BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Gunung Salak Mempunyai 5 Cerita Mistis

Kisah Mistis Gunung Salak

0 145

gunung salak mempesona
sumber gambar : pixabay.com

Gunung Salak berada di antara dua wilayah yaitu Bogor dan Sukabumi di pulau Jawa. Gunung ini dikelilingi oleh hutan yang lebat dan  berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH.

Gunung Salak menjadi salah satu wilayah konservasi milik pemerintahan dengan tajuk Taman Nasional Gunung Halimun salak atau biasa disebut TNGHS.

Gunung ini walau mempunyai nama yang hampir mirip dengan buah, tetapi Gunung ini tidak ada hubungannya dengan buah salak.

Nama “salak” ini berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Salaka” yang mempunyai arti Perak. Itu sebabnya Gunung Salak artikel sebagai gunung  Perak.

Gunung Salak dipercayai sebagai salah satu gunung Suci menurut kepercayaan Sunda. Karena Gunung Salak menjadi tempat menghilangnya Prabu Siliwangi, yang merupakan pendiri Kerajaan Pajajaran sekaligus lokasi turun dan bersemayamnya para Batara dari kayangan.

Gunung Salak menyimpan sejumlah destinasi yang unik dan menawan khas gunung tropis. Gunung ini ternyata mempunyai kisah mistis sebagai berikut:

1.Jatuhnya pesawat Sukhoi superjet – 100

Di tempat Gunung Salak pernah terjadi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet – 100, yang menewaskan 45 orang di tahun 2012.

Gunung ini memiliki ketinggian 2211 meter diatas permukaan laut yang menyimpan banyak kisah-kisah horor.

2.Cerita Tentang Nenek

nenek tua yang berjalan di gunung
sumber gambar : pixabay.com

Dimulai dari cerita tentang nenek Renta berusia sekitar 80 tahunan bertempat tinggal di sisi tebing, nenek itu berjalan melewati Medan yang bahkan anak muda saja susah untuk melewatinya.

3.Suara Wanita Menjerit

wanita menjerit digunung
sumber gambar : pixabay.com

Ketika tim SAR sedang istirahat tiba-tiba anggota tim SAR tersebut mendengar suara wanita menjerit meminta tolong daerah kawasan jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100, yang tidak diketahui asal suara tersebut.

4.Gamelan

suara gamelan yang tidak ada wujudnya
sumber gambar : pixabay.com

Suara gamelan yang mengalun di tengah gunung, suara dari gamelan tersebut terdengar mendayu-dayu dan mistis. Seorang pendaki yang mendengar suara gamelan mereka merasa penasaran dan mencoba menuju ke sumber suara tersebut namun tidak pernah sampai ke tempat sumber suara gamelan.

5.Pendaki hilang di Gunung Salak

pendaki hilang ditengah hutan
sumber gambar : pixabay.com

Selain itu masih banyak lagi kisah seram di balik gunung Salak para pendaki yang hilang saat sedang mendaki. Hal ini mungkin berkaitan dengan larangan mengambil bunga anggrek. Penduduk setempat memperingati pendaki untuk tidak memetik bunga anggrek yang tumbuh di sekitar Gunung Salak. Tetapi pendaki serasa terhipnotis setelah melihat Anggrek itu dan tetap mengambilnya. Alhasil setelah mereka mengambil bunga itu mereka kehilangan arah dan hanya berjalan memutar-mutar selama berjam-jam. Jika ingin kembali para pendaki wajib menaruh bunga anggrek di tempat asal mulanya. Tidak tahu apa yang terjadi pada para pendaki yang hilang dan belum ditemukan hingga saat ini.

6.Binatang Ghaib

babi hutan yang ada digunung
sumber gambar : pixabay.com

Binatang yang berukuran besar yang entah muncul dari mana, menurut cerita warga gunung Salak ini terdapat binatang seperti babi hutan yang besar nya sebesar truk tronton emas yang dipercaya sebagai penunggu hutan. Dan adapula macan gain yang merupakan jelmaan dari Prabu Siliwangi.

7. Misteri Puncak Manik.

Yang disebut manik yaitu nama salah satu puncak dari 4 Puncak yang dipercaya banyak menyimpan Kerajaan gaib Pajajaran. Puncak manik dipercaya menjadi lokasi berkumpulnya makhluk gaib. Puncak manik seringkali ditutupi oleh kabut tebal yang datang secara tiba-tiba atau angin yang berhembus dengan kencang. Tempat ini sering digelar acara Ghaib pada bulan tertentu seperti adanya pagelaran dongdang yang dimainkan oleh para lebut. Di Puncak manik ini terdapat makam keramat yang kerap mengeluarkan asap.

8.Perkampungan Setan.

Hingga saat ini masyarakat percaya dengan keberadaan kampung setan yang ada di puncak Gunung Salak. Hal ini muncul setelah ditemukan keberadaan makam yang ada di puncak tersebut. Suasana yang ada di puncak saat malam terdengar sangat ramai, seperti berada di perkampungan.

 

Jika ingin menuju gunung salak sebaiknya makan jalur yang sudah ada usahakan jangan di musim hujan karena banyak lintah pacet dan sering terjadinya longsor. Yang baik ketika berangkat atau pun pulang kembali. Patuhi aturan yang sudah ada.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×