BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

8 Wisata Alam Cilacap Super Keren Dengan Spot Tercantik Instagramable

Wisata alam Cilacap

0 159
wisata alam cilacap yang indah
sumber gambar : @yassinasco (instagram)

Siapa yang tidak kenal dengan Kabupaten Cilacap? Kabupaten Cilacap letaknya yang berada pada perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan juga Jawa Barat.

Kabupaten Cilacap yang sangat populer dengan gaya bahasa ngapak ternyata memiliki keindahan alam yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Kabupaten Cilacap yang memiliki lokasi satu gugusan dengan pantai selatan Pulau Jawa. Wisata alam Cilacap memiliki pesona yang sangat memukau, hal ini menjadikan tempat ini sebagai tempat yang direkomendasikan para wisatawan untuk di kunjungi.

Saat anda berada di Kabupaten Cilacap, tidak lengkap jika anda tidak mengunjungi wisata alam Cilacap yang akan kita bahas dibawah ini. Apa saja wisata alam Cilacap tersebut? mari simak ulasan ini.

1. Wisata Alam Cilacap Pantai Widarapayung

pantai widarapayung wisata alam cilacap
sumber gambar : @andrisdeaysreal (instagram)

Pantai Widarapayung merupakan salah satu wisata alam Cilacap yang sangat cocok untuk di kunjungi saat musim libur telah tiba. Pantai Widarapayung terletak di Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Widarapayung sangat populer sebagai tempat perlombaan selancar dan juga bumi perkemahan. Wisata alam Cilacap Pantai Widarapayung memiliki keunikan yang berbeda dengan pantai lainnya.

Pantai ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pepohonan. Hal ini yang membedakan antara pantai ini dengan pantai lain biasanya hanya ditumbuhi oleh satu jenis pohon.

Tumbuhan tersebut antara lain jenis pohon pandan, dukut gulung dan juga tanaman liar yang berduri. Pasir yang ada di pantai ini berwarna hitam dan sangat bersih. Selain itu keindahan lain terlibat dari hamparan air laut berwarna biru yang menyegarkan mata.

Terdapat berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan saat berkunjung di kawasan ini antara lain bermain pasir.  Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain pasir di sekitar bibir pantai.

Wisata alam Cilacap Pantai Widarapayung menjadi tempat habitat para kepiting pantai. Anda dapat berburu kepiting di sekitar pantai. Kepiting-kepiting tersebut bersembunyi dalam pasir, anda dapat menggalinya jika ingin memburu kepiting.

Kegiatan lain yang dapat anda lakukan yaitu menunggang kuda. Wisata alam Cilacap ini telah menyediakan penyewaan kuda. Anda dapat mengelilingi pantai dengan mengendarai kuda. Biaya yang anda keluarkan saat menyewa kuda berkisar Rp.5.000.

Kemudian anda juga dapat berfoto dengan berbagai macam spot keindahan alam yang banyak disuguhkan oleh Pantai Widarapayung.

Keindahan alam sangat favorit bagi para wisatawan untuk mengabadikannya dalam kamera. Hamparan laut lepas menjadi latar belakang foto yang cantik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam Cilacap ini sudah sangat memadai untuk mempermudah keamanan dan kenyamanan para wisatawan.

Fasilitas tersebut meliputi area parkir yang luas, toilet, gazebo, warung makan, mushola dan lain sebagainya. Anda akan merasa nyaman saat menikmati indahnya pantai tersebut.

Saat anda ingin berkunjung ke kawasan ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000. Harga tersebut masih sangat terjangkau, anda bisa menikmati keindahan alam yang begitu memikat hati.

2. Wisata Alam Cilacap Pulau Nusakambangan

pulau nusakambangan wisata alam cilacap
sumber gambar : @wilytaqwa (instagram)

Pulau Nusakambangan memang sangat populer jika anda mendengar kata Kabupaten Cilacap. Pulau Nusakambangan sangat cocok untuk anda kunjungi untuk menghilangkan penat dan beban yang ada.

Pulau Nusakambangan yang terletak pada Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pulau ini yang sangat populer dengan cerita menyeramkan yang berbau kematian.

Pulau Nusakambangan adalah tempat para napi teroris dan penjahat lainnya yang dikategorikan kelas kakap di tahan.

