BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

6 Wisata Alam Ngawi Yang Super Ramai Di Kunjungi Para Wisatawan

Wisata alam Ngawi

0 419
wisata alam ngawi
sumber gambar : @dhian_hardjodisastro (instagram)

Kabupaten Ngawi adalah sebuah nama kota yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Ngawi yang lokasinya berdekatan dengan perbatasan langsung Jawa Tengah.

Jawa Timur populer dengan destinasi wisata yang banyak di gemari oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika anda ingin menikmati pesona alam untuk menenangkan hati dan menghilangkan penat, anda wajib berkunjung ke Kabupaten Ngawi.

Kabupaten Ngawi populer dengan sebutan Kota Bambu. Hal tersebut menurut warga sekitar menjadi asal usul dari nama Kabupaten Ngawi.

Selain sebutan Kota Bambu, ternyata Ngawi memiliki julukan lain seperti Kota Kripik Tempe, julukan tersebut diberikan karena tidak banyak di temui di kota lain.

Kota ini terdapat beberapa wisata alam Ngawi yang sangat memukau. Dalam artikel ini kita akan membahas destinasi wisata alam Ngawi yang wajib anda kunjungi.

Apa saja wisata alam Ngawi tersebut ? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Wisata Alam Ngawi Air Terjun Suwono

air terjun suwono wisata alam ngawi
sumber gambar : @tutikwidi.98 (instagram)

Air Terjun Suwono yang terletak di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Pesona wisata alam Ngawi sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan. Wisata alam Ngawi yang sangat populer yaitu Air Terjun Suwono.

Air terjun ini berasal dari Gunung Lawu, karena letaknya tepat berada di lereng gunung tersebut.

Letak air terjun ini sangat tersembunyi, air terjun di kelola oleh warga sekitar. Karena air terjun ini di kelola oleh warga sekitar, fasilitas yang tersedia kurang memadai.

Meskipun fasilitas kurang memadai tapi keindahan alam air terjun akan memanjakan anda. Saat anda berjalan menyusuri tempat wisata hingga tiba di lokasi air terjun akan disuguhkan dengan pemandangan indah adanya pepohonan pinus dan juga karet.

Setelah anda berjalan cukup panjang yang melelahkan, semuanya akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang memiliki air sangat jernih, suara gemercik air yang membuat anda nyaman berada di tempat ini.

Suasana sejuk dan teduh akan membuat hati terasa tenang. Air Terjun Suwono memiliki ketinggian sekitar 20 hingga 30 meter.

Aliran air terjun ini terbilang sangat dingin karena memang berasal dari sumber air langsung dari Gunung Lawu.

Air Terjun Suwono memiliki kolam dengan ketinggian sekitar 70 cm. Wisata alam Ngawi ini terdapat banyak spot untuk berfoto, anda bisa menggunakan aliran air terjun sebagai latar belakang foto yang akan anda ambil.

Aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di kawasan ini seperti berenang, bermain air dan berfoto. Air Terjun Suwono masih terbilang sangat asri dan alami.

Saat berada kawasan ini dijamin para pengunjung akan memiliki pengalaman baru yang tidak akan terlupakan.

Selain itu untuk memasuki wisata ini anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.3.000 per orang.

Harga tersebut masih cukup terjangkau bukan ? anda akan merasakan banyak keindahan yang di suguhkan oleh wisata alan Ngawi Air Terjun Suwono.

2. Wisata Alam Ngawi Kebun Teh Jamus

kebun teh jamus wisata alam
sumber gambar : @rahma_ast (instagram)

Kebun teh merupakan salah satu destinasi wisata alam Ngawi yang dangat di gemari oleh banyak wisatawan.

Kebun Teh Jamus ini terletak di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, anda harus membayar biaya tiket sekitar Rp.8.000 per orang.

Kebun teh banyak diincar oleh penggemar foto instagramable.

Jika anda berkunjung di kebun teh, anda akan disuguhkan dengan hamparan tumbuhan teh yang berwarna hijau menyegarkan mata.

Kebun Teh Jamus memiliki topografi yang menyerupai salah satu keajaiban dunia yang ada di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Kebun Teh Jamus ini ternyata terdapat bukit yang bernama Borobudur Hilss.

