BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

3 Wisata Gunung Bukit Raya

3 Wisata Gunung Bukit Raya yang perlu kamu ketahui

0 301

 

Puncak Gunung Bukit Raya, gunung bukit raya
Sumber Gambar : airmata.api (instagram)

Wisata Gunung Bukit Raya

Gunung Bukit Raya yang berada di perbatasan  Kalimantan Tenga dan Kalimantan Barat yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, merupakan kawasan yang memiliki peranan penting bagi ekosistem yang berada di kawasan Taman Nasional ini.

Gunung Bukit Raya selain memiliki pesona alam yang indah serta jalur pendakian yang menantang, terdapat pula pesona indah lainnya yang disuguhkan oleh kawasan Gunung Bukit Raya ini.

Beberapa wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang datang ke wilayah atau ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya salah satunya adalah wisata air.

Arung Jeram

perahu arung jeram Gunung Bukit Raya
Sumber Gambar : noviarhassan (instagram)

Wisata arung jeram berada di sungai Belaban Ella, yang letaknya berada di resort Belaban Ella, Kab Melawi, Kalimantan Barat.

Sungainya berarus deras dan memiliki daya tarik sendiri sebagai lokasi untuk olah raga arung jeram, sungai  ini mempunyai beberapa level Jeram yang bervariasi, start arum jeram ini berada  objek wisata alam Gunung Bukit Raya di kawasanTaman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

wisata air belaban ella Gunung Bukit Raya
Sumber Gambar : novifatika (instagram)

Selama melakukan arung jeram di sungai ini para pengunjung bisa menikmati indahnya kawasan TNBBBR, seperti flora dan fauna khas Kalimantan di sepanjang aliran Sungai Guhung Elang yang direkomendasikan untuk tingkat pemula.

Untuk para wisatawn yang sudah mahir dalam melakukan aktivitas  arung jeram bisa mencoba untuk melakukan jeram di wilayah Emperinat, karena di kawasan in punyai tantangan tersendiri yaitu memiliki jeram yang bersambung. Jeram di tempat ini mempunyai tingkatan jeram mulai dari level 1 sampai 3.

arung jeram gunung bukit raya
Sumber Gambar : aigatiara (instagram)

Untuk bisa masuk ke kawasan arung Jeram di Sungai Belaban Ela ini para pengunjung di bebankan  biaya masuk sekitar Rp 5.000 / hari untuk hari kerja dan Rp 7.500 / hari untuk hari libur.

Sedangkan untuk biaya tiket arung jeram sebesar Rp 15.000 / orang, Biaya tersebut belum termasuk biaya jasa operator serta biaya sewa peralatan arung jeram Seperti perahu dan yang lainnya.

Di kawasan ini selain terdapat wisata arung jeram juga para wisatawan bisa melakukan aktifitas berkemah, tracking, serta melakukan pengamatan kehidupan liar yang berada di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

Di tempat wisata arung jeram ini mempunyai peraturan dan ketentuan diantaranya:

  • Membayar karcis PNBP
  • Didampingi oleh operator arung jeram
  • Memperhatikan dan mengikuti instruksi saat sesi briefing sebelum melakukan aktivitas arung jeram
  • Tidak boleh membuang sampah di sungai
  • Tidak boleh mengambil tumbuhan serta satwa liar yang berada di dalam kawasan serta memakai peralatan  arung jeram yang sesuai standar dan prosedur yang ditetapkan
  • Memastikan semua alat keselamatan yang digunakan seperti pelampung helm dan dayung dalam kondisi yang baik yang terpasang dengan benar di tubuh kita
  • Menghormati adat istiadat serta budaya masyarakat lokal

Lokasi wisata ini terbuka sepanjang tahun, namun harap berhati – hati apabila pada waktu musim hujan karena sering terjadi banjir yang terjadi di sungai Belaban Ella ini.

Wisata Air Panas Sepan Apoy

aliran sungai gunung bukit raya
Sumber Gambar : ar_aji98 (instagram)

Selain wisata arung jeram di kawasan Gunung Bukit Raya Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ini juga terdapat pesona wisata air lainnya yaitu sumber air panas Sepan Apoy.

Air panas Sepan Apoy terletak di Desa Batu Panahan, Kecamatan Marikit, Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah.

Sumber air panas ini terletak di koordinat S 00° 50′ 32.9″, E 112° 32′ 28.3″.
Sumber air panas Sepan Apoy yang menurut kepercayaan warga sekitar  airnya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Selain untuk menyembuhkan penyakit air panas ini juga sebagai tempat memohon atau Memuja. Fenomena ini masih di percaya oleh masyarakat Katingan, Masyrakatnya banyak yang  masih mempercayai hal – hal yang bersifat sakral seperti tempat keramat.

Salah satunya ialah sumber air panas ini yang dijadikan tempat keramat oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Sumber air panas Sepan Apoy ini sehingga banyak masyarakat dan petinggi yang datang ke tempat ini untuk melakukan ritual.

