BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

2 Jalur Pendakian Gunung Sindoro Sumbing

2 Jalur Pendakian Gunung Sindoro Sumbing Yang Perlu Diketahui oleh Para Pendaki

0 203

 

Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : siwan_project (instagram)

2 Jalur Tersebut Diantaranya

Gunung Sindoro Sumbing adalah Gunung Vulkanik yang masih aktif yang terletak di antara Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah.

Gunung Sindoro ini berdekatan dengan Gunung Sumbing sehingga sering juga disebut sebagai Gunung kembar oleh penduduk sekitar.

Gunung Sindoro yang tingginya mencapai 3.136 mdpl yang merupakan Gunung tertinggi ke 3 di pulau jawa ini begitu mempesona.

Sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung ke sini baik itu wisatawan lokal maupun yang datang dari luar daerah.

Bahkan dari luar jawa yang ingin menikmati indahnya pemandangan Gunung Sindoro Sumbing. Akses yang mudah menjadi daya tarik wisatawan.

Jalur Kledung

Jalur Kledung Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : iiandn (instagram)

Jalur yang pertama yang bisa dilewati para pendaki untuk sampai puncak Gunung Sindoro Sumbing yaitu Jalur Kledung, jalur ini adalah jalur yang umum digunakan oleh pendaki.

Jalur ini terletak di Desa Kledung  kabupaten Temanggung Jawa Tengah, tepatnya bersebelahan dengan kantor desa Kledung.

Pada pendakian yang akan menuju puncak Gunung Sindoro Sumbing yang melewati Base Camp Kledung kamu akan menemui banyak variasi trek.

Trek yang akan kamu lalui yang pertama adalah, trek berbatu yang tersusun rapi dan kamu akan melewati perkampungan penduduk, ladang sayuran, hingga akhirnya tiba di kebun tembakau yang luas milik warga setempat.

kebun tembakau kledung Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : ridlopamuji (instagram)

Ada alternative apabila kamu mendaki melalui via Kledung, selain bisa berjalan menuju pos 1, kamu juga bisa menaiki ojek yang mangkal di basecamp kledung, namun kamu akan menambah biaya tambahan untuk bisa menggunakan fasilitas tersebut.

Apabila kamu memilih untuk berjalan kaki maka kamu akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan.

Kledung Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : lutvi_ikopriyatna (instagram)

Kemudian setelah melewati lahan pertanian milik penduduk dengan berbatasan dengan hutan, maka pendaki akan sampai di Watu Gede pada ketinggian 1.900 m dpl.

Perjalanan dilanjutkan dengan rute masih yang landai dan belum terlalu berat, berupa tanah padat yang makin lama makin menanjak.

Namun masih bisa dibilang masih belum menantang bagi para pendaki. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga perjalanan sampai di pos 2 di ketinggian 2,120 m dpl.

pos 2 kledung Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : maya_id (instagram)

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju pos 3, di Pos ini para pendaki akan mendaki dengan trek atau jalur yang menanjak dan berupa tanah padat bercampur bebatuan.

Bagi pendaki pemula dan yang baru mendaki di kawasan ini, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan dan membutuhkan tenaga yang banyak, setelah pendaki mendekati pos 3 trek yang akan dilewati akan semakin menanjak.

pos 3 kledung Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : adit_yaaa10 (instagram)

Dengan trek berupa bebatuan besar, sekitar 3 jam waktu yang dibutuhkan para pendaki untuk sampai di pos 3 yang memiliki ketinggian sekitar 2.530 m dpl ini.

pos 3 via kledung Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : dakonpaijo (instagram)

Di pos 3 ini para pendaki biasanya mendirikan tenda untuk beristirahat, area yang luas dan dekelilingi pepohonan menjadi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda. Ada juga area yang bernama Sunrise Camp.

sunrise camp Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : luludamaraa (instagram)

Area ini dipilih oleh pendaki untuk bisa melihat sinar mentari langsung  dari dalam tenda, selain itu pendaki juga bisa melihat pemandangan langsung, pemandangan alam berupa Gunung Sumbing, Merbabu Dan Gunung Merapi sekaligus.

Namun disarankan bagi Para pendaki untuk tidak mendirikan tenda di Sunrise Camp, dikarenakan apabila cuaca buruk, tenda yang didirikan menjadi tidak stabil, disebabkan disini areanya yang luas serta tidak adanya pepohonan yang menjadi pelindung tenda para pendaki.

Setelah beristirahat di pos 3, perjalanan kembali dilanjutkan menuju puncak, perjalanan menuju puncak atau summit akan semakin menantang, dengan melalui Hutan Lamtoro dan Batu Tatah.

Jalur pos 4 kledung Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : rmardliyyah (instagram)

Batu Tatah ini merupakan area yang luas yang di tandai dengan adanya begitu banyak, batu besar–besar. Medan tersebut tentu akan mebuat tenaga para pendaki banyak yang terkuras.

