BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Alasan Wisata Alam Tulungagung Yang Super Top Instagramable

Wisata alam Tulungagung

0 339
cover wisata alam tulungagung yang memukau
sumber gambar : @wu_whil (instagram)

Indonesia terkenal dengan berbagai macam keindahan alam, budaya dan juga sejarahnya. Keindahan alam yang ada di Indonesia sudah tidak diragukan lagi.

Keindahan alam yang akan membuat anda nyaman berada di tempat wisata alam. Salah satu daerah yang memberikan keindahan alam tersebut adalah Kabupaten Tulungagung yang terletak di Provinsi Jawa Timur.

Letaknya yang berjarak sekitar 154 km barat data Kota Surabaya. Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Tulungagung populer dengan penghasil marmer terbesar yang ada di Indonesia. Selain itu Kabupaten Tulungagung menyimpan keindahan pesona alam yang memikat hati.

Terdapat wisata alam Tulungagung yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Banyak tempat wisata alam Tulungagung yang tersembunyi.

Tulungagung memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia.

Kabupaten Tulungagung sangat cocok untuk anda para wisatawan menghabiskan waktu libur panjang bersama keluarga dan pasangan.

Apa saja wisata alam Tulungagung yang memukau ? Jika anda penasaran mari simak ulasan di bawah ini.

1. Wisata Alam Tulungagung Pantai Sanggar

pantai sanggar wisata alam tulungagung
sumber [email protected] (instagram)

Pantai Sanggar merupakan salah satu wisata alam yang sangat memukau menjadi destinasi yang wajib anda kunjungi saat berada dikawasan ini.

Pantai Sanggar terletak di Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Jika anda berada di pusat kota Tulungagung dan ingin menuju Pantai Sanggar akan menempuh jarak sekitar 30 km dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Indonesia memang kaya akan garis pantai yang tersebar di beberapa pulau yang langsung berhubungan dengan samudera. Salah satunya yaitu pantai yang ada di Pulau Jawa.

Pemerintah Indonesia memanfaatkan keindahan alam pantai yang sangat membantu dalam hal sumber pemasukan bagi dunia pariwisata Indonesia.

Pantai Sanggar letaknya yang sangat terpencil membuat wisata ini diberikan julukan The Dreamland of Tulungagung.

Karakteristik pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan juga sangat bersih. Air lautnya memiliki warna biru jernih, membuat mata terasa menyegarkan.

Para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan berupa ikan-ikan hias kecil, terumbu karang serta bulu babi yang hidup di sekitar bebatuan karang yang ada di pantai ini.

Saat berada di Pantai Sanggar anda bisa menikmatinya dengan mengabadikan di dalam bidikan kamera. Anda bisa mengambil gambar dari berbagai sudut keindahan wisata alam Tulungagung.

Ombak yang ada di Pantai Sanggar terbilang cukup besar.

Pantai Sanggar merupakan salah satu gugusan pantai selatan yang populer dengan cerita mistisnya. Pantai Sanggar masih terbilang sepi oleh pengunjung.

Karena letaknya yang sangat tersembunyi. Fasilitas yang tersedia masih cukup minim, tidak terdapatnya toilet dan juga warung makan terlihat tidak ada disekitar pantai.

Untuk memasuki wisata alam Tulungagung ini anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang.

Biaya tersebut masih sangat terjangkau, anda sudah dapat merasakan ke eksotisan Pantai Sanggar.

2. Wisata Alam Tulungagung Pantai Pathok Gebang

pantai pathuk gebang wisata alam tulungagung
sumber gambar : @_kerehore_ (instagram)

Pantai Pathok Gebang yang terletak di Jengglungharjo, Area Pegunungan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai ini lebih tepatnya terletak di sebelah barat Pantai Sanggar. Pantai Pathok Gebang merupakan wisata yang penuh dengan andrenalin.

Jika anda berada di pusat Kota Tulungagung jarak tempuh menuju wisata ini sekitar 25 km. Pantai Pathok Gebang merupakan pantai yang masih sangat asri dan alami, selain itu letaknya jauh dari pemukiman warga. Hal ini membuat kawasan wisata alam Tulungagung semakin tenang.

Anda akan merasakan kenyamanan saat berada disini. Saat air laut pasang air laut yang sangat besar ombaknya akan menabrak karang.