Bukit tersebut memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Jika anda ingin menuju puncaknya sudah tersedia tangga yang bisa anda gunakan untuk mencapai puncak bukit Borobudur Hilss.

Kebun teh ini memiliki luas sekitar 478 hektar. Pemilik Kebun Teh Jamus sendiri adalah manajemen PT Candiloka.

Kebun teh menyediakan berbagai macam tumbuhan teh seperti teh hitam, teh putih, teh hijau dan juga benalu teh yang digunakan sebagai bahan membuat obat.

Suasana alam dengan udara yang sangat sejuk dan teduh membuat anda nyaman saat berada di lokasi tersebut.

Untuk anda yang ingin menghabiskan libur panjang bersama keluarga ataupun pasangan yang ingin menikmati keindahan pemandangan alam tempat ini sangat disarankan.

Karena saat anda menikmati indahnya hamparan kebun teh, semua penat dan lelah atas aktivitas sehari-hari akan hilang seketika.

Anda bisa melakukan aktivitas saat berada di kawasan ini seperti camping ground. Namun jika anda ingin melakukan aktivitas berkemah sebaiknya menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu.

Selain itu anda juga bisa melakukan aktivitas outbond. Jika anda ingin bermain-main air ternyata wisata ini juga terdapat tempat kolam renang Sumber Lanang dan juga Grojogan Songo Tuk Pakel.

Kolam renang tersebut berbeda dengan kolam renang lainnya, karena anda juga akan menikmati panorama aliran air sepanjang 25 meter.

Keindahan alam ini selalu menjadi tempat para pasangan yang hendak melakukan foto prewedding.

Kebun Teh Jamus bisa anda gunakan sebagai latar belakang gambar yang ingin anda abadikan. Hasil dari foto tersebut akan terlihat begitu indah.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah sangat memadai, fasilitas tersebut seperti area outbond, area parkir, warung makan, teman bermain, toilet dan juga mushola.

3. Wisata Alam Ngawi Air Terjun Srambang

air terjun srambang wisata alam ngawi
sumber gambar : @mbolangjatim (instagram)

Wisata alam Ngawi Air Terjun Srambang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk anda yang ingin memburu keindahan alam yang begitu memukau.

Wisata alam Ngawi Air Terjun Srambang terletak di kawasan Hutan Jogorogo, lebih tepatnya berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Dahulu tempat ini tidak ada yang mengurus sehingga terbengkalai. Namun setelah perbaikan yang dilakukan oleh pihak pengelola.

Hingga akhirnya Air Terjun Srambang mendapat sertifikat sebagai air terjun dalam kawasan hutan terbaik nomor 3 nasional.

Kawasan air terjun di mana pun tempatnya tentunya anda akan merasakan sejuk dan teduh karena aliran air yang jatuh ke bawah dengan percikan air bercampur dengan udara sejuk membuat anda semakin nyaman berada di tempat tersebut.

Tidak lupa pula terdapat pepohonan yang sangat rimbun membuat kawasan ini semakin terlihat asri dan alami.

Saat berkunjung di kawasan wisata tidak lengkap jika tidak melakukan sesi berfoto. Keindahan alam sangat cocok untuk latar belakang foto yang akan terlihat sangat cantik.

Anda bisa memanfaatkan keindahan alam untuk beberapa foto dengan berbagai macam gaya yang unik.

Untuk memasuki kawasan wisata anda akan di kenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.15.000 per orang. Harga tersebut sudah terbilang sangat terjangkau, anda akan merasakan berbagai macam panorama dari sudut manapun dan menikmati fasilitas yang tersedia.

Fasilitas yang terlah disediakan yaitu rumah makan, toilet, tempat ibadah, gazebo dan juga area parkir yang sangat luas dan aman.

Pemandangan yang disuguhkan saat menuju Air Terjun Srambang yaitu anak sungai yang berada di sebelah kanan dan juga kiri jalan.

Aliran air sungai tersebut sangat jernih dan bersih, dan udara yang segar karena dikelilingi oleh hutan dan juga tebing yang begitu tinggi.

Sungai tersebut memiliki bebatuan yang besar, bisa diduduki oleh para wisatawan dan bermain air di sekitar batu.

Air Terjun Srambang memiliki ketinggian sekitar 25 meter, selalu ramai dipadati oleh para wisatawan. Hal ini membuat anda sedikit mengantre untuk mengambil foto dari sudut yang indah.

