BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

5 Wahana Di Kebun Raya Bogor Yang Jadi Incaran Saat Musim Libur

Wisata Kebun Raya Bogor

0 132
kebun raya bogor
sumber gambar : @kebunrayabogor (instagram)

Bogor adalah sebuah nama kota yang ada di Jawa Barat. Kota ini terkenal dengan banyak obyek wisata. Selain itu Bogor di kenal sebagai kota hujan dengan beribu keindahan.

Kota Bogor memiliki udara yang sangat sejuk. Salah satu wisata yang ada di Kota Bogor yang akan kita bahas di artikel ini yaitu Kebun Raya Bogor.

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan ketika berada di Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor memiliki keindahan alam seperti ribuan jenis tanaman dan pepohonan, selain itu di tempat ini anda bisa belajar banyak hal mengenai sejarah, flora dan juga fauna.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor sering di jadikan destinasi berlibur oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kebun ini merupakan kebun botani yang di jadikan tempat konservasi beraneka macam tanaman.

Luas lahan Kebun Raya Bogor mencapai sekitar 87 hektar dan berisi 15.000 berbagai macam tanaman. Kebun Raya Bogor lokasinya yang menyatu dengan Istana Bogor merupakan kawasan yang luas dan lapang sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai bersama pacar ataupun keluarga.

Kebun Raya Bogor di bawah pengelolaan sebuah lembaga yang menangani kegiatan konservasi tumbuhan secara ex situ.

Pihak pengelola Kebun Raya Bogor rajin melakukan penelitian terhadap tanaman yang mereka koleksi. Kebun ini menekankan proses pendokumentasian terhadap tanaman yang di koleksi.

Hal yang dilakukan oleh pengelola berfungsi untuk menyumbangkan ilmu tentang tumbuhan kepada masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian terhadap negara di bidang penelitian.

Tidak hanya tanaman namun banyak di temui berbagai macam jenis hewan yang masih hidup dan yang sudah diawetkan.

Kebun Raya Bogor Terdapat pula bangunan yang terdiri dari benda-benda bersejarah. Hal ini dapat menambah ilmu bagi para wisatawan seperti pengetahuan mengenai kejadian-kejadian masa sebelum kemerdekaan.

Tidak akan sia-sia jika berlibur ke wisata ini karena akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Sejarah Tentang Kebun Raya Bogor

Pada tahun 1811 yang saat itu Indonesia masih bernama Hindia-Belanda yang dikuasai oleh Inggris. Pada tahun 1815 semua para pemimpin negara-negara yang ada di Eropa membuat kesepakatan tentang pembagian wilayah koloni.

Dan pada tahun selanjutnya yaitu tahun 1816, Inggris mengembalikan kekuasaannya atas Hindia-Belanda kembali ke tangan pemerintah Belanda.

Keruntuhan yang terjadi di Negara Eropa menyebabkan keruntuhan ekonomi Belanda. Keruntuhan tersebut membuat Belanda mencari cara untuk bangkit dari keruntuhan dengan cara mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang pertanian.

Pemerintah mengirim utusan ke Hindia-Belanda, utusan tersebut bernama A.A Boykens, C.Th.Elout, dan G.A.G.P Baron van Der Capellen dan ditemani oleh Dr. Casper George Carl Reinwatrdt yang memiliki tugas sebagai penasehat.

C.G Reinward mempunyai ide untuk mendirikan sebuah kebun botani yang besar, ide ini muncul pada tanggal 15 April 1817.

Hingga akhirnya ide tersebut di sampaikan kepada G.A.G.P Baron Van Der Capellen, beliau adalah Komisaris Jenderal Hindia-Belanda.

Gagasan ide pendirian Kebun Raya Bogor tersebut bermanfaat untuk kepentingan ekonomi Belanda terutama yang berkaitan dengan tanaman industri maupun hasil pertanian.

Reindwardt tidak hanya menyumbang ide namun beliau juga langsung turun untuk membangun dan mengumpulkan serta menanam bibit tanaman baru di Kebun Raya Bogor.

Momen tersebut di abadikan sebagai tanda jasa usaha beliau, dengan mendirikan tugu atau monumen yang bernama monumen Rainwardt yang terletak di Kebun Raya Bogor.

Selain itu terdapat pula monumen tugu yang bernama tugu Teijsmann, tugu ini didirikan sama halnya untuk mengenang penghargaan atas jasa-jasa nya.

Teijsmann merupakan seorang ahli botani yang gemar mempelajari hal-hal yang mengenai ilmu alam, khususnya tumbuhan dan hewan.

Pada tahun 1823 Raidwardt harus kembali ke negara asalnya, sebab ini lah yang menjadikan seorang Teijsmann meneruskan mimpi dan cita-cita Raidwardt untuk membangun dan mengembangkan Kebun Raya Bogor.

Teijsmann dengan ulet dan kerja keras yang hingga akhirnya Kebun Raya Bogor berkembang pesat. Beliau berhasil menanam ribuan tanaman dan pepohonan yang sudah di kelompokan menurut spesies dan jenisnya.