Ombak tersebut hingga sampai ketinggian sekitar 15 sampai 20 meter. Anda akan menikmati pemandangan pasir putih yang sangat indah dan air laut yang bewarna biru jernih.

Terdapat beberapa tebing yang ada disisi kanan dan kiri pantai yang membuat daya tarik tersendiri dari Pantai Pathok Gebang.

Daya tarik dari pantai ini terlihat gugusan karang yang besar. Anda bisa berjalan diatas karang tersebut, namun sebaiknya para wisatawan tetap harus berhati-hati karena saat ombak besar menerjang bisa jadi anda akan terseret ombak.

Anda akan menemukan spot terindah yang ada di wisata alam Tulungagung Pantai Pantai Pathok Gebang. Jika anda ingin berkunjung di area wisata alam Tulungagung ini anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5.000 per orang.

Fasilitas yang ada di tempat ini sudah terbilang sangat memadai seperti fasilitas umum yaitu mushola, warung makan, dan juga toilet.

3. Wisata Alam Tulungagung Pantai Sine

pantai sine wisata alam tulungagung
sumber gambar : @pantaisinetulungagung (instagram)

Pantai Sine merupakan pantai yang menyajikan berbagai macam pesona keindahan alam yang cukup memukau.

Wisata alam Tulungagung Pantai Sine terletak di Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Jika anda berada di pusat Kota Tulungagung untuk menuju wisata ini hanya memerlukan jarak sekitar 35 km dari arah selatan.

Pantai Sine sudah menjadi incaran para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pantai Sine memiliki keindahan alam yang terbilang sangat asri dan alami, memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Wisata alam Tulungagung memiliki karakteristik tersendiri yaitu pantai teluk.

Hal ini dapat dilihat dari bagian utara Pantai Sine yang memiliki tebing. Terdapat aliran air yang sangat alami dan cukup menyegarkan mata karena kejernihan air tersebut.

Tempat tersebut ditumbuhi beberapa pohon yang sangat rimbun, membuat suasana semakin sejuk dan teduh.

Jika anda berada di kawasan wisata alam Tulungagung Pantai Sine anda akan melakukan berbagai macam kegiatan.

Terdapat beberapa aktifitas yang menarik bisa anda lakukan seperti berfoto, berenang, dan juga bermain air disekitar pantai.

Banyak yang mengatakan bahwa keindahan Pantai Sine menyerupai pantai yang ada di Pulau Bali. Pantai Sine terdapat berbagai macam spot foto yang begitu cantik cocok untuk anda yang gemar fotografi.

Anda bisa memanfaatkan hamparan laut lepas sebagai latar belakang foto yang begitu cantik. Suara deburan ombak membuat hati terasa lebih tenang dan membuat beban sehari-hari menghilang.

Saat anda berada dikawasan wisata tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas Tulungagung.

Terdapat beberapa warung yang ada di Pantai Sine, anda bisa mengisi tenaga dan juga menikmati kuliner khas di warung tersebut.

Pantai Sine dekan dengan pelelangan ikan, sehingga para pengunjung bisa memilih ikan sendiri yang akan dimakan.

Pantai ini sering digunakan untuk menggelar aneka upacara kebudayaan seperti pertunjukan wayang kulit yang di laksanakan setiap 1 suro.

Acara tersebut dilakukan seperti Upacara Lasung Sesaji. Upacara ini diselenggarakan bermaksud untuk mengusir nasib buruk.

Pantai Sine memiliki keindahan dengan keeksotisan sunrise. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pantulan cahaya matahari yang sangat indah.

Pemerintah setempat sudah memberikan fasilitas yang cukup memadai di wisata ini. Sehingga anda tidak perlu khawatir saat berada di Pantai Sine.

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan wisata yaitu tersedia seperti tempat pelelangan ikan yang bisa di gunakan oleh para nelayan untuk menjual hasil tangkapan mereka.

Terdapat banyak warung makan yang ada di sekitar pantai. Fasilitas umum juga banyak terdapat di area ini seperti mushola dan toilet. Selain itu terdapat pula area parkir yang cukup luas.

