BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pesona Air Terjun Sedudo

Pesona Air Terjun Sedudo Yang Mengagumkan

0 184
sedudo waterfall, air terjun sedudo
Sumber Gambar : mampirkenganjuk (instagram)

Pesona Air Terjun Sedudo

Terdapat salah satu air terjun yang berada di Kota Nganjuk dan menjadi salah satu ikon kota tersebut.

Air terjun tersebut dinamakan air terjun Sedudo. Yang merupakan air terjun yang terkenal dengan cerita mistisnya.

Namun meskipun mempunyai cerita mistis, Air Terjun Sedudo ini nampak begitu indah dan mempesona seperti kebanyakan Air Terjun, objek wisata ini juga memiliki pesona wisata mistis yang mempesona.

Berada di ketinggian 1.438 mdpl, Air Terjun Sedudo memiliki luncur air terjun sekitar 105 meter.

Air Terjun Sedudo berada di kawasan lereng Gunung Wilis, banyak wisatawan yang selalu datang ke kawasan ini, dari banyaknya wisatawan yang datang, kebanyakan dari mereka  penasaran dengan cerita masyarakat yang terus berkembang dari masa kemasa dan masih dipercaya hingga saat ini.

Cerita yang berkembang di sekitar objek wisata ini memang tidak terlepas dari Kerajaan Majapahit.

Dari masa kerajaan Majapahit air terjun ini sudah menjadi kawasan yang suci, air yang berasal dari air terjun Sedudo dipercaya mengandung kesucian.

adat sedudo air terjun sedudo
Sumber Gambar : ctrisnanti (instagram)

Oleh sebab itu pada zaman kerajaan Majapahit tidak diperbolehkan  sembarang orang yang bisa berkunjung ke kawasan Air Terjun Sedudo.

Hingga sekarang penduduk yang berada di sekitar Air Terjun Sedudo selalu menghadirkan berbagai macam upacara adat yang menambah suasana mistis.

Yang menjadi salah satu daya tarik wisata Air Terjun Sedudo dikarenakan dengan adanya upacara adat ini, wisatawan akan tahu bagaimana keberagaman budaya negeri ini yang begitu banyak serta mengesankan dan sangat beragam.

Pesona Air Terjun Sedudo yang mempunyai ciri khas perbukitan yang hijau seakan menggugah selera untuk dikunjungi.

Apalagi Air Terjun Sedudo merupakan bukan air terjun musiman, yang artinya air terjun yang   hanya akan ada di musim penghujan saja.

Namun disemua musim air terjun ini akan memancarkan keindahan nya, karena air terjun ini berasal dari sungai yang mengalir dari lereng Gunung Wilis.

Selain objek wisata Air Terjun, wisatawan juga bisa menikmati area berenang, bagi wisatawan yang ingin menikmati objek wisata ini dengan cara yang berbeda.

Berenang, berendam, serta menikmati suasana sejuk yang teduh merupakan idaman bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Sedudo.

Namun apabila berendam di objek wisata Air Terjun Sedudo ini hanya bisa dilakukan pada hari-hari biasa saja, dikarenakan pada saat hari libur apalagi liburan panjang objek wisata ini pasti akan dipenuhi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan alam Air Terjun Sedudo.

Keindahan alam yang berada di kawasan ini sungguh sangat mempesona sehingga membuat para wisatawan betah berlama-lama di kawasan Air Terjun Sedudo ini.

wisata sedudo air terjun sedudo
Sumber Gambar : anggithaviy (instagram)

Debit air  yang mengalir di air terjun yang cukup deras sehingga menimbulkan suara dentuman yang indah, seperti halnya mendengarkan alunan musik yang membuat jiwa tenang hati nyaman dan senang, dan itulah yang bisa digambarkan di kawasan ini.

Di objek wisata Air Terjun Sedudo telah berdiri banyak warung makanan yang menjual makanan tradisional yang sangat menggoda selera wisatawan.

Jajanan tersebut diantaranya nasi jagung, getuk, klepon, dan cenil, para wisatawan yang datang wajib mencicipi jajanan tradisional tersebut.

Di objek wisata ini juga terdapat toko souvenir yang menjual beberapa cendera mata dan oleh-oleh yang bisa dibeli untuk dibawa pulang untuk keluarga maupun teman dekat.

Mitos Air Terjun Sedudo

upacara adat air terjun sedudo
Sumber Gambar : faishal_vai (instagram)

Di Air Terjun Sedudo ini ada pantangan yang ada sejak zaman dahulu telah digunakan sebagai tempat pencucian senjata maupun arca.

Dikarenakan tempat dan air nya yang suci, masyarakat sekitar Air Terjun Sedudo menamakan upacara adat ini dengan upacara Prana Prahista.

Setelah upacara adat selesai maka sisa air yang digunakan untuk pembersihan ini akan diberikan kepada keluarga yang berguna untuk mendapatkan keberkahan keselamatan serta awet muda.

Masyarakat yang berada di sekitar objek wisata ini tetap melanjutkan dan melestarikan upacara, akan tetapi namanya diganti menjadi upacara Mandi Sedudo yang dilakukan pada setiap tanggal satu Suro di penanggalan Jawa, atau lebih tepatnya setiap tanggal 1 Muharram.

culture festifal air terjun sedudo
Sumber Gambar : asli.nganjuk (instagram)

Di daerah ini juga merupakan menjadi salah satu pertapaan yang dilakukan oleh seorang Tokoh penyebar agama Islam di Nganjuk. Oleh masyarakat sekitar tokoh tersebut dikenal sebagai Ki Ageng Ngaliman.

