BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

3 Hal Wajib Di Ketahui Tentang Air Terjun Kakek Bodo Yang Begitu Super Eksotis

Wisata Air Terjun Kakek Bodo

627
air terjun kakek bodo yang memukau
sumber gambar : @idi.mension.orks (instagram)

Air Terjun Kakek Bodo terletak di Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Lokasi tersebut masih termasuk kawasan wisata Tretes. Tretes merupakan nama suatu daerah yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya.

Tretes sendiri hampir mirip dengan wisata Puncak yang ada di kota Bogor. Dengan udara yang sangat sejuk, pepohonan yang rimbun membuat suasana hati menjadi tenang. Tretes terletak di kaki dan lereng Gunung Arjuno-Welirang.

Wisata Alam Air Terjun Kakek Bodo

air terjun kakek bodo yang eksotis
sumber gambar : hikari_sakura_tekunei (instagram)

Kembali ke topik pembahasan, Air Terjun Kakek Bodo ini sangat populer di kalangan wisatawan terutama masyarakat yang tinggal di kota Surabaya.

Biasanya warga kota Surabaya sering menghabiskan waktu berlibur dengan menikmati keindahan alam, dan Air Terjun Kakek Bodo yang selalu jadi destinasi favorite.

Air Terjun Kakek Bodo yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Surabaya. Jika anda memulai perjalanan menuju Air Terjun Kakek Bodo dengan titik awal di Surabaya, hanya memerlukan waktu tempuh sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan.

Air Terjun Kakek Bodo memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air Terjun Kakek Bodo berada ketinggian 850 meter di atas permukaan laut.

Wisata ini karena sudah di kelola oleh pemerintah membuat kawasan wisata menjadi terawat dan penataan nya sudah sangat rapih. Selain itu fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai.

Wisata ini akan menampakan keindahannya dari awal masuk gapura hingga titik sampai Air Terjun Kakek Bodo.

Air terjun ini terletak di tengah hutan dan di kelilingi oleh bukit-bukit pegunungan. Saat perjalanan menuju air terjun, para pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan hijau, rimbunnya pepohonan.

Suasana tersebut membuat para wisatawan semakin nyaman berada di kawasan itu, dengan udara yang sejuk dan teduh.

Saat menelusuri jalan arah ke air terjun, anda akan menemukan sebuah sungai. Sungai tersebut bernama Sungai Kaligetik.

Di bawah aliran air terjun tersebut terdapat kolam dengan berbagai macam kedalaman air dari mulai 1 meter hingga 5 meter.

Terdapat banyak aktivitas yang bisa di lakukan di kawasan wisata ini seperti berenang, bermain dengan air, maupun berfoto.

Kawasan ini juga menyediakan obyek wisata yang sangat cocok untuk berselfie yaitu adanya taman. Wisata Air Terjun Kakek Bodo di gemari berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua. Tempat ini sangat untuk menghabiskan waktu berlibur dengan keluarga maupun pasangan.

Wisata memiliki ke unikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung yaitu memiliki 3 pintu masuk sekaligus.

Mana sajakah pintu tersebut ? Pintu pertama berada di Candi Jawi, sedangkan pintu ke dua berada di Taman Safari ll Prigen. Dan pintu ke tiga atau pintu terakhir terletak di belakang Hotel Surya.

Pintu Masuk Wisata Air Terjun Kakek Bodo

jalur menuju wisata air terjun kakek bodo
sumber gambar : @idi.mension.orks (instagram)

Air Terjun Kakek Bodo terdapat 3 pintu masuk, namun diantara ketiga pintu tersebut yang paling di minati oleh para wisatawan yaitu pintu masuk yang pertama.

Pintu masuk pertama merupakan tempat terbaik, karena kawasan ini adalah jalan tembus yang sudah di bangun secara rapih supaya para wisatawan tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga.

Pintu masuk kedua sepi oleh pengunjung karena para wisatawan lebih sering melewati pintu masuk yang pertama.

Sedangkan pintu masuk ketiga merupakan jalur pendakian menuju Gunung Arjuna. Pintu masuk ke tiga memang lebih jauh namun pemandangan yang ada di jalur ini justru semakin indah dengan panorama pepohonan yang rimbun dan juga hijaunya tumbuhan yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Karena jalur ini merupakan jalur pendakian, jika anda ingin menuju Air Terjun Kakek Bodo melalui jalur ini, maka anda akan menemukan area terbuka yang biasa para pendaki melakukan camping dan mendirikan tenda.

Tempat ini menjadi tempat peristirahatan para pendaki dengan mengunjungi Air Terjun Kakek Bodo sebelum melanjutkan perjalanan.

Asal Mula Penamaan Air Terjun Kakek Bodo

makam kakek bodo yang berada di air terjun kakek bodo
sumber gambar : keluaryuk.xyz (instagram)

Menurut cerita rakyat sekitar yang mengatakan bahwa Air Terjun Kakek Bodo menyimpan sebuah kisah seorang kakek yang bertapa.

Pada zaman dahulu terdapat air terjun berada di tengah hutan ini menjadi tempat bersemedinya seorang kakek yang telah mengabdi pada keluarga kaya raya.

Kakek tersebut melakukan semedi hanya karena ingin meninggalkan segala hal tentang duniawi. Keluarga kaya yang berasal dari Belanda, keluarga yang dulu nya di abdi oleh kakek itu akhirnya memanggil namanya dengan sebutan “Kakek Bodoh”.

Itu lah asal mulanya penamaan dari Air Terjun Kakek Bodo. Setelah kakek itu berhasil bersemedi di kawasan air terjun membuatnya menjadi memiliki kesaktian yang mampu menolong banyak warga yang membutuhkan pertolongannya.

Untuk mengingat sejarah mengenai seorang kakek tersebut. Di kawasan air terjun hingga kini terdapat makam Kakek Bodo itu sendiri.

Bentuk dari bangunan makam Kakek Bodo memiliki bentuk seperti rumah pada umumnya, hanya saja yang membedakannya adalah atapnya yang berbentuk limas.

Makam ini di keramatkan oleh warga sekitar. Tidak sembarangan para wisatawan yang dapat berkunjung ke area makam ini.

×