BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Gunung Panderman Merupakan Wisata Yang Ada Di Batu, Selain Itu Terdapat Juga 6 Wisata Di Batu

Wisata sekitar Gunung Panderman

0 166

Gunung Panderman yang merupakan gunung dengan pesona alamnya yang indah  terletak di Kota Batu, Jawa Timur.

Gunung Panderman memiliki ketinggian mencapai 2.045 meter diatas permukaan laut. Nama dari puncak Gunung Panderman yaitu Puncak Busandara.

Keindahan dari Gunung Panderman sudah tidak diragukan lagi. Bagi para pendaki maupun para wisatawan tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Terdapat beberapa tempat wisata yang berada di sekitar Gunung Panderman. Tempatnya yang nyaman dan menampilkan fasilitas lengkap menjadikan tempat wisata di Kota Batu tidak pernah sepi, selalu ramai oleh para wisatawan. Apa saja kah wisata tersebut ? mari kita simak ulasan dibawah ini.

1. Omah Kayu

omah kayu gunung panderman
sumber gambar : @omahkayubatu (instagram)

Omah Kayu berasal dari bahasa jawa yang memiliki arti Rumah Kayu. Omah Kayu merupakan rumah pohon yang terdapat di Gunung Banyak, Batu, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Panderman.

Omah Kayu memiliki daya tarik tersendiri berupa rumah yang terbuat dari kayu yang menempel pada pohon pinus. Terdapat pula platform pada pohon bisa dijadikan tempat untuk berfoto.

Pemandangan yang ada di sekitar omah kayu tidak perlu di ragukan lagi keindahannya. Para wisatawan bisa melihat keindahan dari Kota Batu dari kejauhan. Tidak hanya itu udara yang ada disekitar tempat ini sangat sejuk dan teduh.

Namun demi keamanan dan kenyamanan bersama peraturan Omah Kayu maksimal hanya 4 hingga 6 orang yang diperbolehkan naik ke Omah Kayu tersebut, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Omah Kayu ini merupakan tempat penginapan yang di konsep sebagai tree house di tengah hutan pinus.

2. Coban Rais

cobanrais gunung panderman
sumber gambar : @febyec (instagram)

Sebelum dikenal sebagai nama Coban Rais, para warga menyebutnya dengan nama Coban Sabrangan. Hal ini dikarenakan untuk menuju kawasan tersebut harus menyebrang sungai terlebih dahulu.

Sabrangan sendiri merupakan bahasa jawa yang memiliki arti menyebrang. Air terjun ini terletak di perbukitan Gunung Panderman. Dengan memiliki ketinggian 1.025 meter diatas permukaan laut.

Sedangkan ketinggian air terjunnya kurang lebih 75 meter , dengan sudut kemiringan 90 derajat. Tempat ini menyediakan berbagai tempat untuk berfoto.

3. Taman Langit

taman langit gunung panderman
sumber gambar :@tamanlangitgunungbanyak (instagram)

Taman Langit merupakan tempat wisata yang lokasinya seperti berada diatas kayangan. Taman Langit terletak di Kota Batu, Jawa Timur.

Tempat ini menampilkan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan.  Terdapat banyak spot foto diantara lain mulai dari cangkang telur diatas sangkar, angsa raksasa, hingga singa raksasa yang tampak gagah. Selain itu terdapat pula patung peri ala negeri dongeng.

4. Coban Putri

coban putri gunung panderman
sumber gambar : @cobanputri (instagram)

Air terjun Coban Putri terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Air nya begitu jernih dan deras. Hal yang menarik dari objek wisata ini, air terjunnya tidak hanya satu melainkan dua.

Air terjun ini tampak terlihat seperti kembar. Dinding air terjun tersebut merupakan batu yang bewarna coklat. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter. Disekitar tempat air terjun masih banyak ditumbuhi semak dan pepohonan hijau.

5. Paralayang

paralayang batu gunung panderman
sumber gambar : @pixabay.com

Wisata Paralayang ini terletak di Gunung Banyak, Kota Batu. Dengan ketinggian 1.315 meter diatas permukaan laut. Udara yang ada di tempat ini sangatlah sejuk dengan lokasi perbukitan hijau dan indah.

Jika para wisatawan berani mencoba paralayang ini, akan mendapatkan kenikmatan dan keseruan yang sangat luar biasa. Para wisatawan bisa merasakan bagaimana rasanya terbang di udara.

Selain itu pada wisatawan juga dapat memanjakan mata dengan keindahan alam Kota Batu yang tampak terlihat dari atas. Hal ini menjadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

6. Coban Talun

coban talun gunung panderman
sumber gambar : @cobantalun (instagram)

Air terjun Coban Talun merupakan air terjun yang begitu indah. Air yang terdapat di tempat ini sangat jernih sehingga dapat diminum dan terasa sangat menyegarkan.

Akses untuk menuju air terjun ini para wisatawan harus melewati hutan yang rimbun. Air terjun Coban Talun memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter diatas ketinggian 950 meter diatas permukaan laut.

Hutan yang terdapat di Coban Talun ini merupakan campuran antara hutan pinus dengan kawasan hutan rimba.

Coban Talun meskipun kondisi musim kemarau airnya tetap mengalir dari Sungai Brantas yang tidak akan pernah surut.

Air yang dihasilkan saat musim kemarau debitnya cukup deras. Dan saat musim hujan debit airnya akan semakin deras sehingga menambah pesona Coban Talun tersendiri.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×