BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

8 Misteri Gunung Sindoro Sumbing

8 Misteri Gunung Sindoro Sumbing yang Perlu Diketahui

0 193

 

Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : sindorosumbing_(instagram)

Misteri Gunung Sindoro Sumbing

Dibalik keindahan alam yang mempesona dan tersaji bagai landskap khatulistiwa, Gunung juga menyimpan banyak misteri yang tidak akan habis diulas, menceritakan kehidupan dunia lain yang bersanding dengan dunia nyata. Berikut ini kisah misteri yang menyelubungi di Gunung Sindoro Sumbing Wonosobo Jawa Tengah

Misteri Kabut Hitam

Kabut Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : sindorosumbing_ (instagram)

Daerah pegunungan yang identik dengan pemandangan yang indah namun juga berkabut, namun cerita yang beredar di Gunung Sindoro Sumbing terdapat dua kabut yang muncul dan memiliki perbedaan warna.

Kabut yang pertama yaitu kabut berwarna putih, kabut yang selalu ada di daerah pegunungan manapun juga. Jadi tidak heran apabila para pendaki selalu melihat adanya kabut putih menutupi punggung gunung bahkan sampai puncaknya.

Di Gunung Sindoro Sumbing terdapat kabut hitam yang menurut keterangan dari warga sekitar, kabut hitam tersebut muncul disekitar puncak Gunung Sindoro Sumbing.

Kabut hitam ini munculnya tidak sesering kabut yang berwarna putih dan kemunculanya pun hanya beberapa saat namun dengan munculnya kabut hitam tersebut  acap kali membuat para pendaki Gunung ini Tersesat.

Misteri Jin Baik

Menurut cerita  konon diceritakan bahwa di sekitar Gunung Sindoro Sumbing terdapat Jin yang baik serta taat dan patuh terhadap sang pencipta Allah SWT.

Dikabarkan Jin – Jin ini sangat membenci perbuatan yang bertentangan dengan norma dan agama yang dilakukan oleh masyarakat sekitar Gunung Sindoro Sumbing ini.

Jin – Jin ini akan berdoa kepada Allah SWT agar manusia tersebut diberi hukuman sebagai akibat dari perbuatannya. Dan masih menurut masyarakat sekitar meletusnya Gunung Sindoro Sumbing merupakan Hukuman yang diberikan Allah kepada manusia atas perbuatan kotor yang mereka lakukan.

Misteri Penampakan Ular

Konon diceritakan disekitar kawasan aliran sungai Gunung Sindoro Sumbing yang acap kali di penuhi penampakan ribuan ular. Hal ini pernah di alami oleh warga setempat. Ular – ular ini kemungkinan datangnya dari dalam goa yang berada di sekitaran aliran sungai.

Misteri Ular Besar

Tak banyak yang mengetahui tentang penampakan ular besar ini, tetapi beberapa sumber yang mengetahui keberadaan ular ini, bercerita bahwa ular besar tersebut adalah jelmaan dari batu panjang yang memiliki ukiran unik layaknya  sisik kulit ular yang terdapat di sepanjang sungai kaki Gunung Sindoro Sumbing ini.

Misteri Wangi Edelweiss

edelweis Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : syahrul_falah89 (instagram)

keberadaan bunga ini di Gunung Sindoro Sumbing memang dikenal mempunyai daya tarik tersendiri. Mengingat semakin langkanya dan semakin susahnya bunga ini di temui.

Konon Wangi bunga Edelweiss yang berada di Gunung Sindoro Sumbing ini bertahan hingga lama bahkan bisa sampai tahan selama 3 tahun.

Hal ini menurut kepercayaan masyarakat sekitar, karena hadirnya para bidadari yang menjadi penjaga bunga Edelweiss ini agar tetap tumbuh dan berbau harum atau wangi.

Misteri Sindoro sebagai pusat Feminitas Dan Sumbing Sebagai Pusat Maskulinitas

Banyak yang percaya bahwa Gunung Sindoro Sumbing memiliki peran sebagai pusat feminitas dan maskulinitas.

Gunung Sindoro yang digambarkan mempunyai sifat dingin yang melambangkan feminisme dan Gunung Sumbing yang memiliki sifat Panas yang melambangkan sifat maskulinitas

Gunung ini ( Sindoro Sumbing ) dipercaya sebagai penjaga yang menjaga keseimbangan pulau Jawa.

Dilarang Melamun Di Saat Mendaki

Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : ade_islamiana ( instagram )

Di Gunung Sindoro  Sumbing, dan bukan di Gunung ini saja para pendaki yang dilarang  keras untuk  melamun saat mendaki, karena ada kehidupan lain yang ada di Gunung ini yang akan mengganggu.

Jadi di harapkan kepada para pendaki jika  apabila ingin mendaki diharapkan fokus dan melupakan masalah – masalah yang di hadapi.

Karena sangat berbahaya apa bila pendaki dalam melakukan aktifitas mendaki sambil melamun, itu akan membuat para penunggu alam lain akan mudah mengganggu kita sehingga hal – hal yang tidak diinginkan terjadi.

seperti dicontohkan seorang pendaki yang melamun dalam pendakiannya akhirnya ada yang tersesat, serasa melayang bahkan sampai di bawa di pinggir bibir jurang.

Misteri Pasar Ghaib

Tanah luas dan datar yang berada di puncak Gunung Sindoro Sumbing merupakan area yang patut di waspadai oleh para pendaki.

Area yang kerap di jadikan basecamp para pendaki untuk menginap ini ternyata memiliki cerita yang mencekam.

Beberapa pandaki yang kebetulan menginap di area ini acap kali menyaksikan adanya kegiatan – kegiatan yang tidak wajar seperti adanya aktivitas pasar tradisional yang di adakan di alun – alun puncak Sindoro Sumbing ini. Karena cerita tersebutlah spot ini di kenal sebagai pasar setan.

Setiap gunung pasti mempunyai cerita masing – masing yang wajib diketahui oleh para pendaki dan pecinta alam sebelum melakukan aktivitas pendakian dimana pun itu berada.

Jangan jadikan kegiatan ini sebagai ajang pamer saja. Namun lebih dari itu jadikan kegiatan ini untuk lebih mengenal diri dan alam serta rasa syukur kepada Sang Pencipta yang telah menciptakan alam ini dengan indah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×