Mereka para penjahat yang ditahan di Pulau Nusakambangan merupakan penjahat yang melakukan kejahatan berat hanya tinggal menunggu eksekusi kematian.

Untuk memasuki Pulau Nusakambangan tidak boleh sembarangan orang. Biasanya yang hanya diperbolehkan masuk pintu Pulau Nusakambangan adalah para penyidik ataupun penegak hukum dan juga keluarga para tahanan.

Di setiap pintu masuk Pulau Nusakambangan di jaga ketat oleh personil kepolisian yang memiliki senjata lengkap. Hal ini lah yang menyebabkan Pulau Nusakambangan populer dengan pulau penjara.

Namun di balik cerita yang telah kita bahas, ternyata Pulau Nusakambangan memiliki potensi wisata alam Cilacap yang begitu memukau.

Karena tempat ini populer dengan cerita pulau penjara, yang menyebabkan Pulau Nusakambangan kurang terekspos oleh para wisatawan.

Pulau Nusakambangan ternyata selain menjadi tempat kurungan bagi para narapidana, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat ritual khas budaya Jawa.

Ritual tersebut dilakukan bagi para penerus dinasti kesultanan Mataram. Ritual itu dilaksanakan di tengah hutan yang diberi nama sebagai hutan ritual.

Hutan Ritual sangat populer dengan tumbuhan yang bernama wijayakusuma yang diketahui hanya ada di Pulau Nusakambangan ini.

Tumbuhan wijayakusuma merupakan tanaman ritual khas budaya Jawa. Penamaan dari Pulau Nusakambangan sendiri diberi karena pulau ini terdapat banyak spesies tumbuhan.

Hal ini menyebabkan pulau ini diberi nama Pulau Nusakambangan yang berarti pulau bunga-bunga. Selain itu Pulau Nusakambangan juga terdapat beberapa peninggalan sejarah zaman penjajahan.

Peninggalan tersebut ditemukan di dalam sebuah gua yang terdapat di sebelah barat pulau yang menjadi area hutan bakau, peninggalan tersebut berupa sebuah prasasti peninggalan VOC, dan masih banyak lagi peninggalan-peninggalan bersejarah.

3. Wisata Alam Cilacap Pantai Teluk Penyu

pantai teluk penyu wisata alam cilacap
sumber gambar : @cilacapwonderful (instagram)

Pantai Teluk Penyu yang terdapat di Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pantai ini merupakan salah satu wisata alam Cilacap yang sangat populer bagi kalangan para wisatawan.

Pantai Teluk Penyu yang memiliki ciri khas dengan pasir yang berwarna hitam bersih dan juga karena pantai ini merupakan salah satu dari gugusan pantai selatan. Hal ini menyebabkan Pantai Teluk Penyu memiliki ombak yang sangat besar.

Menurut warga sekitar penamaan dari Pantai Teluk Penyu ini pada zaman dahulu terdapat populasi penyu dengan jumlah yang cukup besar. Hal ini lah yang menyebabkan asal-usul penamaan pantai tersebut.

Namun sangat disayangkan saat ini keberadaan penyu tersebut menghilang. Penyebab penyu tersebut menghilang karena di sekitar Pantai Teluk Penyu banyak aktivitas kapal tangker dan perahu nelayan yang selalu melintasi di sekitaran pantai.

Keunikan lain yang dapat anda temui di pantai ini yaitu adanya Benteng Pendem dengan lokasi tidak terlalu jauh dari lokasi Teluk Penyu.

Benteng Pendem merupakan sebuah benteng untuk pertahanan tentara Belanda yang letaknya berdiri diatas tanah terlihat menjorok ke laut.

Anda dapat berfoto sepuasnya di pantai ini. Anda bisa memanfaatkan keindahan alam hamparan laut lepas sebagai latar belakang foto yang akan anda ambil.

Anda bisa berfoto bersama keluarga atau pasangan. Anda akan merasakan pengalam baru yang tidak akan terlupakan.

Selain itu ternyata ada juga keunikan yang dapat anda temukan di pantai ini. Adanya jembatan yang mengarah tengah laut. Jembatan tersebut dimanfaatkan oleh para nelayan untuk sput memancing.

