BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Terdapat 10 Tempat Wisata

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berada di Jawa Timur

0 185

Semeru terdapat banyak spot bagus untuk berfoto. Memberikan nuansa dan pesona alam bagi wisatawan yang bisa anda kunjungi saat berlibur di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Jika anda penasaran dengan tempat wisata yang ada diTaman Nasional Tengger Semeru ini, berikut ulasannya:

1. Kawah yang ada digunung Bromo

kawah bromo yang ada di TNBTS
source image : pixabay.com

Kawah ini memiliki garis ±600 meter ( timur-barat) dan ±800 meter (utara-selatan). Kawah gunung bromo ini mempunyai daerah bahayanya berupa lingkaran  dengan jari-jari 4 kmdari pusat kawah Bromo.

Gunung Bromo terletak berdekatan dengan gunung batok yang berada ditengah lautan pasir. Kawah Bromo ini statusnya masih aktif  dan selalu mengeluarkan kepulan asap, sehingga tampak terlihat jelas jika dilihat dari atas puncak gunung penanjakan.

Jika ingin mencapai kawah Bromo anda dapat memulainya setelah melihat matahari terbit dari  puncak Penanjakan atau juga bisa memulainya dari desa Cemoro Lawang.

Dari sini anda dapat menyaksikan fenomena gunung vulkanik yang masih aktif. Dan dari sini pula anda bisa menyaksikan kemegahan Gunung Semeru setinggi 3.676 dan hamparan lautan pasir yang sangat luas.

Tempat ini salah satu yang wajib anda kunjungi yang ada diTaman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dikarenakan di Gunung Bromo ini anda bisa menyaksikan secara langsung aktifitas kawah Bromo yang masih aktif.

Jika ingin berlibur tidak ada salahnya merencanakan liburan yang ada di Jawa Timur.

2. Wisata Gunung bromo

gunung bromo dengan pemandangannya
source image : pixabay.com

Gunung Bromo mempunyai tinggi 2.329 mdpl di Jawa Timur Indonesia lebih tepatnya berada di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo ini berkaitan dengan lembah, ngarai, caldera dan lautan pasir mempunyai luas sekitar 10 km.

Suku Tengger mempercayai bahwa Gunung Bromo sebagai Gunung Suci sehingga setiap tahunnya mengadakan upacara Yadnya Kasada.

Ritual ini adalah upacara adat umat Hindu. Tempat yang digunakan untuk mengadakan upacara ini disebuah pura yang bernama Pura Luhur Poten tepatnya berada dikaki Gunung Bromo anda juga bisa menikmati sunrise.

3. Lautan pasir yang ada di Bromo

lautan pasir gunung bromo
sumber gambar : pixabay.com

Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru , lautan pasir memberi nilai tersendiri, dikarenakan dengan adanya ini menjadikan satu-satunya Taman Nasional di Indonesia yang mempunyai lautan pasir.

Lautan pasir ini terbentuk ada dua yang saling berhimpitan saat terjadi letusan kecil, menyebabkan materi vulkanik terlempar ke arah tenggara membentuk lembah besar dan kaldera.

Karena dalamnya kaldera , maka materi vulkanik menumpuk didalam dan sekarang menjadi lautan pasir.

Luas lautan pasir Bromo mencapai 5,920 hektar mengelilingi Gunung Batok, Gunung Bromo, Gunung Widodaren, Gunung Watangan dan Gunung Kursi, yang berada pada ketinggian 2100 mdpl.

Pasirini mempunyai struktur yang sangat halus, tidak banyak tumbuhan yang tumbuh, berwarna hitam.

Tempat ini mempunyai kecantikan dengan adanya dinding berupa tebing yang berjajar melingkari dan dengan ketinggian 200-600meter, kemiringan dinding 60-80 derajat.

4. Melihat matahari terbit di Bukit Penanjakan

matahari terbenam disore hari
sumber gambar : pixabay.com

Bukit tertinggi yang berada di sisi utara gunung Bromo yang bisa disebut bukit Pananjakan tempat pantau aktivitas Gunung Bromo.

Lokasi ini sangat strategis untuk menyaksikan pesona keindahan alam Gunung bromo “Sighview” atau “The Famous Sunrise” .

Untuk menempuh jarak menuju Bukit Penanjakan bukanlah hal yang mudah. Perlu dibutuhkan keberanian dan perjuangan dikarenakan mencapai tempat ini biasanya lebih baik dilakukan saat dini hari dengan kondisi jalan yang terjal dan melewati lautan pasir.

Setidaknya anda harus sudah sampai pada pukul 04.00 pagi , mencari tempat strategis agar bisa menyaksikan fenomena alam The Famous Sunrise Gunung Bromo.

Setelah menyaksikan The Famous Sunrise Anda akan disuguhkan dengan “The Sea of Sand” tempat yang sangat menakjubkan, terlihat sangat eksotis yang ditutupi awan putih.

5. Air terjun yang bernama Madakaripura

air terjun madakaripura
sumber gambar : jelajahnesia.com

Air terjun Madakaripura terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia, mempunyai ketinggian 200 meter.

