BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Air Terjun Kedung Pedut, Keindahan Alam Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut, Keindahan Alam Kulon Progo Yang Sangat Indah

0 312
air yang jernih, air terjun kedung pedut
Sumber Gambar : imanuel_yuda (instagram)

Air Terjun Kedung Pedut, Keindahan Alam Di Kulon Progo

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang pesona keindahan alam.

Di provinsi ini terdapat satu wilayah yang memiliki keindahan alam yang keindahannya tidak kalah dari  Kabupaten Gunungkidul maupun Bantul.

Kedua Kabupaten tersebut sudah lebih dulu mempunyai nama dan ikon pariwisata nya, wilayah tersebut yaitu Kulon Progo.

Yang saat ini sedang mengembangkan potensi pariwisata nya sehingga ke depannya bisa sejajar dengan ke dua kabupaten tersebut di atas, ditambah lagi dalam waktu dekat akan beroperasi bandara yang baru yang berada di Kabupaten Kulon Progo ini.

Kulon Progo memiliki tempat wisata yang mempunyai keindahan panorama alam yang mengagumkan, kawasan ini pernah menjadi lokasi acara televisi yang bertajuk travelling, nama tempat wisata ini ialah air terjun Kedung Pedut.

Kawasan yang berada di perbukitan, sehingga panorama yang berada di sini bukan hanya air terjun saja, melainkan masih banyak pesona-pesona yang lain yang berada di sekitar kawasan yang belum terangkat ke permukaan, yang sebenarnya mempunyai keindahan alam yang luar biasa.

Keindahan Air Terjun Kedung Pedut

Objek wisata ini mempunyai keunikan yang didapat dari keunikan warna air, warna air yang dimiliki oleh air terjun Kedung pedut yaitu hijau tosca dan berwarna putih.

air terjun, air terjun kedung pedut
Sumber Gambar : fadjartriyanto (instagram)

Apabila para pengunjung yang belum melihat langsung air terjun ini, maka akan sedikit tidak mempercayainya. Namun begitulah warna asli air terjun ini tanpa menggunakan efek edit sama sekali.

Meskipun objek wisata ini terbilang masih baru yaitu dibuka untuk umum pada tanggal 15 Februari tahun 2015.

Sehingga air terjun ini belum banyak dikenal wisatawan luas, akan tetapi bagi warga sekitar yang biasa menyebut air terjun ini dengan nama Waterpark alami.

Dikarenakan di kawasan ini terdapat sebuah kolam renang yang terbentuk secara alami. Air kolam yang berada di sini juga berasal dari sumber mata air yang meluncur dari sebuah air terjun, yang mempunyai jarak tidak terlalu jauh dari objek wisata ini.

kolam alami, air terjun kedung pedut
Sumber Gambar : rachmatfauziviarso (instagram)

Kombinasi warna yang terlihat yang berada di objek wisata ini dikarenakan pengaruh dari bebatuan yang berada di dasar sungai, yang kemudian larut secara perlahan, dari proses tersebut, sehingga merubah warna air seperti yang  terlihat saat ini.

Di kawasan ini banyak terdapat kedung-kedung yang bisa dipilih para pengunjung untuk bermain air, apabila dihitung semuanya terdapat 5 kedung yang sudah dikenal oleh masyarakat sekitar.

Maupun pengunjung di antaranya ialah kedung anyes, kedung lanang, kedung wedok dan Kedung merak dan yang terakhir ialah kedung merang.

Objek wisata ini mempunyai kedalaman kedung sekitar 2 hingga 3 meter, sehingga apabila para pengunjung yang tidak bisa berenang diharapkan untuk tidak menyeburkan diri ke dalam kedung atau kolam ini.

Kedung pedut merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu Kendung yang mempunyai arti genangan serta pedut yang berarti dalam, sehingga apabila digabungkan Kedung pedut mempunyai arti genangan air yang  dalam.

Kolam yang berada disini merupakan kolam alami, kedalamannya pun juga bukan dari buatan manusia namun dari proses alam, bahkan kolam renang buatan manusia pun jarang yang mempunyai kedalaman seperti ini.

