BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

2 Jalur Menuju Gunung Ijen

2 jalur Menuju Gunung Ijen yang Perlu di Ketahui

0 183

 

Jalur Kawah Ijen Gunung Ijen
Sumber Gambar : gigih_ardhinata (instagram)

 Rute Pendakian Gunung Ijen adalah Sebagai Berikut

Gunung Ijen merupakan gunung berapi vulkanik yang mempunyai ketinggian 2.443 mdpl. Untuk bisa mencapai lokasi Gunung ijen dari desa terdekat, harus melewati jalur atau pun trek yang panjang nya kurang lebih 3 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Rute yang bisa diambil yaitu melalui 2 Kabupaten Yaitu dari Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Rute dari Kabupaten Banyuwangi

Jalur dan Akses menuju Gunung Ijen dari kabupaten Banyuwangi dapat di tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan motor maupun mobil, karena jarak tempuh yang relative pendek sekitar 35 km saja dari kota Banyuwangi.

Jalur yang nyaman sehingga jalur ini sering dilewati oleh para pendaki maupun wisatawan yang datang bukan hanya dari Banyuwangi tetapi juga dari Pulau Bali.

Daerah yang di tuju yakni Daerah Licin, setelah sampai Licin perjalan dilanjutkan menuju Paltuding, jarak yang dibutuhkan dari Licin ke Paltuding sekitar 18 km.

Jalurnya masih bisa dilewati menggunakan kendaraan bermotor, namun tidak semua jenis kendaraan bisa melewati jalur ini hanya kendaraan jenis  Jeep double garden saja yang mampu melewati Jalur ini.

Pada kilometer 12 terdapat tanjakan yang dinamakan tanjakan erek – erek. Tanjakan tersebut cukup ekstrim dikarenakan selain menanjak juga menikung seperti membentuk huruf S .

Karena medan yang cukup sulit dari daerah Licin menuju ke Paltuding ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Dalam perjalanan dari Licin ke Paltuding kalian akan berpapasan dengan truk – truk pengangkut Belerang , yang berasal dari Gunung Ijen, karena hal ini pula lah yang mempengaruhi jalan menjadi rusak.

Pengangkut Belerang Gunung Ijen
Sumber Gambar : hadyspencer (instagram)

Dari Paltuding bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera yang total jaraknya sekitar 3 km menuju puncak Ijen.

Rute Dari Kabupaten Bondowoso

Rute terbaik menuju Gunung Ijen melalui Bondowoso yakni melalui daerah Wonosari terus ke daerah Sempol,

Dari Sempol perjalanan dilanjutkan ke daerah Paltuding. Untuk menuju ke Paltuding rute yang di lalui tidak sesulit apabila kita melalui rute yang dari Banyuwangi, karena jalan yang di lalui cukup lebar dan mulus.

Sehingga untuk sampai ke Paltuding dapat menggunakan semua jenis kendaraan baik kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4.

Namun jarak yang ditempuh dari Bondowoso ke Paltuding lumayan jauh yakni sekitar 93 km, namun demikian mengingat jalan yang dilalui sangat bagus, lama perjalanan sekitar 2,5 jam saja.

Sepanjang rute yang dilalui ke Paltuding kalian akan disuguhkan pemandangan alam yang mempesona yakni perkebunan kopi dan hutan pinus.

Karena rute yang dilalui melalui perkebunan kopi arabika, maka jangan kaget apabila rute ini memiliki 3 pintu gerbang yang berbeda.

Setiap pintu gerbang kalian akan diminta untuk mengisi buku tamu dan tujuan perjalanan yang akan kamu lakukan. Selain itu Hutan Pinus ini termasuk kedalam wilayah Cagar Alam Ijen.

Setelah samapi di Pos Paltuding dan sebelum naik ke Puncak Gunung Ijen kalian akan membayar retribusi sebiser Rp. 5.000 di hari biasa dan Rp. 7.500 untuk Akhir pekan. Sedangkan untuk Wisatawan Manca Negara sebesar Rp.100.000 pada hari biasa dan Rp. 150.000 pada akhir pekan.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Bondowoso dan Banyuwangi, bisa dengan transportasi umum dari Surabaya maupun dari kota – kota lainnya. jarak tempuh dari Surabaya menuju Kabupaten Bondowoso maupun Kabupaten Banyuwangi berkisar 200 km.

Jalur menuju Kawah Ijen atau Puncak Gunung Ijen

 

Pendakian Gunung Ijen
Sumber Gambar : richochiro (instagram)

Dari mulai titik awal pendakian yaitu di pos Paltuding kalian harus  menyiapkan kondisi yang benar – benar fit, karena kamu akan melawati jalan stapak serta tebing kaldera. Jarak dari Paltuding menuju puncak sekitar 3 km dan dapat ditempuh selama 2,5 – 3 jam perjalanan.

jalan kaki Gunung ijen
Sumber Gambar : mbotfc13 (instagram)

Biasanya para pendaki dalam melakukan pendakian dimulai pada malam hari, dengan tujuan utama adalah bisa melihat fenomena Api Biru ( Blue Fire ) di kawah Ijen.

Api Biru Gunung Ijen
Sumber Gambar : mukmanapendi24gmail.com4926 (instagram)

Karena waktu terbaik menyaksikan Blue Fire  adalah dini hari sampai pukul 05.00 pagi Wib. Selain itu kalian juga bisa menyaksikanfenomena alam yang menyuguhkan terbitnya mentari pagi.

Pagi Hari Gunung Ijen
Sumber Gambar : tura.asia (instagram)

Sinar mentari yang menyinari kawah ijen akan memperlihatkan pesona yang menakjubkan, yakni warna air danau Biru tosca, akan mempercantik danau terbesar di dunia tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×