Lokasi air terjun ini berada di lereng gunung Bromo dan salah satu wisata air terjun dikawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Lebih tepatnya berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam. Air terjun ini berada di ketinggian 1.000 Mdpl, Madakaripura mempunyai arti, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.

Air Terjun Madakaripura juga mempunyai kata lain yang disebut Air Terjun Abadi. Dikarenakan debit air terjun ini tidak pernah berkurang dan air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah.

6. Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranukumbolo
sumber gambar : pixabay.com

Danau ini terletak di ketinggian kurang lebih 2.400 mdpl, dengan suhu udara yang sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Tempat ini sangat direkomendasikan disaat musim liburan karena banyak pendaki ataupun wisatawanyang sengaja datang hanya untuk bercamping dan menghabiskan waktu liburan ditempat ini.

Keindahan yang ada pada danu ranu kumbolo ini tiada duanya. Danau ini sangat memanjakan mata dengan keeksotisan dengan wujud danau.

Pada sore hari kita bisa menyaksikan momen sunset yang muncul diantara puncak dua gunung dari lokasi danau.

Jika anda hobi berfoto , maka tempat ini menjadi spot foto yang tepat karena tempat ini disebut sebagai tempat surga.

7. Danau Ranu Pani

danau ranu pani gunung bromo
sumber gambar : lumajangsatu.com

Ranu pani merupakan tempat yang dijadikan pos terakhir untuk para pendaki ketika menuju puncak Mahameru.

Lokasi danau Ranu Pani ini berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Danau ini sangatlah indah dan adanya danau vulkanik serta keramahan masyarakat Suku Tengger, menjadikan desa ini sebagai daya tarik mereka yang senang berpetualangan dialam terbuka.

Suku ini merupakan keturunan asli masyarakat Jawa yang hidup di era Kerajaan Majapahit.

Desa yang berada di lereng gunung semeru ini selalu dalam keadaan aman meskipun di Gunung Semeru sering terjadi aktivitas vulkanik.

Biasanya saat aktivitas vulkanik terjadi, debu hasil vulkanik umumnya menyembur ke arah timur laut, berbeda dengan lokasi desa ini yang berada di utaranya.

Begitu juga dengan lahar dingin yang muncul dari aktivitas vulkanik, biasanya mengalir ke arah timur.

8.Padang Rumput Savana yang ada di Bromo

Belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat ini, Padang Rumput Savana ini merupakan wisata yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Lokasi tempat ini berada disebelah selatan Gunung Bromo yang ada sebuah lembah hijau dikelilingi oleh tebing tinggi dan beberapa gunung kecil. Padang Rumput Savana ini merupakan sebuah taman yang alami.

Sebutan lain dari Padang Rumput Savana Bromo ini bisa disebut sebagai nama Lembah Jemplang oleh masyarakat Suku Tengger.

Lokasi ini merupakan tempat yang sangat luas dengan bukit-bukit hijau yang akan membuat pengunjung merasakan nyaman dan tenang jika berada ditempat yang indah ini.

9.Mendaki ke Gunung Semeru

pendakian gunung semeru
sumber gambar : pixabay.com

Gunung ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal bagi pengunjung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung ini mempunyai ketinggian 3.676 mdpl yang merupakan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa yang terletak, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Dari gunung anda dapat menyaksikan keanekaragaman keindahan flora dan fauna Bunga Edelwis Putih dan berbagai jenis tumbuhan lainnya, serta hewan berbagai macam seperti Kumbang, Luwak, Kijang, Kancil dan Burung Belibis yang hidup secara liar.

Cuaca yang ada di gunung Semeru ini 0-4 derajat celcius . Dan secara umum iklim di wilayah gunung ini termasuk type iklim B.

Ditempat ini suhu rata-rata berkisar antara 3° C – 8° C pada malam dan dini hari, untuk suhu disiang hari bisa mencapai berkisar antara 15° C – 21° C.

Rute perjalanan yang ada di gunung Semeru ini termasuk dingin dikarenakan oleh udara diam tetapi didukung oleh kencangnya angin yang berhembus ke daerah ini menyebabkan udara semakin dingin.

10. Pasir Berbisik

pasir berbisik gunung bromo
sumber gambar : pixabay.com

Tempat ini spot  yang sangat menarik di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang lokasi ini berada disebelah timur Kawah Gunung Bromo dengan ketinggian 2000 mdpl.

Ada sebuah film yang berjudul pasir berbisik karya Garin Nugroho yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat syuting, itu sebabnya tempat ini diberikan julukan sebagai Pasir berbisik.

Disebut sebagai pasir berbisik dikarenakan tempat ini jika angin sedang bertiup kencang deru dan angin akan membawa butiran-butiran pasir yang menyebakan bagaikan sedang membisikan sesuatu.

Dan suara bisikan ini akan terdengar jelas ketika memasuki musim kemarau, menjadikan padang pasir ini menjadi kering.

Pesona yang ada di pasir berbisik ini sangatlah indah, jika berada di Bromo pengunjung bisa menyewa jeep dan bisa meminta supir untuk mengantarkan kelokasi tersebut.

Jika ingin banyak pengalaman menarik, lakukan petualangan ini di waktu pagi hari, agar bisa menikmati semua Objek Wisata Bromo secara maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×