4. Wisata Alam Tulungagung Pantai Coro

pantai coro wisata alam tulungagung
sumber gambar : @araseptiya (instagram)

Pantai Coro merupakan salah satu wisata alam Tulungagung yang begitu memukau dan banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Pantai Coro terletak di Reco Sewu, Besole, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lokasi Pantai Coro terletak di sebelah timur Pantai Popoh dan Pantai Reco Sewu.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin melepaskan penat dan pikiran yang ada.

Berlibur ke tempat wisata alam Tulungagung Pantai Coro ini akan memberikan anda pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Pantai Coro berada pada gugusan pantai selatan yang menjadi incaran para wisatawan  karena keindahan pantai yang sangat indah.

Pantai Coro memberikan pemandangan yang sangat eksotis yang akan membuat anda nyaman tenang berada disini.

Laut yang bewarna biru menyegarkan mata menenangkan jiwa. Dengan hamparan pasir putih halus yang sangat indah.

Pantai Coro terdapat tebing-tebing yang menambah keindahan wisata ini. Jika anda penggemar fotografi, tempat ini sangat cocok untuk anda mengambil gambar.

Keindahan alam dan hamparan laut lepas yang menjadi latar belakang foto anda akan terlihat semakin cantik. Kondisi alamnya sangat asri dan alami.

Pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya. Fasilitas yang tersedia juga sudah sangat memadai.

Terdapat beberapa warung makan , dan juga fasilitas mushola dan toilet. Warung itu bisa anda gunakan untuk membeli makanan atau minuman mengisi tenaga.

Jika anda menuju Pantai Coro, anda hanya akan membayar biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang. Biaya tersebut sangat terjangkau, anda sudah bisa menikmati keindahan alamnya.

Anda akan menemukan pengalaman banyak hal menarik yang bisa anda temukan di tempat ini.

Selain itu para wisatawan akan dikenakan biaya parkir kendaraan motor sekitar Rp.5.000, sedangkan untuk kendaraan mobil di kenakan biaya sekitar Rp.10.000.

Fasilitas Pantai Coro terbilang sangat minim, karena wisata ini masih tergolong baru. Hanya terdapat fasilitas toilet.

Tidak ada penginapan yang akan digunakan oleh para wisatawan untuk sekedar beristirahat. Namun saat anda berkunjung ke tempat ini, anda akan merasakan keseruan yang begitu memikat hati.

Membuat anda ingin mengunjunginya kembali.

5. Wisata Alam Tulungagung Pantai Popoh

pantai popoh wisata alam tulungagung
sumber gambar : @fashichulchadiq (instagram)

Siapa yang tidak tahu dengan nama Pantai Popoh ?. Pantai ini sangat populer dikalangan wisatawan. Wisata alam Tulungagung yang satu ini lebih tepatnya berada di Jalan Raya Prigi, Watulimo, Desa Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai Popoh berada bersebelahan dengan Kota Trenggalek dan juga Kota Blitar.

Pantai Popoh merupakan salah satu destinasi wisata alam Tulungagung yang terdapat keindahan panorama yang cukup eksotis. Tidak berbeda dengan wisata alam Tulungagung yang ada diatas.

Pantai Popoh merupakan salah satu gugusan dari pantai selatan yang populer dengan ombak yang besar.

Pantai Popoh sama seperti pantai yang ada disekitar Tulungagung memiliki pasir putih yang halus dan juga air laut yang bewarna biru menenangkan hati. Para wisatawan bisa bermain sepuasnya dengan pasir.

Saat berada di kawasan pantai manapun udara yang di rasa akan selalu sejuk teduh membuat anda semakin nyaman saat berada di tempat ini.

Terdapat banyak keunikan yang bisa anda dapatkan saat berada di wisata alam Tulungagung. Anda bisa mengambil gambar dari sisi mana saja dengan latar belakang keindahan alam yang begitu cantik.

Foto yang di hasilkan akan terlihat lebih eksotis. Tidak pernah terlupakan saat berada di kawasan pantai, yang selalu di incar oleh para wisatawan yaitu keindahan sunset ataupun sunrise.

Pantulan cahaya yang dihasilkan dari sunset atau sunrise sangat cocok untuk di abadikan dalam kamera.

Saat berada di kawasan Pantai Popoh anda bisa menikmati kuliner makanan khas Tulungagung yang sudah tersedia di berbagai warung terdekat pantai.

Menikmati olahan laut ikan yang sangat lezat dengan melihat keindahan alam yang masih asri.