Oleh sebab itu banyak pula wisatawan yang juga melakukan ritual pertapaan di kawasan ini biasanya mereka di sini bertanya untuk meminta rezeki dan ngalap berkah.

Sebagian lagi para wisatawan yang datang ke pertapaan ini untuk meminta dinaikkan jabatan dan dilancarkan urusan politiknya.

Dan apapun itu entah benar atau pun tidak, yang  mana sudah menjadi kepercayaan, namun sebisa mungkin jangan pernah dituruti, karena perbuatan tersebut termasuk musyrik dan bertentangan dengan ajaran agama.

Air Terjun Sedudo memiliki keindahan alam serta keragaman kebudayaan, kawasan objek wisata ini juga memiliki keistimewaan menarik untuk diketahui yang salah satunya merupakan air Terjun Sedudo memiliki khasiat bisa membuat awet muda.

alam yang hijau air terjun sedudo
Sumber Gambar : pephinadeni (instagram)

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar diceritakan konon Air Terjun Sedudo juga dipakai sebagai tempat pemandian para Dewa yang bersemayam.

Oleh sebab itu air terjun ini tidak pernah akan mengering dikarenakan tempat ini sebagai tempat pemandian para dewa, serta ada beberapa pantangan yang harus ditaati oleh wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini.

diantaranya yang utama adalah larangan untuk tidak boleh berbuat asusila,mungkin bukan hanya di objek wisata ini saja yang tidak membolehkan perbuatan asusila.

Namun setiap tempat pasti melarang adanya praktek tersbut dikarenakan bertentangan dengan norma susila masyrakat serta norma agama.

yang kemudian membawa pulang ke berapa benda yang mungkin ditemukan oleh wisatawan di objek wisata ini misalnya Keris atau mungkin permata yang menyilaukan.

Apabila wisatawan nekat membawa pulang pusaka yang ditemukan di objek wisata ini ditakutkan di kemudian hari akan berdampak tidak baik bagi wisatawan tersebut.

Dan bukan di objek wisata ini saja yang mempunyai larangan tidak membuang sampah sembarangan dikarenakan apabila sampah tersebut dibuang secara sembarangan akan membuat pemandangan menjadi tidak indah serta kawasan akan menjadi kotor serta kumuh.

Untuk menjaga kebersihan nyawa para wisatawan Arab membuang sampah pada tempat yang telah disediakan atau membawa pulang sampah-sampah tersebut.

Dan untuk para wisatawan yang berkunjung ke kawasan objek wisata ini dilarang berkata yang negatif apabila melihat sesuatu yang dirasa kurang pas atau janggal

Alamat Serta Rute Air Terjun Sedudo

gerbang sedudo air terjun sedudo
Sumber Gambar : enonungu (instagram)

Obyek wisata ini terletak di Jalan Sedudo, Desa Ngaliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, kawasan ini berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Nganjuk, serta dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan jalan tanjakan yang berkelok-kelok.

Jalur yang bisa diakses untuk bisa menuju air terjun Sedudo yaitu dari alun-alun Nganjuk menuju Jalan Wilis di Kampung Dalam dengan melewati Jalan Kediri Nganjuk.

Selanjutnya ambil jalan menuju ke jalan sawahan-berbek jalan Sedudo Jalan Raya Sedudo. Ikuti jalan sehingga mencapai tujuan lokasi di pintu gerbang Air Terjun Sedudo.

pintu gerbang air terjun sedudo,air terjun sedudo
Sumber Gambar nga_jajah_aksara (instagram)

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 km, rute yang dilalui dipenuhi dengan pepohonan hijau yang mampu mengalihkan rasa lelah wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung dijamin akan ketagihan dan ingin kembali lagi ke objek wisata Air Terjun Sedudo.

Para wisatawan juga bisa mampir ke Air Terjun Singokromo, karena masih satu jalur dengan air terjun Sedudo pesona dan keindahan nya juga tidak kalah dengan air terjun Sedudo.

Jadi para wisatawan bisa diibaratkan sekali dayung dua tiga pulau terlampaui atau sekali Jalan bisa 2 objek wisata sekaligus bisa dinikmati.

Bagi wisatawan yang datang ke kawasan objek wisata Air Terjun Sedudo cukup membayar uang masuk sekitar Rp10.000 ditambah dengan biaya parkir mobil sebesar Rp5.000 dan biaya parkir motor sebesar Rp3.000.

Objek wisata ini merupakan objek wisata yang super lengkap, dimulai dari cerita mistis yang tersaji yang merupakan daya tarik bagi wisatawan, yang mungkin jarang ditemui di kawasan lain.

Bagi wisatawan asalkan tidak melanggar pantangan berkunjung ke kawasan ini sangat aman, nyaman dan sangat menyenangkan para wisatawan bisa mengajak teman saudara bahkan seluruh keluarga untuk berkunjung ke Air Terjun Sedudo.

Bagi kalian yang belum pernah mengunjungi air terjun Sedudo wajib bagi kamu untuk memasukkan kunjungan berikutnya agar bisa mengetahui langsung serta merasakan suasana yang menentramkan jiwa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×