BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

5 Fakta Gunung Galunggung Yang Wajib Diketahui

Fakta Gunung Galunggung

0 229
gunung galunggung adudu
sumber gambar : @vickrihadi (instagram)

Gunung Galunggung terletak di daerah Tasikmalaya yang merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter diatas permukaan laut.

Dengan jarak tempuh dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 20 km. Gunung ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Letak dari gunung ini yang tidak terlalu jauh memudahkan perjalanan menuju puncaknya. Terdapat beberapa rute untuk menuju tujuan tersebut.

Salah satu rute utama menuju Gunung Galunggung adalah melalui Kota Tasikmalaya. Jika memulai keberangkatan dari Kota Tasikmalaya langsung saja menuju Indihang setelah itu menuju Sukaratu.

Jika ingin mendaki ke Gunung Galunggung terdapat 2 jalur yang disediakan. Yang pertama adalah jalur wisatawan, jalur ini para pendaki hanya melewati sekitar 620 anak tangga untuk mencapai puncak gunung tersebut.

Melewati jalur ini akan menikmati pemandangan dengan sejuknya udara yang berhembus.

Dan jalur pendakian yang kedua, para pendaki bisa melalui jalur pembuangan air. Trek yang ada di jalur pendakian Gunung Galunggung ini jauh lebih terjal dan ekstrem.

Namun dijalur ini pemandangan alamnya lebih eksotis dari pada jalur yang pertama.

Fakta mengenai Gunung Galunggung

1. Pendakian Anak Tangga

anak tangga gunung galunggung
sumber gambar : #gununggalunggung (instagram)

Gunung Galunggung mempunyai sejarah letusan yang cukup kelam, namun gunung ini memiliki spot wisata yang cukup asri dan indah.

Gulung Galunggung sangat cocok bagi para pendaki pemula, karena trek yang dilalui hanya melewati anak tangga sejumlah 620, cukup mudah bukan ? .

Mungkin sedikit melelahkan namun pemandangan yang ada dari sisi kiri maupun kanan udaranya terasa begitu menyejukkan.

Terlihat bukit yang hijau dan hembusan angin gunung yang sejuk memberikan ketenangan. Selain itu para pendaki jika sudah mencapai puncaknya akan melihat pemandangan kawah yang begitu menakjubkan.

2. Sejarah Gunung Galunggung

gunung galunggung sejarah
sumber gambar : @_ridwan.saputra_ (instagram)

Gunung ini merupakan salah satu gunung yang masih terbilang aktif. Ketinggian dari Gunung Galunggung yang berkisar 2.167 meter diatas permukaan laut, menjadikan salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Menurut cerita sejarah gunung ini pernah meletus dengan begitu hebat pada tahun 1822. Akibat dari letusan tersebut memakan korban sejumlah 4 robu jiwa.

Gunung Galunggung meletus kembali pada tahun 1894 dan tahun 1982. Letusan yang terjadi pada tahun 1982 adalah letusan yang terakhir dan tentunya juga paling berdampak.

Karena pada saat itu letusan gunung tersebut menghempaskan abu dengan jangkauan 20 km ke udara. Setelah letusan tersebut hingga saat ini status gunung masih aktif normal.

Cerita lain dari letusan gunung ini adalah cerita mistisnya yaitu mengenai pesugihan. Namun cerita tersebut masih belum dipastikan kebenerannya.

3. Pemandian air panas Cipanas

pemandian air panas cipanas
sumber gambar : @tempatwisataunik.com

Hawa yang ada di Gunung galunggung yang begitu dingin sehingga untuk menghangatkan tubuh sebaiknya berendam di air hangat.

Tempat tersebut dikenal dengan nama Cipanas Galunggung, disini terdapat beberapa kolam renang yang bisa digunakan untuk berendam.

Kolam untuk berendam orang dewasa dan anak-anak pun dipisahkan. Tarif yang dikenakan untuk masuk ke lokasi ini dikenai sekitar Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

Air panas yang ada dikolam tersebut cukup alami mengandung belerang dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit kulit serta stroke.

4. Kawah Gunung Galunggung

kawah gunung galunggung
sumber gambar : @nina_nazhwa (instagram)
Wisata kawasan Gunung Galunggung sudah mendapatkan perhatian yang baik dari pemerintah setempat, dengan membangun sebuah anak tangga untuk menuju puncak untuk menikmati indahnya kawah.
Kawah Gunung Galunggung termasuk yang sering dikunjungi oleh para wisatawan maupun para pendaki. Di kawah tersebut terdapat danau hijau yang cantik serta pemandian air panas.
Jika anda berkunjung ke tempat tersebut jangan melewatkan sensasi mandi di air panas dan menikmati indahnya danau tersebut.

5. Curug Agung Galunggung

sumber gambar : @dav22juli (instagram)
Curug Agung ini merupakan salah satu objek yang ada di kawasan Gunung Galunggung menjadi tempat terfavorit.
Tempat ini dilengkapi dengan lampu-lampu LED. Jika malam hari akan nampak jelas warna dari lampu tersebut yang bisa berubah-ubah dari warna kuning, hijau, merah dan biru.
Hal ini disebut dengan nama Rainbow Light yang baru dilaksanakan pertengahan tahun 2017 silam. Curug ini memiloki ketinggian 80 meter.

Fasilitas di Kawasan Gunung Galunggung

Fasilitas yang tersedia adalah area parkir, mushola, toilet, warung dan kios souvenir. Fasilitas tersebut masih terbilang cukup terbatas.
Meskipun memang disekitar tempat masuk terdapat kamar mandi umum dan mushola, namun jumlahnya terbatas. Untuk ketersediaan makanan anda tidak perlu khawatir karena ditempat ini terdapat banyak kios makanan dan oleh-oleh.

Tarif Tiket Masuk

Jika ingin menikmati keindahan dari Gunung Galunggung yang berada di Tasikmalaya biaya tiket masuk dikenakan sekitar Rp. 10.000.

Untuk memasuki wahana lain seperti pemandian air panas yang berada didekat kawah Gunung Galunggung dikenakan biaya sekitar Rp.10.000.

Ketika anda ingin berkunjung ke Gunung Galunggung dan melakukan pendakian untuk menikmati keindahan panoramanya, waktu yang tepat adalah sore hari untuk melihat sunset, atau bisa mendaki ketika malam untuk memburu mencari sunrise.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×