BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pesona Pantai Pulau Merah

Pesona Pantai Pulau Merah Yang Mengagumkan

0 169
Pantai pulau merah, pantai pulau merah
Sumber Gambar : abd_azis (instagram)

Pesona Pantai Pulau Merah

Banyuwangi merupakan kota paling ujung timur pulau Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Pulau Dewata Bali.

Kota yang mempunyai pemandangan yang eksotis yang datang bukan hanya dari wisata alam pegunungan saja, namun juga pantainya, pesonanya  bisa disejajarkan dengan pantai-pantai yang berada di Pulau Bali, apalagi bila dibandingkan dari segi kebersihannya, pantai yang berada di Banyuwangi berada di atasnya.

Salah satu objek wisata yang berada di Banyuwangi yang patut dibanggakan salah satunya ialah Pantai Pulau Merah.

Objek wisata ini menjadi pembicaraan beberapa tahun terakhir, bukan hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara, sudah membicarakan tentang Pantai Pulau Merah.

Asal Usul Pantai Pulau Merah

alas purwo,pantai pulau merah
Sumber Gambar : adityagusetyawan (instagram)

Kawasan ini selain mempunyai keindahan juga terdapat berbagai macam mitos karena tempatnya yang berada di kawasan Alas Purwo, membuat tempat ini terasa kuat aroma misteri dan seperti diketahui bersama, bahwa Alas Purwo merupakan sebuah hutan yang dikenal cukup angker.

Warga yang berada di kawasan ini menceritakan sebelum memiliki nama Pantai Pulau Merah, pantai ini terlebih dahulu dikenal dengan sebutan Ringin Pintu.

Semakin hari, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan ini sehingga pantai ini semakin terkenal dan para wisatawan memberikan nama pantai ini dengan nama Pantai Pulau Merah, yang akhirnya pemerintah setempat pun mengganti nama yang semula bernama Ringin Pintu menjadi Pantai Pulau Merah hingga saat ini.

senja, pantai pulau merah
Sumber Gambar : _ris.sol (instagram)

Terdapat sebuah pulau yang berada di sekitar pantai ini, pasir di pulau tersebut berwarna merah dan akhirnya dijadikan nama pulau itu dengan sebutan pulau merah.

Namun wisatawan tidak bisa melihat secara langsung pasir tersebut lantaran tertutup oleh pepohonan yang menjulang tinggi.

Terdapat fenomena unik yang terjadi di kawasan ini, sehingga nama merah diambil juga dari sebuah fenomena alam, dimana pasir ini akan berubah menjadi warna merah pada sore hari.

Perubahan warna ini dipengaruhi dari air laut dan paparan sinar mentari senja yang hendak tenggelam, warna merah ini akan tampak sekali terlihat bila wisatawan datang pada saat musim kemarau.

Pesona Yang Tidak Terlupakan

senja anak pesisir,pantai pulau merah
Sumber Gambar : febri_rmdhni (instagram)

Terdapat pesona alam yang tidak akan terlupakan yakni pada waktu matahari akan menuju ke peraduannya, pemandangan yang sangat cantik apalagi wisatawan datang di bulan November sampai Desember.

Di mana Sang Surya berada di kawasan Selatan Oleh sebab itu tidak heran apabila kota Banyuwangi mendapat julukan sebagai dan sunrise of Java.

Namun julukan tersebut bukan berlaku untuk Pulau Merah dikarenakan di Pulau Merah wisatawan tidak bisa melihat keindahan matahari terbit.

Tetapi pesona sunsetnya mewakili Pantai Pulau Merah, julukan tersebut disematkan untuk kota Banyuwangi secara keseluruhan.

Saat melihat Detik demi detik senja tenggelam, wisatawan dibuat terdiam dan mata seakan enggan berkedip sehingga Surya benar-benar tenggelam di ufuk barat hingga tidak terlihat.

Untuk wisatawan yang gemar fotografi jangan lupa untuk membawa kamera, dikarenakan berada di tempat ini amat disayangkan apabila tidak mendapat hasil yang memuaskan, dikarenakan tempatnya yang begitu indah.Jadi apapun bisa dijadikan kenangan di Pantai Pulau Merah ini.

Pantai Pulau Merah mempunyai ombak yang sangat bersahabat, yang membuat para wisatawan bisa bermain-main dengan papan seluncurnya di sini.

peselancar,pantai pulau merah
Sumber Gambar : trulybanyuwangi (instagram)

Bagi wisatawan yang tidak bisa bermain surfing, di sini sudah ada para pengajar yang baik hati dan siap untuk mengajarkan semua ilmu surfingnya kepada wisatawan.

Ombak di Pulau Merah mempunyai tinggi 5 m yang merupakan ombak yang menggemaskan bagi pelaku surfing yang profesional.

