelah kakek ini bertapa di air terjun  tersebut, sang kakek menjadi sakti dan kesaktiannya tersebut di gunakan untuk membantu masyarakat setempat yang membutuhkan pertolongan.

Di air terjun itu pula lah sang kakek mengakhiri hidupnya dengan cara bertapa.

Atas sikapnya, kakek yang memutuskan untuk meninggalkan keduniawian, keluarga Belanda ini menyebut kekak itu dengan sebutan “ kakek Bodoh “.

Dan akhirnya nama Kakek Bodo dipakai untuk menyebut air terjun yang sekarang menjadi tempat wisata favorit bagi keluarga maupun sahabat.

Air Terjun kakek Bodo ini memiliki ketinggian air pancur sekitar 40 meter dengan sumber airnya bersumber dari sungai Kali Getik.

Tepat diabawah pancur air terjun terdapat kolam yang kedalamannya 1 sampai 5 meter yang berhawa sejuk, tempat ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk menikmati sejuknya air terjun dan duduk–duduk di batu besar.

kolam air terjun kakek bodo Gunung Arjuna
Sumber Gambar : aarudayo (instagram)

Lokasi Air terjun ini terletak di jalan taman wisata No. 541 Prigen Semeru, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157.

Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu sebesar Rp.10.000 untuk dewasa, dan untuk anak– anak tidak ada biaya masuknya alias gratis.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan di kenai biaya Rp. 5000 untuk roda 2 dan Rp.10.000 untuk kendaraan roda 4.

Peninggalan Benda Purbakala

petilasan Gunung Arjuna
Sumber Gambar : dika_adaband (instagram)

Candi Madrim : Candi yang berbentuk Punden Berundak dengan mempunyai 3 teras yang memiliki ukuran yang berbeda beda.

Dibagian teras atas terdapat beberapa batu Andesit yang terbungkus kain putih dan 1 Lumpang batu sebagai tempat memuja.

Petilasan Eyang Abiyasa : merupakan situs seperti punden yang berundak, yang telah dipugar terdapat sebuah batu andesit besar, yang menyerupai lesung umpak batu andesit segi 4 dan 1 arca dwarapala.

eyang abiyoso Gunung Arjuna
Sumber Gambar : galihh_kibbo4.2.0 (instagram)

Petilasan Eyang Sekutrem : sebuah bangunan yang dipakai sebagai tempat penyimpanan arca dan sebagai tempat ziarah dan diduga sebagai bekas bangunan pundak berundak.

eyang sekutrem Gunung Arjuna
Sumber Gambar : rirmansukir (instagram)

Sendang Dewi Kunti : sebuah sendang atau telaga kecil berfungsi sebagai tempat pemujaan serta tempat sumber air.

sendang dewi kunti gunung Arjuna
Sumber Gambar : santossatrio (instagram)

Petilasan Hyang sakri : tempat ziarah dan tempat pemujaan.

Pondok Rahayu : Sebuah pondok atau gubuk yang penampakannya, seperti pondok berhantu ditengah hutan yang terdapat beberapa aksara Jawa.

pondok rahayu Gunung Arjuna
Sumber Gambar : maftuhg (instagram)

Petilasan Eyang Semar : Tempat memuja dan semedi yang diatasnya terdapat sebuah patung Semar. Konon menurut cerita petilasan ini adalah sebagai tempat moksanya Kyai Semar.

petilasan eyang semar Gunung Arjuna
Sumber Gambar : wira_alapola212 ( instagram )

Makuthoromo : Adalah sebuah situs arkeologi berupa punden berundak terbesar yang ada disepanjang jalur pendakian.

mahkutoromo Gunung arjuna
Sumber Gambar : nikenherawati97 (instagram)

Candi Sepilar : Adalah sebuah situs arkeologi yang berada diatas situs Makhutoromo, yang merupakan bagian dari lambang kesuburan berupa Yoni dan bagian Lingga terdapat di arah sebelah kanan.

candi sepilar gunung Arjuna
Sumber Gambar : pendakisenja.id (instagram)

Kebun Apel

kebun Apel Gunung Arjuna
sumber Gambar : malaikafarahadiba (instagram)

Ada area yang terdapat di bagian selatan lereng gunung Arjuna, Tepatnya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumi Aji – Kota Batu Malang.

Terdapat perkebunan Apel dengan luas sekitar 80 Ha dengan ketinggian sekitar 1.500–1.600 mdpl. Di sini para pengunjung di perbolehkan memakan buah apel sepuasnya.

Namun apel tersebut harus dimakan habis ditempat, tidak boleh dibawa pulang. Berbagai jenis apel yang tumbuh diperkebunan ini antara lain Apel Manalagi, Apel Wanglin, Apel Anna serta Apel Romebeauty.

Itulah beberapa destinasi wisata yang ada di gunung Arjuna semoga bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan perjalan liburan mengunjungi wisata alam dan religious.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×