Di kawasan ini terdapat satu lagi kolam yang berada di dekat air terjun utama, akan tetapi disarankan untuk tidak bermain di kolam ini, cukup menikmati saja, dikarenakan mempunyai kawasan yang cukup berbahaya.

Selain dua kolam di atas di kawasan ini masih terdapat beberapa kolam yang ukurannya lebih kecil. Kolam-kolam yang berada di sini membentuk mirip sebuah tangga, para pengunjung bisa menikmati keindahan kolam-kolam ini dari atas gardu pandang.

warna air, air terjun kedung pedut
Sumber Gambar : sidhiqassiqhoh_pedut (instagram)

Keindahan yang tersaji di air terjun Kedung pedut ini terpampang jelas di depan mata, mempunyai warna air yang biru sungguh sangat menyilaukan.

Fasilitas Air Terjun Kedung Pedut

Pengelola objek wisata ini sudah membangun beberapa fasilitas untuk menunjang aktivitas kepariwisataan, di antaranya di kawasan ini sudah membangun kursi untuk beristirahat para pengunjung, jembatan yang terbuat dari kayu untuk bisa digunakan oleh para pengunjung untuk aktivitas di air terjun.

Selain itu di kawasan ini sudah dibangun beberapa warung penjual makanan, sehingga para pengunjung yang tidak membawa bekal dari rumah bisa membelinya di kawasan area wisata Air terjun Kedung pedut.

Di kawasan ini sudah dibangun juga mushola, toilet, ruang ganti, dan masih banyak lagi. Di kawasan ini juga para pengunjung bisa melakukan beberapa aktivitas.

aktivitas air terjun, air terjun kedung pedu
Sumber Gambar : anas.mubarok (instagram)

Salah satunya berenang atau bisa melompat dari atas sebuah jembatan kayu dan meluncur ke dalam air, mengingatkan masa kecil kita, sehingga sensasi tersebut tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Para pengunjung yang ingin menuju ke objek wisata Kedung pedut harus berjalan kaki terlebih dahulu, akan tetapi rute yang ditempuh sudah cukup bersahabat.

tracking, air terjun kedung pedut
Sumber Gambar : hardianp (instagram)

Memiliki kontur jalan yang tidak terlalu terjal dan tergolong landai. Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati 7 sumber mata air yang berada di kawasan ini, hingga bisa merasakan kesegaran alami yang berasal dari Pegunungan Menoreh.

Sumber sumber mata air tersebut berasal dari Sungai Mudal, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Air Terjun Kedung pedut.

Sungai Mudal merupakan sumber utama yang mengaliri ke beberapa air terjun yang berada di sekitar kawasan objek wisata Kedung pedut, salah satunya ialah air terjun kembang Soka.

Objek wisata yang berada di kawasan perbukitan, sehingga para pengunjung bukan hanya bisa menikmati kesegaran airnya, akan tetapi para pengunjung juga bisa melihat begitu indahnya panorama alam yang di lakukan di sekitar kawasan Kedung pedut.

air mengalir jatuh, air terjun kedung pedut
Sumber Gambar : luckyz_91 (instagram)

Formasi bebatuan yang tersaji di depan mata akan membuat semua pengunjung ingin mengabadikan momen yang tidak pernah akan dilupakan. Di kawasan ini hampir setiap tempat merupakan titik spot yang keren, untuk bisa diabadikan dengan lensa kamera baik untuk ber selfie ataupun wefie.

Sehingga momen-momen tersebut akan tersimpan rapi, dan akan menjadi kenangan yang sangat mengagumkan.

Para pengunjung yang berkunjung pada musim penghujan diharapkan berhati-hati dan selalu waspada, dikarenakan kawasan ini cukup licin untuk dikunjungi, jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi disini seperti terpeleset yang terjatuh, dan dapat dipastikan hal itu akan terasa sakit.