Wisata ini membandrol harga tiket masuk yang sangat terjangkau sekitar Rp.3.000. Dan biaya parkir kendaraan roda dua sekitar Rp.2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp.5.000. Biaya diatas memang sangat relatif. Para wisatawan dijamin akan sangat nyaman saat berada disini.

6. Wisata Alam Tulungagung Pantai Molang

pantai molang wisata alam tulungagung
sumber gambar : @mrizafirdaus (instagram)

Tulungagung memiliki potensi keindahan alam yang sangat memukau. Banyak destinasi wisata yang ada di Kabupaten ini.

Wisata alam Tulungagung yang satu ini merupakan salah satu tempat yang sangat rekomendasi untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan juga pasangan.

Menghilangkan kepenatan dan juga stres yang dirasa karena kehidupan sehari-hari begitu melelahkan. Pantai Molang masih termasuk gugusan pantai selatan yang sangat populer dengan ombak yang sangat besar.

Pantai Molang menyuguhkan suasana yang tidak terlalu ramai, hal ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan ketenangan.

Karena masih sepi oleh pengunjung membuat pantai ini terlihat sangat asri dan alami. Pasir yang ada di kawasan wisata ini sedikit berbeda dengan pasir yang ada di wisata alam Tulungagung lainnya.

Pantai Molang memiliki warna pasir putih kecoklatan. Warna air lautnya biru jernih akan menambah kesan yang sangat eksotis.

Ombak laut yang ada di pantai selatan populer dengan ombak yang besar, karena pantai selatan yang langsung berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Sebaiknya para wisatawan jika ingin berenang lebih berhati-hati. Meskipun anda tidak bisa melakukan aktifitas yang ada di bawah laut seperti snorkeling ataupun diving.

Tidak perlu khawatir sebab anda bisa menikmati keindahan alam dengan cara lain seperti berjemur dibawah terik matahari, bersantai dengan menikmati udara yang sangat sejuk dan teduh ataupun bermain air di bibir Pantai Molang. Suara deburan ombak yang begitu merdu menenangkan jiwa.

Aktifitas memancing juga bisa anda lakukan jika berada di tempat ini. Keunikan lain yang ada di Pantai Molang yaitu anda bisa menyebrangi jembatan muara sungai.

Fasilitas Pantai Molang masih cukup minim, belum banyak tersedia fasilitas yang memadai. Karena tempat ini belum ada pengurus resmi yang mengatur semua mengenai Pantai Molang.

7. Wisata Alam Tulungagung Pantai Pacar

pantai pacar wisata alam tulungagung
sumber gambar : @dwifatma96 (instagram)

Pantai Pacar merupakan pantai yang sangat digemari para wisatawan. Wisata alam Tulungagung ini terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Lokasi Pantai Pacar berdekatan dengan Pantai Lumbung dan juga Pantai Molang.

Pemandangan yang disuguhkan yaitu dari bibir pantai berbatu yang sangat sempit, ombaknya menerjang-nerjang dan udaranya yang sangat segar teduh menenangkan hati.

Lingkungan yang ada di sekitar masih terbilang sangat asri dan alami. Air laut yang sangat jernih bewarna biru memanjakan mata.

Pasir yang bewarna putih memberikan kesan yang begitu eksotis. Sekitar Pantai Pacar terdapat bukit yang banyak ditumbuhi oleh rerumputan hijau.

Bukit yang letaknya berada di depan pantai ternyata terdapat air terjun yang tingginya sekitar 3 meter. Aliran air terjun juga terlihat sangat bersih dan juga jernih.

Aliran air tersebut mengalir ke pasir dan menuju lautan lepas. Terdapat beberapa aktifitas yang bisa di lakukan di Pantai Pacar, para wisatawan bisa melakukan aktifitas memancing, bermain pasir, bermain air di bibir pantai ataupun berenang.

Namun perlu diingat karena Pantai ini juga termasuk gugusan dari pantai selatan, sebaiknya para wisatawan harus lebih berhati-hati. Anda juga dapat menyusuri pantai, selain itu anda bisa membakar ikan di tepian pantai.

Jika anda ingin bermain air bisa dilakukan saat berada di bawah air terjun. Spot terindah yang terdapat di sekitar pantai yaitu saat terjadi matahari terbit dan juga tenggelam.