Para wisatawan juga  bisa menyewa peralatan surfing, dengan harga yang sangat bersahabat, yang kebanyakan datang dari wisatawan asing yang melakukan olahraga satu ini.

Di salah satu kawasan ini juga terdapat sebuah pantai yang bisa digunakan untuk aktivitas Surfing, nama pantai tersebut adalah pantai Plengkung.

Biasanya pantai Plengkung ini menjadi tujuan utama sebelum para wisatawan berpindah ke Pulau Merah, dikarenakan ombak yang berada di Pantai Plengkung lebih bersahabat untuk ditaklukkan daripada di Pantai Pulau Merah.

olahrga air, pantai pulau merah
Sumber Gambar : ojanovic (instagram)

Para wisatawan yang tidak bisa melakukan surfing di Pantai Pulau Merah juga terdapat aktivitas yaitu memancing.

Para wisatawan yang hobi memancing di Pantai Pulau Merah ada beberapa nelayan yang menyewakan perahunya untuk aktivitas tersebut.

Kemudian para wisatawan bisa pergi ke tempat yang banyak ikan dan siap untuk melakukan kegiatan memancingnya.

Wisatawan yang mempunyai hobi memancing, apabila beruntung bisa membawa pulang ikan dengan ukuran berat  hampir 10 kg.

Namun patut disayangkan di Pantai Pulau Merah ini belum ada fasilitas yang menyewakan peralatan memancing, jadi apabila para wisatawan yang mempunyai hobi memancing bisa membawa peralatan memancingnya dari rumah.

Para wisatawan juga bisa memanfaatkan pendakian ke bukit yang tidak jauh dari kawasan bibir pantai.

Apabila air laut surut dan situasi memungkinkan para wisatawan bisa naik sampai ke bukit dan melihat keindahan Pulau Merah dari atas bukit, sungguh nikmat Tuhan mana yang kau dustakan.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini, apabila ombak di Pantai Pulau Merah ini kurang dari 2 M maka wisatawan diperbolehkan untuk berenang di laut.

Tetapi, apabila ombaknya lebih dari 2 meter atau bahkan sampai 5 M maka akan ada larangan dari petugas pantai untuk memperingatkan wisatawan agar tidak melakukan aktifitas berenang.

Kecuali untuk para peselancar profesional, berlaku juga untuk para peselancar yang masih pemula alangkah lebih baik tidak turun terlebih dahulu karena cukup berbahaya.

Objek wisata Pantai Pulau Merah terdapat beberapa batu karang yang juga bisa dijadikan sebagai Spot foto.

Karang – karang tersebut layaknya pantai yang berada di Gunung Kidul yang menambah eksotisnya Pulau Merah, apalagi di tempat di sini sudah disediakan beberapa tempat untuk berteduh seperti yang ada di Pantai Sanur.

Para wisatawan bisa bersantai dengan duduk-duduk di pasir pantai sembari menikmati kesegaran kelapa muda, yang bisa dijadikan salah satu alternatif di saat wisatawan datang ke Pantai Pulau Merah, dan jangan lupa mencicipi aneka kulinernya yang menggugah selera.

 Alamat Dan Rute Lokasi Pantai Pulau Merah

Objek wisata ini berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dari pusat Kota Banyuwangi berjarak 60 KM atau bisa ditempuh kurang lebih selama 2 jam perjalanan.

Di sepanjang jalur ini udah banyak papan petunjuk yang bisa dijadikan panduan, bagi para wisatawan yang akan menggunakan transportasi umum bisa memulainya dari terminal Banyuwangi.

Selanjutnya bisa naik bus menuju ke desa Pesanggaran, dari Desa ini dilanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek.

Harga Tiket Masuk

Untuk para wisatawan yang ingin memasuki kawasan objek wisata Pantai Pulau Merah akan dipungut biaya sebesar Rp 8.000 saja, selain itu tidak ada lagi pungutan ataupun biaya tambahan yang akan dikenakan oleh pengelola Pantai Pulau Merah.

Para wisatawan Setelah tiba di Pantai Pulau Merah bisa mengunjungi kawasan wisata lainnya yaitu pura Segara Tawang Alun.

Di kawasan ini sangat instagramable, bangunan yang dibangun pada tahun 1980 ini mempunyai keunikan yaitu tidak gentarnya saat diterjang tsunami pada tahun 1994. Hanya terdapat kerusakan kecil di beberapa bagian namun tidak parah.

Kawasan Eksotis yang berada di Banyuwangi ini, yang saat ini mulai berkembang dan mampu bersaing dengan Pulau Dewata, dan berwisata ke tempat ini menjadi menjadi salah satu kewajiban dikarenakan pesona alamnya yang elok.

Jadi giliran kamu kapan berkunjung ke Pantai Pulau Merah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×