BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Ketahui Rute Dan Biaya Pendakian Gunung Agung

Rincian dan detail pendakian Gunung Agung

0 168
gambar puncak gunung agung
sumber gambar : pixabay.com

Gunung Agung yang berada di lokasi Pulau Dewata Bali, merupakan petualangan mendaki yang sangat menarik dan menantang.

Selain itu lokasi ini menjadi tempat suci bagi umat Hindu yang berada di Bali. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali yang terletak di Kabupaten Karangasem dengan memiliki ketinggian kurang lebih 3044 meter dari permukaan laut.

Ketinggian awal dari gunung mencapai 3142 m tetapi karena sebuah letusan Dahsyat ketinggian ini menurun, puncaknya adalah summit tertingginya.

Sehingga Anda bisa mengarahkan pandangan 360°. Murni di paling Puncak. Sedangkan apabila anda mendaki Gunung suci ini hanya bisa sampai pada puncak 2, ketinggian hanya mencapai 2000 meter saja.

Jika anda sudah mahir dalam pendakian, anda bisa memilih pendakian menuju puncak 1 ataupun hanya pada puncak dua saja.

Gunung Agung diminati oleh wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik. Mendaki Gunung ini yang berada di Karangasem ini akan memberikan pengalaman rekreasi alam dan petualangan istimewa sepanjang liburan di Pulau Bali.

Rute Dan Durasi Pendakian Gunung Agung Dari Pura Pasar Agung

pura
sumber gambar : pixabay.com

Ketika anda ingin menuju perjalanan Puncak tertinggi di Pulau Bali ini anda bisa memulainya dari Pura Pasar Agung di Desa sebudi Karangasem.

Letak dari pura ini berada di lereng gunung, sehingga Hawa di sana terasa dingin.

Di tempat ini tersedia parkir yang cukup luas, jika para pendaki membawa mobil maka mobil bisa di parkir dengan kondisi aman di tempat ini.

Perjalanan yang dimulai dari bandara Ngurah Rai atau Denpasar jika ingin mendaki ke Gunung Agung di Karangasem ini jarak tempuhnya membutuhkan waktu sekitar 2 jam berkendaraan melalui Desa Sebudi Selat Kabupaten Karangasem.

Tracking yang ada di jalur ini berada di Bagian lereng sebelah Selatan, tetapi ada beberapa yang memakai jalur pendakian dengan memulainya di Pura Besakih, yang merupakan objek wisata di wilayah Bali Timur.

Sebaiknya pendakian dilakukan di jalur Pura Pasar Agung di desa sebudi di kecamatan Selat Karangasem, karena jarak tempuh nya yang lebih dekat. Untuk mendaki ke Gunung Agung ini diperlukan persiapan mental dan fisik yang cukup matang.

Melakukan pendakian ke Gunung Agung menuju puncak 1 melalui jalur barat, yang ada di puncak ini sekitar kurang lebih 3044 meter.

Dengan dimulainya pendakian sekitar jam 12 malam. Dikarenakan perjalanan untuk menuju puncak tertinggi ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 5 sampai 6 jam. Puncak ini berukuran 2 kali 1 meter sungguh mengagumkan.

Apabila anda mendaki Gunung Agung hanya mampu sampai puncak dua saja, maka anda akan mencapai ketinggian 2000 m. Jalur pendakian Selatan. Di Puncak 2 tidak kalah menariknya dengan puncak 1.

Keindahan yang ada di puncak ini akan membawa anda berada di atas awan dan juga menyaksikan keindahan kawah gunung yang memukau.

Jarak yang ditempuh membutuhkan waktu 3,5 sampai 4 jam. Waktu yang tepat untuk memulai pendakian nya dimulai pukul 01.45 dini hari.

Gunung Agung yang ada di Karangasem ini disebut dengan gunung Suci. Gunung yang dikeramatkan bagi para pemeluk agama Hindu, setiap ada acara upacara persembahyangan dalam tingkatan paling tinggi atau disebut utamaning utama.

Ketika itu warga juga melakukan pendakian ke Gunung Agung untuk memohon air suci ke Puncak melengkapi sarana upacara tersebut.

Jika para pendaki berencana mendaki ke Gunung Agung dan pada saat itu dilaksanakan upacara keagamaan di Pura Pasar Agung ataupun Pura Besakih maka acara pendakian bisa diundur atau dimajukan.

Mendaki ke Gunung Agung di Karangasem Bali

gunung agung
sumber gambar : pixabay.com

Puncak 1 : Biaya sekitar Rp 1.200.000/orang dengan ketinggian 3044 mdpl

Puncak 2 : Biaya sekitar Rp 950.000/orang dengan ketinggian 2000 mdpl

Hal yang harus diperhatikan ketika mendaki Gunung Agung

sapi
sumber gambar : pixabay.com

– Gunung Agung Gunung yang terbilang Suci jadi Berbicaralah yang sopan selama perjalanan.

– Gunung yang tertinggi di Pulau Bali merupakan Gunung keramat dan suci . Sapi adalah hewan yang disucikan. Kesimpulannya tidak diperbolehkan membawa makanan yang berasal dari daging sapi.

– Diperjalanan akan nenemukan sumber mata air, yang merupakan air suci dan tidak sembarangan orang boleh mengambilnya. Jika ingin mengambilnya diwajibkan untuk melakukan persembahayangan terlebih dulu.

– Jangan melakukan pendakian ketika musim hujan karena treking jalurnya akan semakin licin dan sulit untuk menempuhnya.

– Dilarang melakukan pendakian ketika musim upacara keagamaan

– Karena suhu yang ada di Gunung ini bisa mencapai 10 derajat celcius sebaiknya para pendaki membawa pakaian hangat

– Dan jangan lupa memakai treking shoes atau sandal gunung

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×