Biaya Tiket Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor dengan keindahan alam serta fasilitas yang tersedia cukup memadai sangat cocok untuk mengunjungi wisata ini saat libur panjang telah tiba.

Tidak perlu biaya banyak untuk masuk ke wisata ini, karena biaya nya sangat terjangkau. Para wisatawan lokal hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp.15.000 per orang.

Sedangkan para wisatawan mancanegara di kenakan biaya berkisar Rp.25.000. Harga yang tertera tidak terlalu mahal jika di bandingkan dengan wisata lainnya Kebun Raya Bogor masih terjangkau.

Dengan biaya tersebut anda sudah dapat menikmati banyak keindahan yang ada di kebun ini. Untuk para wisatawan yang membawa kendaraan sendiri seperti mobil dan ingin berkeliling kebun dengan menggunakan mobil, maka anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp.30.000.

Fasilitas dan wahana yang ada di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan wisata yang cukup terkenal di Kota Bogor dan menjadi andalan dari kota tersebut.

Kebun Raya Bogor memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti perpustakaan, tempat beribadah, penjual makanan dan minuman, toko souvenir, hingga mobil wisata yang dapat anda lihat di wisata ini.

Selain fasilitasnya lain hal dengan wahana yang ada di Kebun Raya Bogor. Terdapat beberapa wahana yang juga banyak dapat di kunjungi oleh para wisatawan.

Dimana wahana ini tidak pernah sepi dan selalu ramai oleh pengunjung. Apa saja kah wahana tersebut ? mari kita simak ulasan di bawah ini :

1. Museum Zoologi

museum zoologi kebun raya bogor
sumber gambar : @hamidy27 (instagram)

Museum Zoologi merupakan kawasan yang mempunyai sejarah panjang untuk memahami masa lalu.  Tempat ini masih termasuk dalam kawasan Kebun Raya Bogor.

Bagi anda para wisatawan yang menyukai hewan tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi, sebab tempat ini terdapat banyak hewan-hewan langka yang untuk di simak.

Museum Zoologi ini memiliki berbagai jenis fauna. Bahkan ada beberapa hewan yang di awetkan seperti kepiting, serangga, ikan, dan burung.

Museum Zoologi memiliki luas sekitar 1000 meter. Tempat ini terdiri dari 7 ruang pameran. Kekurangan dari museum ini yaitu lampu dalam ruang yang nampak redup sehingga membuat para pengunjung tidak bisa melihat jelas hewan yang ada di dalam museum.

Museum ini menyimpan sekitar 20.000 jenis fauna seperti moluska, beberapa hewan antropoda, serta krustasea. Selain itu terdapat pula jenis reptile serta mamalia.

Pada tahun 1894 Museum Zoologi didirikan oleh J.C Koningsbeger, beliau adalah tokoh perintis pengembangan Kebun Raya Bogor.

Selain itu beliau adalah ahli botani yang berasal dari negara Jerman. J.C Koningsbeger mengumpulkan berbagai hewan dari Indonesia bahkan beberapa berasal berbagai belahan dunia.

Untuk memasuki kawasan ini hanya perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp. 14.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 25.000 untuk wisatawan mancanegara.

Semua pelajaran mengenai hewan terdapat di museum ini dengan lengkap. Berbagai macam pengetahuan mengenai hewan di kupas tuntas oleh museum ini.

Jadi tempat ini sangat cocok untuk keluarga terutama untuk anak-anak agar lebih mengetahui jenis-jenis hewan.

2. Taman Mexico

taman mexico kebun raya bogor
sumber gambar : @mrs.prutila (instagram)

Taman Mexico masih dalam satu kawasan Kebun Raya Bogor, lebih tepatnya berada di sisi selatan dekat dengan gerbang utama yang berada di depan Simpang Surya Kencana yang merupakan pertemuan tiga ruas jalan yaitu Otista, Juanda, dan Surya Kencana.

Tanda saat memasuki Taman Mexico akan ditemui tiga patung kaktus yang menyerupai manusia bermain musik.

Taman Mexico ini terdapat gurun, disebut gurun karena di dalam tempat ini terdapat tanaman gurun tanpa adanya pepohonan yang rindang. Tidak usah ke luar negeri untuk menikmati gurun ini.

Temanya sama seperti berada di gurun, tamannya dibiarkan terbuka dan terdapat kerikil dan juga batu-batuan khas gurun.

Masyarakat sering bertanya mengapa wisata ini dinamakan sebagai Taman Mexico ? sedangkan letaknya saja berada di kawasan Kebun Raya Bogor.

Padahal Kebun Raya Bogor ini merupakan cagar alam yang di kelola oleh Indonesia. Alasan di beri nama Taman Mexico sebab, Mexico banyak persamaan dengan Indonesia.

Persamaan tersebut seperti memiliki jajaran pegunungan dan gunung-gunung berapi yang masih aktif. Selain itu Mexico juga hanya memiliki 2 musim yang sama dengan Indonesia yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Mexico juga banyak terdapat gurun. Karena taman ini terdapat banyak keaneka ragaman hayati di beri lah nama Taman Mexico.

