BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

3 Misteri Gunung Latimojong Yang Bikin Merinding

3 Misteri Gunung Latimojong yang bikin merinding

0 266

 

puncak rante mario Gunung Latimojong
Sumber Gambar : indrag155 (instagram)

Cerita Misteri Gunung Latimojong

Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, yang merupakan Gunung yang paling tinggi di pulau Sulawesi dengan ketinggian mencapai  3.478 mdpl. Dan menjadi salah satu dari 7 Summit Indonesia

Gunung Latimojong selain terkenal dengan pesona hutan lumutnya yang sudah terkenal juga mempunyai sisi cerita misteri yang umum ada di Gunung Indonesia.

Di Ganggu Penunggu Gunung Latimojong

hutan lumut Gunung latimojong
Sumber Gambar : gemoyizkar (instagram)

Diceritakan ada seorang pendaki yang melakukan pendakian ke atap Sulawesi sebutan lain Gunung Latimojong, yang mengalami kejadian mistis.

Saat Ia dan teman – temannya melakukan pendakian saat sudah berada di pos 5, perlu untuk diketahui di pos 5 ini yang menjadi tempat pendaki mendirikan tenda untuk beristirahat.

Kejadian berawal disaat Ia sudah mendirikan tenda di pos 5 dan disaat bersamaan hujan turun sejak dari siang hari.

Setelah tenda sudah berdiri maka Ia dan teman – temannya masuk ke tenda untuk berganti baju yang sudah basah kuyup terkena hujan.

Kejadian seram terjadi pada saat ia akan buang air kecil dan meminta temannya untuk mengantarkan ke tempat yang tidak jauh dari tenda.

Disaat dia Buang air kecil tersebut, samar – samar ia melihat Sosok hitam yang berdiri di dekat ia buang air kecil. Seketika itu juga dia berhenti buang air kecilnya  dan kembali ke dalam tenda.

Kejadian lainnya saat dia turun dari puncak Gunung Latimojong ke pos 5 untuk memasak untuk dirinya dan rombongannya.

Setelah tiba di pos 5 ternyata baru ada dia dan teman nya saja yang berada di situ, disaat mau melepas sepatu di depan tenda, tiba – tiba dia melihat sosok putih yang lompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Seperti sedang main petak umpet padahal saat itu masih siang hari.

Kejadian berikutnya terjadi pas waktu mau mahgrib. Ia dan teman nya lagi asyik mengobrol pas di depan tenda dengan cuaca hujan turun, sembari menunggu hujan reda ia berencana mengajak rombongan nya turun malam itu juga.

Disaat lagi asyik mengobrol tiba – tiba pandangan nya melihat sesosok bayangan putih yang berjarak sekitar 100 meter dari tempat dia mengobrol.

Tanpa pikir panjang dia pamit kepada teman – teman nya untuk pergi tidur, namun belum sempat tidur nyenyak, salah satu temannya kemudian menyusul tidur di SB nya sendiri. ( SB = Sleeping Bag ).

Tidak berapa lama setelah temannya tidur disampingnya tiba – tiba kakinya ada yang meng epok – epok, merasa risih kemudian dia menegur temenya agar tangan nya berhenti meng epok – epok dirinya.

Kemudian temenya tersebut menjawab tangannya diam tidak melakukan apa – apa dan berada di dalam SB nya sendiri. Merasa kaget dan ketakutan akhirnya dia berusaha untuk tidur meski ketakutan.

Hantu Popo di Gunung Latimojong

kabut gunung latimojong
Sumber Gambar : jerryhinargo (instagram)

Misteri Gunung Latimojong tidak berhenti disitu saja, Di Gunung ini pula masyarakat mempercayai dengan adanya hantu Popo yang mendiami kawasan ini.

Menurut warga sekitar Hantu Popo ini merupakan perwujudan dari manusia yang bisa terbang pada waktu malam hari tiba.

Hantu Popo biasanya hinggap di pepohonan  atau di atap rumah warga, sesekali dia mengeluarkan suara “Pok…pok…pok!”. Jika suaranya terdengar dengan keras maka ia terjatuh dan apabila suaranya mengecil berarti dia ada di dekat kita.

Menurut penuturan warga Hantu Popo hanya terbang pada malam hari saja, biasanya mereka mencari ikan, hasil kebun, serta buah – buahan.

Namun pada saat siang hari Hantu ini terlihat seperti manusia biasa.yang sangat rajin apabila pada saat bekerja.

Banyak masyarakat yang mempercayai Gunung Latimojong menyimpan kisah misteri yang sangat kuat.

Tempat Jatuhnya Pesawat Aviastar

pesona latimojong gunung latimojong
Sumber Gambar : hdk_heru (instagram)

Tempat Jatuhnya pesawat Aviastar agak terjal dan susah untuk di jangkau karena memang, tempat jatuhnya pesawat ini bukan menjadi jalur pendakian. Selain itu juga tempat ini juga jarang di jamah manusia.

Menurut Bupati Luwu, Andi Mudzakar lokasi jatuhnya pesawat termasuk salah satu tempat angker yang berada di Gunung Latimojong ini.

Maka Dia sangat mewanti – wanti agar proses evakuasi dilakukan dengan hati – hati dan tidak sembarang menebang, mengumpat karena hutan ini ada penunggunya.

Bupati menerangkan bahwa seluruh tim dilarang  bertindak sembarangan, berlaku sopan dan tidak membawa daging dan telur, karena hutan yang akan dilalui tim penyelamat adalah hutan bertuan.

Demikian sedikit cerita tentang misteri yang berada di Gunung Latimojong, kembali kepada kita pribadi untuk mempercayai atau tidak namun yang pasti selain kita yang berada di dunia ini, pasti akan berdampingan dengan dunia lainnya.

Jadi kita tidak boleh berlaku sembrono dimanapun kita berada, hormati sesama, akan menjadikan kita sebagai pribadi yang baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×