Pantulan cahaya matahari yang begitu indah dapat anda abadikan dalam kamera.

Setelah menikmati keindahan matahari tenggelam anda bisa melanjutkan untuk bermalam dengan bercamping.

Membawa tenda sendiri dan bermalam di tepian pantai, ditemani dengan dinginnya hembusan angin laut, akan memberikan kesan tersendiri.

Anda akan menikmati keindahan alam saat malam hari yang tampak lebih gelap, namun memiliki kesan yang tidak akan terlupakan.

Pantai Pacar karena belum dikelola resmi oleh warga sekitar ataupun pemerintah, hal ini membuat fasilitas yang ada tidak memadai.

Karena tidak adanya tempat ibadah, para wisatawan bisa beribadah di lahan kosong yang ada di sekitar pantai dengan alas tikar atau kardus yang anda bawa sendiri dari rumah.

8. Wisata Alam Tulungagung Pantai Kedung Tumpang

pantai kedung tumpang wisata alam tulungagung
sumber gambar : @rosibaikhati (instagram)

Pantai Kedung Tumpang ini merupakan salah satu wisata yang ada di wisata alam Tulungagung yang menjadi tempat rekomendasi menghabiskan waktu libur panjang.

Wisata alam Tulungagung Pantai Kedung Tumpang terletak di Pucanglaban, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini hal yang harus diperhatikan para wisatawan yaitu akses dan jalurnya cukup rumit dan sulit.

Kesulitan tersebut berupa jalan yang harus dilewati makadam atau jalan yang masih berbatu dan juga tanah, selain itu jalan berliku-liku, naik turun yang membuat para wisatawan harus lebih berhati-hati lagi saat melewatinya.

Namun kesulitan tersebut akan terbayarkan oleh keindahan alam laut yang begitu mempesona. Kawasan Jawa Timur memang memiliki keindahan alam yang juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan Pulau Bali ataupun Pulau Lombok.

Jawa Timur menjadi pulau yang memiliki populasi penduduk terbanyak di Indonesia sangat populer dengan keindahan alam pantai yang disuguhkan.

Pantai Kedung Tumpang banyak digemari oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Wisata alam Tulungagung Pantai Kedung Tumpang terdapat tebing karang yang membentang luas dari area barat pantai Blabak, dan area timur pantai Globok.

Namun Pantai Kedung Tumpang memiliki kekurangan. Pantai ini tidak memiliki hamparan pasir seperti wisata pantai pada umumnya.

Keindahan yang diberikan oleh wisata alam Tulungagung membuat hati terasa nyaman dan tenang. Para wisatawan dijamin ingin berlama-lama menikmati keindahan hamparan laut biru yang cukup eksotis.

Bagi anda penggemar fotografi, akan menemukan hal yang menarik saat berada diwisata ini. Anda akan banyak mengambil gambar dengan latar belakang keindahan alam.

Berfoto di tempat ini memberikan kesan yang tidak akan terlupakan. Spot terindah yang selalu menjadi incaran para wisatawan yaitu berfoto diatas tebing.

Untuk menuju tebing tersebut telah disediakan tali yang dapat anda gunakan untuk menuju tebing tersebut.

Anda akan pengalaman baru memanjat tebing untuk mencapai atas tebing. Waktu yang dibutuhkan untuk memanjat tebing sekitar 15 menit.

Setelah anda berada diatas tebing, anda akan menyaksikan keindahan alam sekitar dengan hamparan laut lepas air yang berwarna biru menyegarkan mata.

Karena wisata ini masih termasuk dalam gugusan pantai selatan yang memiliki ciri khas ombak yang besar dan terlihat sangat ganas, sebaiknya anda lebih berhati-hati saat berada di bibir pantai.

Pantai ini memiliki keunikan dengan tidak adanya hamparan pasir putih yang tersedia pada umumnya, dan juga terdapat tebing dengan adanya beberapa kolam yang terjadi akibat proses alami dari alam.

Hal tersebut menjadi daya tarik sendiri yang hanya ada di pantai ini. Kolam alami terjadi karena adanya terjangan arus dari gelombang laut selatan yang begitu ganas ke area pantai.

Hingga akhirnya karang-karang yang menghalangi lama-lama terkikis dan membuar kolam tersebut terbentuk.

