BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Pesona Alam Gunung Kerinci Yang Paling Menakjubkan

10 Pesona Alam Gunung Kerinci Yang Bisa Dinikmati Para Pengunjung

0 312

 

Wisata Gunung Kerinci
Sumber Gambar : Gunung Krinci ( instagram )

Berikut 10 Pesona Alam Gunung Kerinci

Gunung Kerinci memang begitu terkenal akan keindahan alamnya tidak mengherankan banyak wisata yang datang berkunjung ke daerah ini,  mereka datang jauh – jauh hanya untuk menikmati pemandangan alam nya.

Penasaran dengan tempat wisata Gunung Kerinci yang menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona ini, berikut beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi apabila kamu berkunjung ke Gunung Kerinci.

Rawa Bento

Wisata alam Rawa bento Kerinci
Sumber Gambar : kopialas_rawabento (instagram)

Yang ber alamat di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung Tujuh, Kerinci ini terkenal sebagai salah satu rawa tertinggi di dunia dengan ketinggian yang mencapai 1.300 mdpl dan mempunyai luas area mencapai kurang lebih 1000 ha.

Untuk bisa menikmati keindahan alamnya yang begitu mengagumkan kamu perlu menaiki Kano yang bisa disewa dari masyarakat sekitar, di saat mengelilingi Rawa kamu bisa melihat keindahan alam serta berbagai jenis burung yang hidup di sekitar Rawa Bento.

Danau Kaco – Gunung Kerinci

Wisata Danau Kaco Kerinci
Sumber Gambar : Danau_kaco_lempur_kerinci (instagram)

Danau yang terletak di Dusun Baru Lempur Kecamatan Gunung Raya, Kerinci ini memiliki arti danau kaca yang merujuk dari kata kaco dalam bahasa lokal.

Hal ini merupakan sebutan dari jernihnya air danau yang sebening kaca, tak mengherankan bila banyak wisatawan yang datang berkunjung dan berfoto – foto ditempat ini.

Untuk bisa menikmati kecantikan air danaunya di sarankan untuk datang di malam bulan purnama, warna kebiruan dari danau di percaya dapat memantulkan cahaya yang begitu indah dari pantulan cahaya Bulan.

Bukit Khayangan

Wisata Bukit Khayangan
Sumber gambar : ripaniismira (instagram)

Bukit yang letaknya di Desa Renah Kayu Embun, Kecamatan Kumun Debai, Sungai Penuh.

Bukit Khayangan menjadi destinasi wisata alam yang dikelilingi oleh panorama alam Gunung Kerinci, yang hijau nan menawan, wisatawan bisa merasakan udara yang sejuk ditambah suasana yang asri saat kamu mengunjungi tempat wisata ini bersama keluarga.

Bukit yang berada di ketinggian 2000 mdpl ini menyuguhkan pemandangan eksotis yang tersaji, apabila disaat cuaca sedang cerah kalian dapat melihat dengan jelas kota Sungai Penuh dan Danau di Gunung Kerinci dari Puncak Bukit Khayangan ini.

Goa Kasah Gunung Kerinci

wisata alam Goa kasah
sumber gambar : titik_karim (instagram)

Berada di Desa Renah Kasah, Kacamatan Kayu Aro, Kerinci merupakan wisata petualangan, Jika kamu suka ke Goa – goa maka tak ada salahnya kamu memasukan  Goa Kasah sebagai salah satu tujuan saat mengunjungi Gunung Kerinci ini.

Ditemukan pada tahun 1963 dan memiliki panjang sekitar 150 meter, banyak menyimpan peninggalan purbakala yang bisa dilihat secara langsung saat kalian menyusuri jalan dalam Goa ini, struktur goa ini layaknya lorong sebuah kamar.

Perkebunan Teh Kayu Aro

Wisata Kebun Teh Kayu Aro Kerinci
sumber gambar : seputartebo (instagram)

Terletak di Desa Lindung Jaya, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci merupakan Perkebunan teh tertua di Indonesia dimana sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda tahun1925.

Adalah perusahaan Belanda yang kali pertama memproduksi teh disana, dengan nama perusahannya  Namblodse Venotschaaf Hnadle Vereniging Amsterdam ( NV HVA ).

Bukan hanya itu saja Perkebunan ini juga yang terluas dan tertinggi ke dua di dunia setelah perkebunan teh Darjeeling yang berada di pegunungan Himalaya, India.

Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki luas sekitar 2.500 Ha ( tapi di booklet pariwisata Jambi seluas 3.020 Ha ) yang berada di ketinggian 1600 mdpl. Perkebunan ini juga memproduksi teh hitam terbaik di dunia.

Bagi wisatawan yang datang ke sini dapat memetik daun teh bersama para pekerja. Para pekerja yang mempunyai perawakan ramah akan menyambut wisatawan dengan penuh senyum dan suka cita.

Air Panas Semurup

Wisata air panas semurup
sumber gambar : air_panas_semurup_kerinci (instagram)

Yang letaknya di Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Jambi ini menyimpan pesonanya sendiri.

Betapa tidak ditengah udara dingin yang menyelimuti, ada sebuah titik panas yang terlahir dari aktivitas vulkanik. Titik itu berupa kolam dengan air panas dengan mengeluarkan aroma Belerang.

Air Panas Semurup yang berupa sebuah kolam dengan memiliki kedalaman sekitar 5 meter.  Air Nampak berwarna kebiruan yang sangat tenang serta mengeluarkan asap, serta berada di suhu 80 derajat celcius. Air Panas Semurup ini terletak di ketinggian sekitar 800 mdpl.

Danau Kerinci

danau kerinci
sumber gambar : Danau Kerinci (instagram)

Danau yang letaknya di Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Danau Kerinci  merupakan danau Vulkanik yang memiliki luas sekitar 4.200 Ha dengan kedalaman danau 110 meter, sering di sebut sebagai danau terbesar ke dua di Pulau Sumatera setelah  Danau Toba Di Medan,  Sumatera Utara.

Danau yang berada di ketinggian 780 mdpl  ini berada tepat di bawah kaki Gunung Raya,  dengan panorama indahnya siap manyambut saiapa saja yang datang mengunjungi Danau kerinci ini.

Di pinggiran danau terdapat Gazebo yang biasa dijadikan tempat bersantai, menyeruput kopi hitam khas Kerinci sambil menikmati pemandangan hamparan permukaan danau yang terbentang luas dan berair jernih, megahnya pegunungan hijau, barisan perahu para nelayan yang berjajar serta belaian angin sepoi – sepoi yang memanjakan setiap pengunjung.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat
sumber gambar : Taman Nasional Kerinci Seblat ( instagram)

Daerah ini berada di kawasan yang melintang di empat provinsi sekaligus diantaranya Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, Kawasan ini merupakan habitat alami bagi hewan – hewan yang sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia seperti Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, dan masih banyak lagi.

Air Terjun Telun Berasap

air terjun berasap
sumber gambar Air terjun telun berasap (instagram)

Air terjun yang tertutupi lebatnya pepohonan dengan suara gemuruh air yang menghantam bebatuan terjal akan terdengar dari kejauhan.

Air yang mengalir dari aliran sungai yang melewati tebing – tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 meter dan yang berhulu di Danau Gunung Tujuh.

Menurut masyarakat sekitar nama Telun Berasap berasal dari proses jatuhnya aliran air dengan debit yang deras dengan ketinggian sekitar 50 meter sehingga menciptakan kabut air di sekelilingnya, Ketika sinar mentari menyinari butiran uap air yang melayang di udara, seolah menjadi kabut dan menciptakan kemilau warna – warni  layaknya pelangi.

Dibalik Air Terjun Bersayap terdapat sebuah Goa namun sangat sulit untuk bisa mencapainya dikarenakan tertutup oleh debit air yang jatuh dari ketinggian serta derasnya aliran sungai yang mengalir dan terjalnya batu karang di sekeliling air terjun sehingga belum ada peneliti yang berhasil masuk kedalam goa untuk melakukan penelitiannya.

Air Terjun Talang Kemulun

air terjun talang kemulun
sumber gambar : kerinci_sungaipenuh (instagram)

Berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, air terjun ini juga memliki nama lain yang begitu indah yaitu Air Terjun Lembah Khayangan yang seolah terlindungi oleh alam.

Sebuah air terjun bertingkat dengan suara gemericik airnya yang jernih serta menyegarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tepat mengalir pada tebing – tebing yang berundak membuat air terjun ini sungguh eksotis bagai sebuah tirai alam hasil Mahakarya Sang Pencipta.

Demikian sebagian tempat wisata yang disuguhkan oleh Kawasan Gunung Kerinci di bawah naungan Taman Nasional Kerinci Seblat masih banyak lagi destinasi – destinasi yang disuguhkan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung kasana.

Waktunya kita menjadwalkan kapan bisa pergi berpetualang menjelajahi pemandangan alam yang begitu indah di Bumi Pertiwi ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×