Pantai selalu jadi incaran para wisatawan untuk menikmati indahnya matahari terbit dan juga tenggelam. Jembatan tersebut selalu ramai oleh para wisatawan saat sore hari sebab pantulan cahaya matahari sangat eksotis anda dapat mengabadikannya dalam bidikan kamera.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Teluk Penyu ini sudah terbilang sangat lengkap, fasilitas umum yang disediakan seperti toilet, mushola, gazebo, lapangan voli, kolam pemancingan, warung makanan, perahu penyebrangan ke Pulau Nusakambangan, dan lain sebagainya.

Aktivitas yang dapat anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Teluk Penyu yaitu bermain pasir, bermain air, berenang di tepian pantai, memancing, memburu sunset atau sunrise.

Biaya tiket masuk wisata alam Cilacap Pantai Teluk Penyu hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp.5.000 per orang.

Dengan harga tersebut anda akan menikmati indahnya Pantai Teluk Penyu. Selain itu anda dapat melakukan banyak aktivitas saat berada di tempat ini.

4. Wisata Alam Cilacap Pantai Karang Pandan

pantai karang pandan wisata alam cilacap
sumber gambar : @kinghafizm (instagram)

Pantai Karang Pandan terletak di Tambakreja, Cilacap Selatan, Jawa Tengah, Provinsi Jawa Tengah. Pantai ini merupakan surga kecil yang terletak di Pulau Nusakambangan.

Pantai Karang Pandan merupakan salah satu wisata alam Cilacap yang sangat mempesona keindahan alamnya. Pantai Karang Pandan ini dikelola oleh pihak swasta.

Pantai Karang Pandan terbilang wisata yang masih terbilang sangat baru. Hal ini membuat wisata alam Cilacap ini belum banyak dikunjungi oleh banyak para wisatawan.

Karena jarangnya wisatawan yang berkunjung membuat Pantai Karang Pandan ini memiliki pemandangan yang sangat asri dan alami. Anda dapat menyaksikan hamparan laut lepas yang begitu indah.

Suara deburan ombak yang akan membuat anda merasa nyaman saat berada di tempat ini. Laut yang terlihat jernih suasana pantai udara yang sangat sejuk. Sejuknya udara di sekitar pantai karena terdapat tumbuhan hijau yang tumbuh subur di sekitar pantai.

Membuat anda ingin berlama-lama saat berada di Pantai Karang Pandan ini. Pengalaman baru akan anda temukan di sini.

Fasilitas yang telah disediakan antara lain area parkir yang luas, toilet, mushola, warung makan dan masih banyak lagi fasilitas yang bisa anda gunakan untuk kenyamanan dan keamanan anda.

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih dengan air laut yang berwarna hijau kebiruan menyegarkan mata.

Pemandangan yang disuguhkan oleh pantai ini adalah perpaduan antara pasir putih, hutan, dan tentunya pecahan terumbu karang.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin banyak memburu spot foto yang instagramable. Dengan mengandalkan berbagai keindahan alam sebagai latar belakang. Foto yang dihasilkan akan membuat anda merasa kagum.

5. Wisata Alam Cilacap Kampung Laut

kampung laut wisata alam cilacap
sumber gambar : @iwanjadul (instagram)

Kampung Laut ini berada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Wisata alam Cilacap ini salah satu tempat yang wajib anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Lebih tepatnya Kampung Laut berada di Segara Anakan, yang dikelilingi rimbunnya pepohonan bakau. Kampung Laut ini terdapat beberapa kumpulan desa yang terdiri dari terdiri dari beberapa gugusan pulau kecil yang dibedakan dalam beberapa desa.

Desa tersebut antara lain Desa Kleces, Desa Ujung Gagak, Desa Ujug Alang, dan Desa Panikel. Kampung Laut hingga saat ini telah dihuni sejumlah 15 ribu penduduk.

Penduduk Kampung Laut tersebut bermata pencaharian sebagai nelayan ataupun juga petani. Penduduk tersebut hanya mengandalkan perahu compreng sebagai transportasi.

Kampung Laut sudah sejak lama menjadi destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Wisatawan yang datang tidak hanya warga lokal namun wisatawan mancanegara pun juga sering mengunjungi tempat ini.

Kampung Laut menyuguhkan keindahan alam yang masih sangat asri berupa hutan bakau atau biasa disebut sebagai Hutan Mangrove. Ada beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di kawasan Kampung Laut.

Banyak pemandangan yang sangat memukau di sekitar Kampung Laut. Anda bisa memanfaatkan keindahan tersebut dengan berfoto menyusuri kampung. Selain itu anda bisa bercengkrama bersama penduduk sekitar.