Di tempat ini juga orang-orang yang berada di sekitar Sumber  Air Panas ini mempercayai bahwa batu –  batu yang berada tempat ini bisa digunakan untuk penglaris dalam berdagang.

Sumber air panas ini juga dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat meminta berkah kehidupan di masyarakat Katingan, sudah lama masyarakat minta berkah yang  biasanya dilakukan di tempat-tempat yang dianggap keramat, salah satunya yang dijadikan tempat untuk meminta berkah adalah Sumber Air Panas Sepan Apoy ini.

Wisata Budaya

Suku Dayak Gunung Bukit Raya
Sumber Gambar : wahyu_n_ (instagram)

Setelah kita puas menikmati wisata air maka di Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka ini juga terdapat wisata budaya.
Para wisatawan yang datang berkunjung kalimantan terutama Kalimantan Barat terdapat budaya yang di lakukan oleh masyarakat suku Dayak yang biasa dinamakan dengan Gawai Dayak.

Gawai Dayak merupakan perayaan yang dilakukan dalam rangka merayakan atau mensyukuri atas hasil panen yang melimpah.

Dalam perayaan gawai ini, suku Dayak sekaligus berdoa supaya hasil panen selanjutnya bisa tumbuh dengan baik dan terhindar dari serangan hama, dalam upacara ini juga suku Dayak memohon kepada Yang Maha Kuasa untuk menghindarkan dari hal yang tidak baik yang dapat memunculkan marabahaya.

Gawai Dayak dilakukan oleh suku Dayak yang tinggal di Kota Pontianak Kalimantan Barat, gawai ini biasanya dilakukan pada bulan Mei atau awal Juni tiap tahunnya.

Dalam gawai ini ada beberapa adat istiadat yang harus dilakukan seperti Ngampar Bide atau penggelaran tikar terlebih dahulu, upacara ini sendiri harus di hadiri oleh tokoh suku Dayak, karena para tokoh inilah yang nantinya akan bertanggung jawab selama upacara perayaan berlangsung dengan tujuan agar perayaan Gawai Dayak berjalan dengan lancar, aman serta tidak terjadi gangguan apapun.

Perayaan Gawai Dayak ini biasanya dilakukan di rumah Betang yaitu rumah panjang yang merupakan rumah khas suku Dayak, dalam melakukan ini semua suku Dayak yang berasal dari berbagai daerah di gabung menjadi satu.

Setelah upacara serta ritual selesai maka suku Dayak beserta masyarakat yang terlibat di dalamnya yang juga memakai atribut Dayak akan melakukan pawai bersama-sama. Dengan mengelilingi pusat kota dengan berjalan kaki.

pawai gawai dayak Gunung nukit raya
Sumber Gambar : noel_said_what (instagram)

Selama dalam perjalanan mengelilingi pusat kota, musik tradisional Dayak akan dimainkan serta diiringi oleh penari yang mengiringi para tokoh Dayak.

Selain itu juga ada beberapa tokoh Dayak mempertontonkan kebolehannya yaitu membuktikan bahwa mereka mempunyai ilmu kekebalan tubuh, yang tidak mempan oleh senjata tajam.

kebal sajam gunung bukit raya
Sumber Gambar : sweetpotatoshoots (instagram)

Dalam perayaan gawai ini juga terdapat  perlombaan Bujang dan Dara yang diikuti oleh pemuda dan pemudi yang memiliki keturunan darah Dayak.

Perlombaan ini memiliki kemiripan dengan pemilihan pemuda pemudi yang di gelar di beberapa daerah di Indonesia seperti  Abang None di Jakarta, dan masih banyak lagi daerah – daerah yang menyelanggarakan perlombaan serupa, perlombaan ini  mencakup beberapa materi yang dilombakan seperti mengasah pengetahuan umum, bahasa , serta kreativitas para peserta lomba.

Bujang dara gawai dayak gunung bukit raya
Sumber Gambar : yowendyyy (instagram)

Ada juga lomba menangkap hewan Babi, permaianan tradisional ini melibatkan seekor babi yang di tempatkan di tengah lapangan, dan para peserta lomba dapat menangkap babi tersebut dalam waktu yang telah di tentukan oleh panitia sebelumnya.

Gawai Dayak ini biasanya berlangsung selama seminggu dengan menyuguhkan berbagai hiburan yang menarik, yang masih bersangkutan dengan kebudayaan Suku Dayak. Acara ini biasanya diadakan dirumah panjang atau rumah Betang yaitu rumah adat Suku Dayak.

Rumah betang Gunung bukit raya
Sumber Gambar : novieleeya (instagram)

Itulah beberapa wisata atau tempat wisata yang terdapat Gunung Bukit Raya yang masuk ke kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya yang berada di Pulau Kalimantan khususnya Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Jadi untuk kalian yang belum pernah mengunjungi atau melihat keanekaragaman budaya wajib meluangkan waktu untuk datang melihat langsung kekayaan alam serta keanekaragaman budaya yang terdapat di pulau Kalimantan utamanya sekitar kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×