3. Jembatan Gantung Kebun Raya Bogor

jembatan putus cinta kebun raya bogor
sumber gambar : @firdausthobelulu (instagram)

Masih dalam kawasan Kebun Raya Bogor terdapat wahana jembatan gantung yang bewarna merah membentang sepanjang 20 meter.

Masyarakat lebih mengenal jembatan tersebut sebagai nama Jembatan Gantung Hulu, atau bisa disebut juga sebagai jembatan putus cinta.

Jembatan ini berada di atas aliran Sungai Ciliwung. Dari atas jembatan ini para pengunjung dapat melihat bongkahan batu dengan berbagai ukuran yang ada di aliran sungai.

Jembatan ini semakin populer dengan cerita misteri nya yaitu apabila ada sepasang kekasih melewati jembatan ini, maka hubungannya akan kandas.

Hal ini di percaya dengan kisah pada zaman dahulu terdapat noni Belanda dan pria pribumi yang menjalin hubungan.

Menurut cerita rakyat hubungan tersebut tidak mendapat restu dari orang tua. Karena tidak dapat restu, wanita tersebut frustasi dan bersedih hingga akhirnya noni Belanda bunuh diri di jembatan merah ini.

Setelah wanita itu bunuh diri, kekasihnya pun ikut menyusulnya dengan bunuh diri terjun dari atas jembatan.

Itulah alasan kenapa jembatan ini di beri nama jembatan putus cinta. Karena terdapat cerita misteri yang menyelimutinya. Hingga saat ini belum di ketahui kebenaran cerita tersebut.

4. Makam Belanda

makam belanda yang berada di kebun raya bogor
sumber gambar : @belajaranalog__ (instagram)

Kebun Raya Bogor ternyata terdapat makam kuno Belanda yang letaknya berada berdekatan dengan Taman Bambu.

Makam ini hanya berjumlah sekitar 42 makam kuno. Dari jumlah 42 tersebut, hanya 38 makam yang identitas jenazahnya dapat diindetifikasi.

Makam ini sudah ada sejak sebelum di bangun nya Kebun Raya Bogor. Usia makam ini sudah cukup tua, hal ini menyebabkan sulitnya mengidentifikasi jenazah.

Nama-nama dari makam tersebut antara lain yaitu mulai dengan makam tertua dengan nama Cornelis Potmans, beliau adalah seorang administrator toko obat, ia meninggal pada tahun 1784.

Namun karena usia makam yang sudah cukup tua hal ini menyebabkan makam beliau sudah tidak terlihat lagi di pemakaman ini, makam sudah rata dengan tanah.

Sedangkan makam paling terbaru yaitu AJGH Kostermans, beliau wafat pada tahun 1994. Ia adalah seorang ahli botani yang sudah lama tinggal di Indonesia sehingga ia memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia.

Selain itu terdapat pula makam Ary Prins, beliau merupakan seorang ahli hukum yang pernah menjadi pejabat, terdapat pula makam Heinrich Kuhl dan JC Van Hasselt.

Mereka berdua merupakan seorang ahli botani yang menjadi anggota The Netherlands Commission For Natural Sciences.

Dan masih banyak lagi makam-makam yang lain, ada beberapa jenazah yang merupakan kerabat gubernur.

Batu nisan makam ini bentuknya bermacam-macam dan unik. Tulisan dalam makam ini masih berbentuk bahasa Belanda.

Makam ini di dominasi dengan cat bewarna putih, namun warna itu nampak kusam dan banyak ditumbuhi lumut. Makam ini terbuka untuk umum. Sebaiknya bagi para pengunjung menjaga sikap menjaga sopan santun.

5. Danau Gunting Kebun Raya Bogor

danau gunting kebun raya bogor
sumber gambar L @surroundingc (instagram)

Danau ini terlihat pada saat memasuki gerbang utama Kebun Raya Bogor. Danau ini memang tidak terlalu luas, namun danau ini memiliki pulau kecil di tengahnya yang menyerupai gunting.

Karena itu lah danau ini di beri nama Danau Gunting. Danau gunting memiliki pemandangan dengan tanaman yang terdapat di tengah danau dengan kehijauan lingkungan sekitar membuat para pengunjung merasa nyaman berada di tempat ini.

Danau Gunting terletak persis di depan Istana Bogor. Pada saat musim teratai, bunga yang ada di danau ini akan tumbuh mekar dengan warna merah muda yang menjadi daya tarik tersendiri.

Banyak berbagai jenis tanaman teratai yang ada di danau ini, contohnya seperti Nymphaea Alba, Rubra dan teratai yang paling terkenal yaitu Victoria Amazonica.

Di tempat ini para wisatawan bisa menikmati keindahannya dengan ber duduk santai di sekitar danau. Jangan lupa untuk berfoto di tempat ini. Terdapat banyak spot foto yang dapat anda kunjungi.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×