Para pengunjung apabila sudah berada di kawasan ini terkadang akan lupa waktu, dikarenakan akan merasakan ketenangan yang luar biasa.

pemandangan alam, air terjun kedung pedut
Sumber Gambar : p.tiwi29 (instagram)

Di kawasan objek wisata Kedung pedut juga terdapat fasilitas bangunan-bangunan yang terbuat dari bambu.

Dari banyaknya pengunjung ,mungkin ada beberapa pertanyaan yang keluar dari mulut para pengunjung, apakah bambu bambu tersebut kuat untuk dijadikan tempat beraktivitas di objek wisata ini.

Namun para pengunjung tidak perlu khawatir akan hal tersebut, dikarenakan terdapat petugas yang setiap hari melihat kondisi bambu-bambu tersebut.

Serta membersihkan beberapa sampah yang berserakan, karena beberapa pengunjung yang tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan, sehingga tidak perlu dikawatirkan akan kekuatan  Bambu tersebut.

Untuk para pengunjung yang hobi berselfie ria, di kawasan ini juga terdapat Salah satu spot yang paling menarik serta kekinian, yang bisa dimanfaatkan yaitu tempat yang berbentuk love yang mempunyai background air terjun serta mempunyai warna yang cukup menarik.

Alamat Dan Rute Lokasi

Para pengunjung yang ingin berwisata ke air terjun Kedung pedut, bisa berkunjung ke Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kawasan ini memang mempunyai jarak yang cukup jauh dari pusat Kota Jogja, sehingga para pengunjung akan sedikit membutuhkan perjuangan.

Para pengunjung yang ingin berwisata ke air terjun Kedung pedut yang berangkat dari Tugu Jogja, bisa menuju ke arah barat menuju ke perempatan ringroad barat Demak Ijo.

Setelah itu, bisa mengambil rute menuju Jalan Godean, hingga mencapai pasar Godean. Para pengunjung tinggal lurus mengikuti jalan hingga sampai ke pasar Kenteng.

Dari sini para pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju tanjakan Menoreh. Setelah bertemu dengan pertigaan ambil ke arah Goa kiskendo.

Dari sini para pengunjung melanjutkan perjalanan hingga bertemu pertigaan kembali belokkan kendaraan ke arah kiri, sekitar 4 KM perjalanan, para pengunjung akan menemukan Grojogan mudal.

Dari tempat ini belokan kendaraan pengunjung ke kiri menuju ke air terjun kembang Soka.

Para pengunjung tinggal mengikuti petunjuk jalan yang mengantarkan menuju ke air terjun Kedung pedut, sangat melelahkan memang, akan tetapi semua usaha tersebut akan terbayarkan setelah mencapai objek wisata Air Terjun Kedung pedut.

Harga Tiket Masuk

Para pengunjung akan dikenai retribusi masuk kawasan wisata Air Terjun Kedung pedut sekitar Rp 3.000 per orang.

Selain itu, para pengunjung juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Para pengunjung tidak hanya bisa menikmati air terjun Kedung pedut saja, akan tetapi para pengunjung bisa menikmati beberapa objek wisata air terjun yang berada tidak jauh dari kawasan ini, yang mempunyai karakteristik, masing-masing dan mempunyai keindahan yang sempurna.

Pengelola objek wisata air terjun Kedung pedut, terus mengembangkan fasilitas untuk dijadikan sebuah destinasi wisata, yang mampu menarik banyak minat para wisatawan untuk bisa Menikmati keindahan kawasan ini.

Mempunyai pesona alam yang eksotis, sehingga berbagai aktivitas seperti berenang dan permainan air menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para pengunjung ketika berada di air terjun Kedung pedut.

Oleh karena itu para pengunjung harus membawa baju ganti apabila berkunjung ke obyek wisata ini.

Karena menjadi agenda yang wajib, maka apabila para pengunjung tidak bermain air di objek wisata ini maka bisa dibilang para pengunjung belum mengunjungi tempat ini.

Sekarang giliran anda-anda sekalian untuk mengagendakan liburan ke Kulonprogo, dan berkunjung ke kawasan air terjun Kedung pedut, dan nikmati keindahan panorama alam dan kesegaran airnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×