BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Misteri Dan Fakta Mengenai Gunung Butak Yang Jarang Orang Tahu

Cerita tentang Gunung Butak

0 210
gunung butak yang memukau
sumber gambar : @iziuss21 (instagram)

Gunung Butak yang terletak di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Gunung ini merupakan gunung Stratovolcano yang letaknya berdekatan dengan Gunung Kawi.

Saat musim libur telah tiba gunung ini menjadi tempat rekomendasi para pendaki maupun wisatawan untuk mengunjunginya.

Keindahan pemandangan yang terdapat di gunung ini begitu indah dan asri. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 2.868 meter diatas permukaan laut.

Keindahan dari Gunung Butak banyak tersimpan misteri dan fakta mengenai gunung ini. Apa saja kah itu? mari kita simak ulasan dibawah ini.

Misteri Gunung Butak

Gunung Butak bagian timur terdapat satu tempat yang tidak ditumbuhi oleh rumput. Menurut cerita rakyat, tempat itu merupakan sisa tancapan keris pusaka Eyang Jatikusumo.

Jatikusumo adalah orang sakti di tempat tersebut. Keris yang ditancap itu memiliki nama Kyai Ampal Bumi. Konon dahulu kala pernah ada seekor ular raksasa yang mengganggu ketentraman kampung sekitar.

Namun tidak ada seorang pun yang bisa menyingkirkan binatang itu, kecuali Eyang Jatikusumo. Hingga pada akhirnya Eyang Jatikusumo mengalahkan ular serta membuat binatang tersebut menjadi penjaga makam.

Tidak hanya misteri mengenai ular tersebut, terdapat juga misteri tentang makhluk siluman Putri Celeng dan juga siluman Rambut Geni.

Menurut cerita rakyat Putri Celeng ini berwujud bentuk tubuhnya seorang putri cantik namun kepalanya berbentuk celeng. Terkadang juga sebaliknya, badannya celeng kepalanya seorang putri.

Sedangkan siluman Rambut Geni ini hanya memiliki badan separuh. Yang  dimaksud separuh disini bagian tubuh dari perut hingga atas saja, dan rambutnya menyala seperti api.

Hal ini yang menyebabkan dinamakan sebagai siluman Rambut Geni. Menurut cerita rakyat ke dua makhluk tersebut bersemanyam di seputar ruang Telaga Jambangan, dan juga sekitar daerah tersebut.

Masyarakat sekitar menghimbau para pendaki untuk lebih waspada ketika bertandang ke Gunung Butak. Sebaiknya para pendaki menjaga kelestarian alam dan tidak merusaknya.

Selain itu para pendaki dilarang melakukan hal-hal yang senonoh.

Menikmati keindahan Gunung Butak

keindahan gunung butak yang memukau
sumber gmbar : @khoir2007 (instagram)

Gunung Butak memang memiliki jalur yang lumayan sulit. Meskipun begitu rasa capek saat mendaki gunung tersebut akan terbayar lunas dengan melihat pemandangan yang begitu mempesona.

Panoramanya akan tampak terlihat jelas dari puncak gunung. Ketika pagi Puncak Gunung Butak merupakan spot paling terbaik untuk menikmati sunrise. Kilauan cahaya matahari terbit begitu indah.

Aktivitas ketika berada di Gunung Butak

1. Hunting foto

spot foto gunung butak
sumber gambar : @micoanang (instagram)

Setiap tempat wisata pasti memiliki spot foto yang menarik dan keren. Foto dengan latar belakang pegunungan yang terasa sejuk dipandang.

Jika kalian memiliki keahlian fotografer pasti akan merasa puas dengan pemandangan yang ada disekitar Gunung Butak.

Hal yang tidak pernah terlupakan oleh fotografer yaitu memotret sunrise dan sunset. Ke dua hal tersebut sangat menarik sayang untuk dilewatkan.

2. Tips tempat wisata Gunung Butak

perlengkapan mendaki gunung butak
sumber gambar : pixabay.com

Bagi para pendaki maupun para wisatawan sebaiknya menjaga kelestarian alam tidak membuang sampah sembarangan.

Gunung Butak dianggap oleh warga sekitar bahwa area gunung ini merupakan tempat yang sakral sehingga alamnya masih sangat alami dan tidak boleh dikotori oleh manusia.

Sepanjang jalur pendakian gunung ini tidak terdapat warung atau toko makanan. Disarankan untuk anda ketika mendaki gunung ini untuk mencukupi kebutuhan logistik.

Mempersiapkan peralatan yang lengkap untuk keamanan dan kenyamanan para pendaki. Jalur yang ada di Gunung Butak ketika musim hujan sangat licin.

Sebaiknya bagi para pendaki untuk berhati-hati. Tidak hanya itu saat musim hujan akan tampak banyak hewan pacet. Jangan lupa memakai sepatu dan celana panjang untuk melindungi diri dari pacet.

3. Jam operasional Gunung Butak

jam operasional gunung butak
sumber gambar : @pixabay.com

Gunung Butak buka 24 jam tidak pernah tutup. Tempat wisata ini dibuka untuk umum dan siapa saja. Karena wisata ini tidak pernah tutup para pendaki dan para wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Untuk tiket masuk tidak dikenakan biaya artinya gratis.

4. Fasilitas ditempat wisata

Wisata Gunung Butak terdapat fasilitas yang tersedia seperti penginapan. Penginapan ini lengkap dan besar.

Penginapannya cukup untuk membawa keluarga dan teman berlibur ke tempat ini. Nama penginapan tersebut yaitu Sidodadi. Di tempat itu fasilitas yang ada sudah cukup memadai.

Selain penginapan terdapat juga toilet umum. Jadi untuk para pendaki dan para wisatawan tidak perlu khawatir soal buang air besar atau mandi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×