BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

3 Wisata Gunung Mutis

3 Wisata Gunung Mutis Yang Menakjubkan

0 270

 

Ternak Gunung Mutis
Sumber Gambar : hardybreck (instagram)

Pesona Wisata Gunung Mutis Antra Lain

Kawasan cagar alam Gunung Mutis terletak diprovinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki pesona wisata yang mengagumkan.

Menurut cerita yang di ceritakan secara turun temurun kata Fatumnasi berasal dari 2 suku kata yang terediri dari kata Fatum yang menurut bahasa suku Dawan berarti Batu serta Nasi.

Jadi istilah arti kata Fatumnasi adalah penggambaran di daerah ini terdapat banyak batu yang tersebar seperti butiran nasi.

Cagar Alam Gunung Mutis

Gapura cagar alam Gunung Mutis
Sumber Gambar : denop_1212 (instagram)

Kawasan cagar alam Gunung Mutis terletak diprovinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki pesona wisata yang mengagumkan.

Kawasan ini terletak sekitar 140 km dari Kota Kupang. Kawasan yang terletak di Desa Fatumnasi, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan , provinsi Nusa Tenggara Timur.

Cagar Alam Gunung Mutis ini memiliki luas wilayah sekitar 12.000 hektare dan memiliki pemandangan alam yang mempesona.

Kawasan ini disebut juga sebagai GunungMarmer, dikarenakan dikawasan ini struktur bebatuannya adalah bebatuan Marmer.

Batu marmer Gunung Mutis
Sumber Gambar : arleytelussa (instagram)

Penduduk asli yang menghuni kawasan ini adalah salah satu suku adat yang tertua di Nusa Tenggara timur yaitu Suku Dawan. Cagar Alam Gunung Mutis ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi Suku Dawan.

Suku Dawan menggantungkan hidupnya dari mata air yang bersumber dari dalam Gunung Mutis.

Suku ini menyebutnya sebagai Oe Kanaf yang berarti Air dari Batu, maka dari itu suku ini sangat menjaga kelestarian hutan yang berada di kawasan ini.

Kawasan Gunung Mutis ini menjadi kawasan yang paling basah di pulau Timor ini, hujan yang turun terjadi hampir setiap bulannya.

Type hutan yang berada di kawasan ini merupakan perwakilan dari hutan homogen dataran tinggi.

Jadi tak mengherankan apabila pengunjung dapat menemukan beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh di ketinggan 1500 mdpl.

Tumbuhan yang tumbuh di ketinggia ini seperti Ampupu ( Eucalyptus urophylla ) dan kayu cendana  ( Santalum Album ) yang tumbuh subur di kawasan ini.

Hutan Bonsai

Bonsai Alami Gunung Mutis
Sumber Gambar : aksha46 (instagram)

Hutan ini berada di ketinggian 1.500 sampai 2.000 mdpl, dengan suhu rata – rata sekitar 12 sampai 190C, yang berarti kawasan ini menjadi tempat yang paling dingin  diantara daerah yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pengunjung banyak menyebut Hutan ini sebagai Hutan Bonsai dikarenan banyak pohon yang berada di hutan ini mirip dengan Bonsai, dengan ukuran pohon yang tidak terlalu tinggi dan banyak cabangnya.

Hutan ini juga banyak ditumbuhi pohon Ampupu yang menjulang, pohon ini tumbuh sangat subur, jadi pengunjung yang mengunjungi tempat ini merasa betah karena suasananya seperti di hutan Hobbit.

Hutan ini berada di ketinggan 1.500 samapi 2.000 mdpl. dan berada di lereng Gunung Mutis. Apabila kalian ingin mengunjungi tempat ini tidak sesulit seperti kalian mendaki gunung di Pulau Jawa yang meskipun ketinggianya hampir di 2000 meter, namun masih bisi dicapai menggunakan kendaran roda 4 maupun roda 2.

Hutan Bonsai Gunung Mutis
Sumber Gambar : baktiarsontani (instagram)

Namun perlu di ingat untuk bisa mencapai titik ini pengunjung harus menggunakan kendaraan yang menggunakan Double Gardan untuk roda 4, sedangkan untuk roda 2 sebaiknya bisa menggunakan motor Trail atau sejenisnya.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam perjalan dari Kota Soe menuju kawasan hutan Bonsai ini.

Sebagai Informasi untuk pengunjung Hutan Bonsai ini buka setiap hari selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam sepekan. Jadi para pengunjung bebas memilih waktu untuk menikmati indahnya hutan Bonsai ini.

Untuk biaya masuk kawasan ini para pengunjung juga tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

untuk fasilitas di kawasan ini tidak di temukan warung makanan maupun toilet jadi untuk para pengunjung yang berkunjung disini alangkah baiknya membawa perbekalan sendiri dari rumah.

Sabana Gunung Mutis

Sabana 2 gunung Mutis
Sumber Gambar : chitrmarlis (instagram)

Sabana yang berada di ketinggian 1900 an mdpl ini merupakan padang rumput yang luas. Padang rumput yang selayaknya padang Golf yang Membentang sepanjang mata memandang.

Lokasi ini masih bisa di jangkau menggunakan Mobil khusus seperti mobil off road maupun mobil dengan double gardan.

Di sabana ini pengunjung bisa mendirikan tenda untuk beristirahat menunggu matahari terbit di balik bukit.

Banyak di jumpai kuda dan sapi yang sengaja di lepas liarkan oelh masyrakat sekitar, jadi pemandangan ini sepetrti kita menonton di negeri dongeng.

Kuda Gunung Mutis
Sumber Gambar : dhany_rihi29

Untuk para pengunjung sebaiknya menggunakan pakaian yang hangat dikarenakan suhu di sabana ini terasa sangat dingin, serta angin yang bertiup kencang.

Suhu di Sabana ini bisa mencapi dibawah 150C. untuk itu diperlukan pakaian yang tebal untuk mengurangi rasa dingin yang menusuk.

Namun demikian akan terbayarkan dengan pesona alam yang disuguhkan di sabana ini. Banyak yang menyebut bahwa Sabana ini mirip sabana yang berada di New Zealand Australia.

Demikian pesona wisata yang disuguhkan oleh Cagar Alam Gunung Mutis ini, selain masih banyak tempat – tempat wisata di sekitar wilayah cagar alam ini yang layak untuk dikunjungi apabila kalian ingin berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×