Tidak lupa pula Pantai Kedung Tumpang memberikan spot yang sangat indah bisa anda gunakan untuk berfoto-foto dengan berbagai macam gaya.

Keindahan wisata alam Tulungagung Pantai Kedung Tumpang membuat anda merasakan kedamaian dan juga kenyamanan tidak akan terlupakan membuat anda ingin kembali mengunjunginya, anda akan dimanjakan dengan berbagai keunikan pemandangan yang sangat memukau.

Fasilitas yang tersedia masih terbilang sangat minim. Anda tidak akan menemukan penginapan hingga toilet.

9. Wisata Alam Tulungagung Pantai Lumbung

pantai lumbung wisata alam tulungagung
sumber gambar : @tulungagungtourism (instagram)

Pantai Lumbung yang terletak di Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai Lumbung merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer dikalangan para wisatawan.

Wisata alam Tulungagung Pantai Lumbung lokasinya masih satu kawasan dengan beberapa objek wisata pantai yang lainnya seperti pantai Molang, pantai Pacar, pantai Kedung Tumpang dan juga pantai Sawit.

Pantai ini juga memiliki keindahan yang begitu eksotis memiliki pasir yang putih dan air yang berwarna biru jernih ombak yang besar membuat kesan tersendiri.

Terdapat tebing bebatuan yang indah, batu tersebut bernama Watu Lumbung yang sangat cocok untuk anda mengambil gambar.

Jika anda melihat batu tersebut dari sisi barat akan terlihat menjulang ramping, namun saat anda melihatnya dari sisi barat batu tersebut akan terlihat utuh dan lebar.

Untuk menuju tebing ini anda harus menuruni tebing yang cukup curam. Namun sudah terdapat tangga yang akan menuntun turun kebawah.

Saat memasuki kawasan wisata Pantai Lumbung, anda akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp.5.000. Fasilitas yang tersedia sangat sederhana seperti warung makan, mushola, toilet dan juga area parkir.

10. Wisata Alam Tulungagunh Pantai Dlodo

pantai dlodo wisata alam tulungagung
sumber gambar : @gun_goshonk (instagram)

Pantai Dlodo merupakan pantai yang sangat populer di Jawa Timur. Tempat ini selalu menjadi incaran para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan, sangat cocok untuk anda menghapus segala penat yang ada dengan melihat keindahan alam yang begitu memukau.

Pantai Dlodo adalah wisata alam Tulungagung yang terletak di Rejosari Kalidawir, Dlodo, Panggungkalak, Pucang Laban, Kabupatem Tulungagung, Jawa Timur.

Saat anda dalam perjalanan menuju Pantai Dlodo anda akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan gamping dan medan yang begitu curam, dengan jalan yang bergelombang.

Sebaiknya jika anda ingin mengunjungi Pantai Dlodo saat musim kemarau, karena Gumuk Pasir yang kering akan terlihat jelas sangat indah.

Pesona pasir yang ada di tepian pantai yang sangat indah. Pantai Dlodo masih sama dengan pantai-pantai yang dibahas diatas merupakan gugusan dari pantai selatan.

Pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak di pantai ini menjadi besar.

Keunikan lain dari Pantai Dlodo yaitu memiliki Gumum Pasir atau biasa disebut sebagai istilah Sand Dune, istilah tersebut merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi karena proses angin yang bisa disebut sebagai bentang alam eolean.

Angin yang akan membawa pasir dan membentuk berbagai macan tipe, yang akan membentuk Gumuk Pasir.

Gumuk Pasir tersebut yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya. Saat ada berada di Pantai Dlodo, anda akan merasakan berada di padang pasir dengan gelombang-gelombang pasir yang tertiup hembusan angin.

Pasir pantai yang ada di pantai ini menyusun menjadi sebuah bukit memanjang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Saat memasuki kawasan wisata alam Tulungagung Pantai Dlodo anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 7.500 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan dikenakan biaya sekitar Rp. 5.000. Harga tersebut sangat terjangkau anda sudah dapat menikmati keindahan yang begitu memukau.

Itulah beberapa info mengenai wisata alam Tulungagung yang menarik dan juga sangat rekomendasi untuk anda menghabiskan libur panjang bersama keluarga atau pasangan.

Anda akan menemukan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan. Namun jadilah wisatawan yang taat akan peraturan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Tetap menjaga kelestarian alam.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×