Anda bisa memburu makanan yang menjadi ciri khas saat berada di Kampung Laut. Karena letaknya yang berada di sekitar pantai, makanan seafood menjadi ciri khas Kampung Laut.

Anda bisa menuju Desa Ujung Alang yang populer dengan kenikmatan seafoodnya. Makanan seafood yang bisa anda cicipi saat berada di desa ini adalah ikan belanak, udang, kepiting, kerang totok serta ikan asin.

Ternyata Kampung Laut terdapat beberapa opsi objek wisata lain seperti gua. Goa tersebut antara lain Goa Maria, Goa Masigit, Goa Batu Lawang, Goa sela dan lain sebagainya.

6. Wisata Alam Cilacap Pantai Permisan

pantai permisan wisata alam cilacap
sumber gambar : @tnmerubetiri (instagram)

Pantai Permisan merupakan salah satu wisata yang cukup populer dikalangan para wisatawan. Pantai Permisan terletak di Tambakreja, Kabupaten Cilacap Selatan, Jawa Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Sodong, Nusakambangan.

Indonesia yang sangat populer sebagai negara kepulauan, menyebabkan keindahan alam yang memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu keindahan yang dimiliki Indonesia adalah Pantai Permisan.

Wisata alam Cilacap Pantai Permisan merupakan destinasi wisata yang masih terbilang sangat baru. Terdapat beberapa batu karang yang begitu memukau. Pemandangan ombak yang besar menabrak karang dengan suara deburan ombak yang membuat hati semakin tenang.

Jika anda melihat dari jauh akan terlihat dua buah batu karang yang berada hampir tengah laut. Batu karang tersebut biasa disebut oleh warga sebagai pulau kecil.

Anda dapat berfoto di sekitar pantai dengan menggunakan pemandangan alam sebagai latar belakang foto anda. Foto adalah bukti jika anda pernah berkunjung ke suatu tempat. Anda akan merasakan ingin mengunjungi kembali pantai ini.

Saat air laut surut para wisatawan diperbolehkan untuk menuju batu karang tersebut. Pantai Permisan ternyata juga memiliki keunikan lain.

Keunikan tersebut adalah lokasi Pantai Permisan sering digunakan oleh pemerintah untuk melatih para prajurit Bangsa Indonesia.

Untuk membuktikan bahwa Pantai Permisan memiliki kisah sejarah, anda dapat melihatnya dari batu karang yang telah tertancap sebuah pedang komando yang melambangkan komando prajurit bangsa kita.

7. Wisata Alam Cilacap Pantai Jetis

pantai jetis wisata alam cilacap
sumber gambar : @diesti_qomah (instagram)

Pantai Jetis merupakan salah satu gugusan pantai selatan yang sangat populer memiliki ombak yang sangat besar.

Wisata alam Cilacap ini terletak di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Keindahan alam yang diberikan pada Pantai Jetis tampak terlihat panorama pegunungan Kapur.

Keunikan dari Pantai Jetis ternyata terdapat sungai yang bernama sungai Ngijo. Sungai Ngiijo merupakan bentuk perbatasan dari dua kabupaten. Kedua Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen.

Di kawasan ini anda akan merasa dimanjakan oleh keindahan alam antara gabungan air , pohon serta pegunungan yang memiliki panorama memukau.

Menurut warga sekitar dahulu Pantai Jetis merupakan bekas area tambang yang di kelola oleh PT. ANTAM. Saat Antam mereklamasi lahan, warga sekitar meminta agar kawasan pantai ditanami pohon cemara udang dan pohon kelapa.

Tidak hanya itu warga sekitar juga meminta agar lubang-lubang bekas tambang untuk diratakan. Hingga akhirnya pantai Jetis dikembangkan menjadi kawasan pariwisata.

Pantai Jetis memiliki pasir yang berwarna hitam dan begitu halus. Pasir Pantai Jenis banyak mengandung mineral. Jika anda mengajak sang buah hati. Anak-anak bisa leluasa bermain di pasir tersebut.

Keunikan lain yang terdapat di pantai ini terdapat banyak saung yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menaruh barang atau sekedar untuk beristirahat melepas lelah.

Saung tersebut terletak di pinggiran Pantai Jetis. Selain itu saung tersebut hanya berukuran kecil yang cukup untuk menampung 4 hingga 5 orang saja.