4. Wisata Alam Ngawi Taman Tawun

wisata alam ngawi tawun
sumber gambar : @maisyah725 (instagram)

Wisata Alam Ngawi yang satu ini menyimpan berbagai macam keindahan yang sangat sayang untuk di lewatkan.

Taman Tawun populer dengan bulus atau sejenis dengan penyu yang berkeliaran bebas, dengan jumlah bulus sekitar ribuan.

Taman Tawun lebih tepatnya berada di Jalan Sunan Lawu, Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Taman Tawun ini sebenarnya sudah sejak lama sangat ramai di kunjungi para wisatawan. Selain itu tempat ini sering digunakan sebagai tempat upacara adat yang bernama Keduk Beiji, acara tersebut dilaksanakan setiap hari Selasa Kliwon.

Tujuan dari upacara tersebut adalah sebagai tanda pembersihan sumber mata air yang ada di sekitar wilayah itu dengan melakukan penggantian yang terdapat di dalam beji.

Biasanya yang membersihkan Beji tersebut adalah para warga yang berjenis kelamin laki-laki bergotong royong. Tempat ini hingga akhirnya di sulap menjadi kawasan wisata yang sangat menarik dan kekinian. Taman Tawun terdapat binatang-binatang seperti burung, monyet dan juga bulus. Hewan bulus yang menjadi ikon dari tempat ini.

Para wisatawan terdapat beberapa pepohonan yang rimbun dan juga tanaman hijau yang begitu menyegarkan pikiran.

Jika anda membawa sang buah hati, anda bisa mengajaknya ke area waterboom yang terdapat kolam renang yang bisa di gunakan untuk orang dewasa atau anak-anak.

Uniknya juga kawasan ini terdapat wahana perahu kano atau bebek air di area danau buatan.

Selain itu anda yang gemar memancing, terdapat kolam yang berisi ikan lele bisa anda gunakan untuk memancing.

Ternyata kawasan ini banyak aktivitas yang bisa anda lakukan. Tidak lupa juga para wisatawan wajib untuk mengabadikan keindahan alam dengan mengabadikan dalam bidik kamera.

Spot foto yang ada di kawasan Taman Tawun memikat sangat memikat hati para wisatawan.

Saat anda lelah saat menyusuri Taman Tawun, tidak perku khawatir terdapat gazebo yang bisa anda gunakan untuk beristirahat sejenak.

Taman Tawun membuat anda merasa nyaman dan ingin mengunjunginya kembali. Untuk fasilitas yang tersedia seperti adanya foodcourt, jadi anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar.

Anda bisa mengisi tenaga di foodcourt tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Area parkir sekitar wisata ini juga luas dan sangat aman, karena adanya penjaga.

Tidak perlu khawatir akan kendaraan anda. Fasilitas toilet terbilang sudah sangat memadai untuk keperluan anda.

Memasuki kawasan wisata alam Ngawi Taman Tawun hanya dikenakan biaya sekitar Rp.10.000 per orang. Dengan harga tersebut anda sudah bisa menyusuri keindahan alam yang tersedia di sekitar Taman Tawu.

5. Wisata Alam Ngawi Air Terjun Pengantin

air terjun pengantin wisata alam ngawi
sumber gambar : @bulan.septina (instagram)

Air Terjun Pengantin merupakan salah satu destinasi wisata alam Ngawi yang  cukup memukau terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Kawa Timur.

Curug Pengantin yang ada di Ngawi ini sangat populer dan sangat hits dikalangan anak remaja.

Jika anda penggemar wisata alam, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Alam yang terlihat masih asri dan alami membuat anda merasa tenang dan juga tentunya ingin berlama-lama berada di kawasan ini.

Suasana yang begitu sejuk dan dan teduh menyegarkan dan menentramkan jiwa. Dahulu nama air terjun ini yaitu Grojogan Ndungji atau Jumog. Namun saat ini berganti nama menjadi Air Terjun Pengantin.

Hal ini karena nama yang diberikan, sebab Air Terjun Pengantin memiliki dua  aliran air terjun yang saling berdampingan.

Air terjun tersebut diibaratkan sebagai laki-laki dan perempuan. Air Terjun Pengantin memiliki ketinggian sekitar 12 meter.