Namun dengan kondisi trek yang terbuka, maka para pendaki masih bisa menikmati pemandangan alam pegunungan tanpa ada penghalang.

batu tatah Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : rudi_isnanto (instagram)

Setelah keluar dari batu tatah ini pendaki, akan bertemu dengan padang sabana yang banyak ditumbuhi bunga edelweiss.

edelweis kledung gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : ramdan_syahril (instagram)

Padang Sabana ini menjadi bonus bagi para pendaki, yang sekaligus menandakan bahwa perjalananmu menuju puncak Sindoro akan semakin dekat.

Puncak Gunung Sindoro merupakan dataran yang letaknya dibibir kawah. Kawah ini disebut juga kawah Jolotundo, kawah yang masih aktif serta mengeluarkan Gas Sulfutura ( belerang ).

puncak gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : tatarrobinhot ( instagram)

Uniknya terdapat 2 danau kecil berisi air jernih dikawah mati, tersebut di kalangan pendaki telaga ini disebut sebagai telaga ajaib. Ajaib karena air yang ada di telaga ini hanya muncul pada waktu hujan turun saja.

Apabila para pendaki dan pecinta alam ingin melakukan perjalanan pendakian bisa langsung menghubungi kontak person di alamat :

Grasindo Sindoro

Jl. Raya parakan – Wonosobo km 12, Kledung Temanggung Jawa Tengah

telp : 0857 2948 0989 / 0852 9278 1090

Jalur Sikatok Desa sigedang,Tambi

kebunteh sigedang Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : adijanitra (instagram)

Jalur ini merupakan jalur tercepat untuk menuju puncak Gunung Sindoro Sumbing. Jalur ini akan melewati kebun teh yang sangat luas.

Perjalanan dari basecamp yang akan menuju pintu masuk kebun teh Sikatok ini sudah ber aspal, kita bisa menaiki ojek atau berjalan kaki.

Perjalan ini membutuhkan waktu sektar 20 menit dan akan sampai di pertigaan kebun teh Sikatok jalur ini merupakan jalur yang akan menuju ke puncak Gunung  Sindoro Sumbing.

Dari pertigaan ini yang akan meuju pos 1 dapat dilalui denga jarak tempuh sekitar 20 menitan dengan dengan  menyusuri jalan setapak di tengah kebun teh. Pos 1 merupakan Pondok teh yang letaknya dipinggir jalan makadam atau berbatu.

dari pos 1 dilanjutkan menuju pos 2 atau bisa disebut Gardu Pandang ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit dengan berjalan menyusuri jalan setapak yang masih ada ditengah kebun teh.

Setelah sampai di pos 2 maka para pendaki bisa melanjutkan perjalanannya menuju pos 3. Pos 3 merupakan batas dari kebun teh dan ilalang.

Dari sini trek yang dilalui adalah medan yang terbuka dan cenderung menanjak selama 3 jam, kemudian pendaki akan tiba di tebing  Jeblugan Alit atau yang lebih dikenal sebagai Watu Susu.

watu susu Gunung sindoro Sumbing
Sumber Gambar : biansupriono (instagram)

Dari Watu Susu perjalanan dilanjutkan menuju ke Alun–Alun atau Sabana dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Alun–Alun ini merupakan padang rumput, yang biasanya diperuntukkan bagi para pendaki untuk camp atau mendirikan tenda.

Perjalanan  dilanjutkan dari Sabana menuju Pasar Setan, waktu tempuh hanya dibutuhkan para pendaki hanya sekitar 10 menit saja. Tidak Jauh dari pasar setan terdapat sebuah makam, makam tersebut adalah makam Jogo Negoro.

sabana Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : jefryberahim (instagram)

Dari pasar setan, menuju puncak Gunung Sindoro Sumbing di butuhkan waktu sekitar 20 menit dengan trek yang berbatu dan menanjak.

Dari kejauhan kita dapat melihat beberapa Gunung, seperti halnya Gunung Sumbing yang sangat dekat letaknya.

Selain itu juga, para pendaki juga bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu serta terlihat juga Gunung Slamet walau terlihat samar–samar.

Perjalan dari Sigedang sampai Puncak Sindoro membutuhkan waktu sekitar 6–7  jam, dan waktu menuruni bukit sekitar 3–4 jam.

Bagi pendaki pemula, pastikan membawa perbekalan standar pendakian seperti pakaian hangat, dikarenakan suhu udara di pagi hari bisa mencapai 2oC.

Dan di sepanjang perjalanan pendaki tidak akan menemukan sumber air, maka dari itu bagi para pendaki disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dari bawah.

Kontak person jalur via Sikatok

Pak Amin

Telp : 0812 2796 7705

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×