Saung tersebut terbuat dari perpaduan kayu jati dan bambu. Sedangkan untuk atap saung tersebut terbuat dari genting flat dan daun kelapa kering.

Jika anda yang menyukai selfie, terdapat gardu pandang yang bisa anda jadikan spot foto terbaik. Gardu pandang tersebut selalu jadi incaran para wisatawan yang ingin berfoto bersama keluarga ataupun pasangan.

Tidak perlu khawatir jika para wisatawan tidak membawa kamera, karena banyak fotografer yang siap untuk membantu anda.

Untuk menuju gardu pandang tersebut para wisatawan harus menaiki tangga setinggi 3 meter. Dari atas gardu pandang tersebut anda akan menikmati keindahan pantai yang sangat memanjakan.

Tidak lupa jika anda berkunjung ke tempat wisata ini saat sore hari, anda akan menikmati keindahan matahari tenggelam.

Pantulan cahaya matahari tenggelam sangat cocok untuk anda abadikan dalam kamera. Ke eksotisan keindahan matahari menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Jetis terdapat wahana Taman Payung yang sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke area tersebut. Taman Payung ini banyak ditumbuhi pepohonan pinus.

Jika anda kelelahan sebaiknya beristirahat terlebih dahulu di Taman Payung ini. Tempat ini banyak terdapat gazebo yang bisa anda gunakan melepas lelah.

Untuk memasuki kawasan wisata alam Cilacap ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun. Namun anda hanya dipungut biaya parkir kendaraan.

Kendaraan roda dua akan dikenakan tarif parkir sekitar Rp.3.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sekitar Rp.5.000.

8. Wisata Alam Cilacap Pantai Sodong

pantai sodong wisata alam cilacap
sumber gambar : @ivanalaelaputrizaharoh (instagram)

Pantai Sodong merupakan salah satu destinasi wisata alam Cilacap yang sangat populer dengan keindahan alam yang masih terbilang sangat asri.

Pantai Sodong yang terletak di Desa Karang Benda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lebih tepatnya Pantai Sodong terletak di dekat Gunung Selok.

Keunikan dari pantai ini terdapat tebing-tebing yang terlihat menjulang tinggi yang menjadi ke eksotisan wisata ini.

Tentu saja Pantai Sodong memiliki kesamaan dengan wisata pantai lainnya, anda dapat berkunjung saat sore hari dan menikmati matahari terbenam. Melihat indahnya pantulan cahaya matahari yang begitu indah.

Di sekeliling kawasan Pantai Sodong terdapat pepohonan pinus yang begitu rimbun. Membuat suasana di pantai ini semakin sejuk dan teduh. Anda akan merasa nyaman berada di kawasan tersebut.

Pantai Sodong masih termasuk salah satu gugusan pantai selatan yang memiliki ombak cukup besar. Sebaiknya bagi para wisatawan tidak berenang di pantai ini.

Pantai Sodong letaknya yang sangat tersembunyi membuat para wisatawan jarang mengunjungi tempat ini. Hal ini membuat anda yang berkunjung ke wisata tersebut akan merasakan ketenangan hati dan jiwa.

Anda akan merasa nyaman dan tentunya akan merasakan ingin kembali berkunjung ke Pantai Sodong. Kegiatan yang wajib dilakukan oleh para wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata adalah berfoto.

Waktu yang tepat dan terdapat banyak spot foto adalah saat sore hari. Saat anda memburu keindahan alam, akan menghasilkan gambar yang begitu cantik.

Untuk memasuki kawasan wisata ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 4.000 per orang. Jika anda membawa sang buah hati, tempat ini telah tersedia wahana ayunan dan bangku yang bisa anda gunakan.

Namun untuk menaiki wahana ayunan anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5.000. Fasilitas umum yang tersedia juga sudah sangat memadai. Fasilitas tersebut disediakan untuk keamanan dan kenyamanan para wisatawan.

Itulah 8 wisata alam Cilacap yang sangat cocok untuk anda kunjungi bersama teman, keluarga atau pun pasangan.

Tidak lupa sebaiknya untuk anda tetap menjaga kebersihan alam supaya tetap terjaga kelestariannya. Anda juga harus mematuhi segala aturan yang telah tersedia di tempat wisata tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×