BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

3 Wisata Gunung Klabat

3 Wisata Gunung Klabat yang perlu kamu kunjungi

0 180

 

Topi awan Gunung Klabat
sumber Gambar : malalayang_post (instagram)

Pesona Wisata Gunung Klabat

Selain mempunyai cerita mistis, Gunung Klabat juga mempunyai pesona alam yang tidak kalah menariknya dengan pesona wisata yang lain yang berada di Minahasa Utara.

Keindahan Sunrise di Puncak Gunung Klabat

Pagi Gunung Klabat
Sumber Gambar : ameliatamaraaa (instagram)

Gunung klabat memiliki keindahan berupa Sunrise atau matahari terbit yang bisa dinikmati dari  puncak Gunung Klabat.

Sebelum kalian bisa menikmati keindahan matahari terbit, kalian harus mendaki terlebih dahulu menuju Puncak Gunung Klabat.

Perjalanan dari bawah Gunung Klabat menuju puncak Gunung Klabat memakan waktu sekitar 6 – 8 jam pendakian.

Oleh sebab itu apabila kalian ingin melihat ke elok kan Matahari terbit di puncak Gunung Klabat kalian haru mendaki pada sore hari, agar kalian bisa sampai puncak pada subuh keesokan harinya.

Pemandangan yang di hasilkan oleh Sunrise ini sangat indah, selain bisa melihat bayangan Puncak Gunung Klabat yang menyerupai bentuk segi tiga juga bisa melihat pesona Kota Manado, Pelabuhan Bitung, Gunung Lokon, Gunung Mahawu serta Gunung Dua Saudara sekaligus.

Sunrise Gunung Klabat
Sumber Gambar : moses_jw (instagram)

Danau Gunung Klabat

Selain Sunrise Gunung Klabat juga terdapat Danau yang berada di sekitar Puncak Gunung Klabat. Danau yang di penuhi dengan pepohonan lebat ini, di fungsikan oleh para pendaki untuk menambah perbekalan air minum.

Danau Gunung Klabat
Sumber Gambar : alfianberlianmastan (instagram)

Sebab hanya di danau inilah ketersediaan mata air yang berada di Gunung Klabat, tidak ada lagi mata air  yang tersedia sepanjang jalur pendakian ke puncak Gunung Klabat.

Danau ini hanya bisa dinikmati oleh para pendaki Gunung Klabat saja, karena tempatnya yang berada di Puncak Gunung Klabat mengakibatkan tidak semua orang bisa menikmati keindahan Danau ini.

Wisata Religi kaki Dian

Selain Sunrise dan Danau, Gunung ini juga memiliki pesona lain nya, yaitu pesona wisata religi. Para pengunjung yang mengunjungi tempat ini biasanya, selain untuk menikmati keindahan alam juga untuk berdoa.

Kaki Dian Gunung Klabat
Sumber Gambar : bioslariwu (instagram)

Itulah sebabnya dinamakan wisata Religi, tempat tersebut terletak di kaki Gunung ini yang dinamakan sebagai Wisata Kaki Dian.

Kaki dian ini dapat di tempuh dari Kota Manado sekitar 20 menit perjalanan, yang bisa di gunakan dengan mengendarai kendaraan baik kendaraan roda 4 maupun roda 2.

Gerbang Kaki Dian Gunung Klabat
Sumber Gambar : kensyarina (instagram)

Dari akses jalan Utama ada sebuah Gerbang sebagai pertanda masuk kawasan wisata Kaki Dian, dari gerbang utama perjalanan dilakukan sejauh 1,2 km saja, masih bisa menggunakan kendaraan, namun harap berhati hati dikarenakan jalanan yang berkelok kelok.

Menara Kaki Dian Gunung Klabat
Sumber Gambar : herlinapua ( instagram )

Lokasi Wisata Kaki Dian ini terletak di ketinggian 600 mdpl. Jadi udara terasa sejuk dan segar di sekitar kawasan wisata.

Terdapat menara setinggi 19 meter dengan di dominasi oleh warna putih yang sudah agak memudar, dengan penyangga menara yang di cat berwarna Orange.

Di ujung menara terdapat lampu bertenaga surya yang berjumlah 7 buah. Sedangkan diameter bangunan menara ini adalah 8 x 8.

Tempat wisata ini mulai dibangun pada tahun 2011 dan selaseai pembangunannya sekitar tahun 2012, di dekatnya terdapat tulisan Minahasa Utara berukuran raksasa.

Terdapat 2 buah Gazebo yang terbuat dari kayu untuk tempat berteduh para pengunjung apabila cuaca panas maupun saat tiba – tiba hujan turun mengguyur.

Selain tempat berteduh dan beristirahat 2 gazebo ini juga di peruntuk kan  untuk beribadah oleh rombongan pengunjung yang ingin beribadah disini.

Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa, berada di ketinggian, beberapa tempat bisa langsung di akses oleh mata pengunjung.

Jika cuaca sedang bagus dan tidak mendung, pengunjung dapat melihat deretan perbukitan dan Gunung, diantaranya Gunung Lokon, Gunung Soputan, dapat dilihat dengan jelas dari tempat ini.

view Gunung Lokon Gunung Klabat
Sumber Gambar : bioslawiru (instagram)

Selain pemandangan Gunung – gunung, pengunjung juga dapat melihat wilayah sekitar  seperti halnya Teluk Manado, dan Pulau Manado Tua yang berdekatan dengan Pulau Bunaken.

Tak ketinggalan pesona Airmadidi sebagai ibukota Kabupaten Minahasa Utara juga akan terlihat jelas dari sini.

View Manado Tua Gunung Klabat
Sumber Gambar : bioslawiru (instagram)

Selain keindahan pemandangan yang tersaji di Kaki Dian, Menara Kaki Dian juga berfunsi sebagai penentu arah pulang bagi nelayan yang pergi melaut pada malam hari.

Apabila lampu di Kaki Dian ini padam maka para nelayan akan kebingungan dan akan kehilangan arah. Inilah sebabnya kawasan ini sangat butuh perhatian yang lebih dari pemerintah daerah untuk menjaga dan melestarikan tempat ini.

Buat kalian yang ingin mengunjungi Manado tidak sah apabila kalian tidak mengunjungi Minahasa utara, sebab selain Gunung Klabat masih banyak pesona wisata lain yang berada di kabupaten ini, yang sangat disayangkan untuk dilewati.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×