Dua aliran air terjun yang satu berasal dari sungai lahar Gunung Lawu. Sedangkan aliran air yang satunya lagi berasal dari sumber mata air setempat.

Suasana yang ada di sekitar kawasan Air Terjun Pengantin tentu masih terbilang sangat asri dan juga sangat alami.

Anda akan merasakan kenyamanan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Suara gemercik air terjun yang membuat anda semakin tenang dan ingin berlama-lama berada di kawasan ini.

Terdapat pepohonan yang rimbun dengan tumbuhan hijau membuat anda merasakan di manja oleh keindahan alam sangat memukau.

Anda juga bisa menikmati aktivitas berenang yang ada di kolam bawah air terjun. Wisata alam Ngawi ini telah di resmikan sebagai destinasi wisata oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi sejak 6 tahun yang lalu.

Hingga akhirnya wisata ini mampu mengangkat perekonomian warga sekitar. Setiap tahunnya Air Terjun Pengantin ini mengalami peningkatan pengunjung.

Terdapat jembatan yang bisa anda gunakan untuk berfoto letaknya berada di depan Air Terjun Pengantin yang menjadi spot terindah dan selalu menjadi incaran para pengunjung untuk tempat berfoto.

Jembatan tersebut diberi nama dengan Jembatan Kapal dan Jembatan Cinta. Kedua jembatan tersebut memiliki pesona tersendiri yang berbeda.

Fasilitas yang terdapat di Air Terjun Pengantin ini terbilang sangat lengkap, fasilitas yang disediakan untuk anda yang ingin menuju wisata air terjun terdapat 300 anak tangga untuk mempermudah aksesnya.

Terdapat fasilitas lain seperti area parkir yang luas, toilet dan terdapat beberapa warung makan. Jika anda ingin memasuki kawasan wisata alam Ngawi Air Terjun Pengantin hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp.6.000.

Anda sudah dapat menikmati berbagai macam keindahan alam yang sangat memikat hati. Pengalaman berada di tempat ini akan membuat anda ingin mengunjungi kembali Air Terjun Pengantin.

6. Wisata Alam Ngawi Bukit Kerek Indah

bukit kerek indah wisata alam ngawi
sumber gambar : @javascenery (instagram)

Bukit Kerek Indah yang terletak di Dusun Poncol, Desa Kerek, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Jika anda berada di pusat kota Ngawi jarak tempuh menuju bukit tersebut sekitar 8 km.

Wisata alam Ngawi ini merupakan salah satu destinasi yang sangat favorit bagi kalangan para wisatawan. Bukit Kerek Indah sangat cocok untuk menghabiskan waktu libur panjang bersama keluarga dan pasangan.

Dari atas Bukit Kerek Indah anda akan menyaksikan keindahan hamparan hutan tropis dengan pemandangan liukan sungai Bengawan Solo yang berada tepat di belakangnya.

Dari atas bukit akan terlihat keindahan pemandangan Kabupaten Ngawi. Untuk menikmati keindahan wisata alam Ngawi ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.3.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor dikenakan sekitar Rp.2.000. Untuk biaya parkir kendaraan mobil sekitar Rp.4.000.

Menurut cerita rakyat sekitar awal mula terbentuknya wisata Bukit Kerek Indah, berawal dari seorang pemuda yang bermain-main di atas bukit. Setelah itu mengabadikan pemandangan yang ada di lereng bukit tersebut.

Warga sekitar baru menyadari bahwa bukit ini memiliki potensi keindahan alam Kabupaten Ngawi yang bisa digunakan untuk destinasi wisata.

Hingga pada akhirnya masyarakat desa sekitar membentuk panitia untuk mengelola potensi wisata Desa Kerek.

Secara sukarela masyarakat warga sekitar dari usia muda hingga tua saling membantu untuk membuat spot foto kekinian seperti ayunan, I love U, spot foto jembatan kayu, plang jalan dengan kata kata, dan juga spot foto lainnya.

Itulah 6 wisata alam Ngawi yang menjadi destinasi wajib anda kunjungi saat berada di kabupaten Ngawi. Anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Selain itu anda dapat menikmati keindahan pemandangan alam yang tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Namun hal yang harus anda pahami saat berkunjung ke tempat wisata diatas yaitu tetap menjaga kebersihan alam, tidak membuang sampah sembarangan, dan selalu menjaga kelestarian alam.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×