BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Madura Atau Pulau Garam Super Hits Yang Wajib Diketahui

Wisata alam Madura

0 463
cover jembatan suramadu
sumber gambar : pixabay.com

Pulau Madura yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Madura tidak kalah menarik dengan kota kota lainnya dengan destinasi wisata alam yang begitu memukau.

Wisata alam Madura banyak yang menyimpan keindahan dengan harga yang relatif terjangkau, cocok untuk anda menghabiskan masa libur panjang.

Jika dilihat dari peta, pulau Madura memiliki bentuk seperti badan sapi. Selain itu Pulau Madura disebut sebagai Pulau Garam, karena di tempat ini terdapat tambak garam sebanyak 4.572 petak.

Wilayah penghasil garam di Pulau Madura antara lain Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Jika anda ingin menuju pulau ini, anda bisa melewati jalur transportasi melalui jembatan Suramadu.

Selain itu anda bisa menggunakan jalur udara dengan tujuan Bandar Udara Trunojoyo, Sumenep. Bahkan anda juga bisa melewati jalur laut.

Penasaran dengan destinasi wisata alam Madura ? mari kita simak beberapa ulasan mengenai wisata alam Madura yang menyimpan keindahan antara lain yaitu :

1. Wisata Alam Madura Gili Genting

gili genting wisata alam madura
sumber gambar : @giligenting_hits (instagram

Gili Genting merupakan salah satu destinasi wisata alam Madura yang selalu menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke pulau garam ini. Gili Genting terletak di Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Madura.

Gili Genting terdapat pasir yang bewarna putih dan masih terbilang bersih. Jika anda berada di Pulau Gili Genting yang menjadi ciri khas yaitu Pantai Sembilan.

Anda bisa menikmati Pantai Sembilan, hanya dengan duduk-duduk santai di sekitar tepian pantai, dengan udara yang sejuk teduh.

Wisata alam Madura Pantai Sembilan memiliki nama lain yaitu Pantai Mareddnan yang memiliki arti kuburan.

Tempat itu di namakan kuburan karena di sekitar pantai terdapat kuburan umum, namun saat ini kuburan tersebut sudah di sekat oleh tembok.

Nama itu berubah menjadi Pantai Sembilan, hal ini dikarenakan menurut warga sekitar saat air laut pasang, air laut tersebut akan menggenangi bibir pantai dan terlihat terbentuk seperti angka 9 jika di lihat dari atas.

Jika anda ingin menikmati keindahan dari Pantai Sembilan saat ini belum di kenakan biaya tiket masuk, namun anda akan di tarik uang sumbangan untuk kebersihan pantai sekitar Rp. 5.000. Pantai ini masih dalam tahap pengembangan, pihak pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang terbentuk belum mendapat izin pengesahan dari pihak Pemkab.

Pantai ini dalam proses pengembangan, fasilitas yang ada di wisata ini sudah sangat memadai. Fasilitas yang ada antara lain seperti gazebo, toilet, warung makan yang ada di sekitar pantai.

Selain itu terdapat juga fasilitas seperti arena waterspot yaitu banana boat, snorkeling, sailing, speedboat, canoe, dan sepeda perahu.

Untuk anda yang gemar berfoto terdapat pula beberapa spot cantik yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang.  fasilitas yang bisa anda gunakan berfoto adanya ayunan di tepi pantai, ranjang pengantin, kursi pantai dan lain sebagainya.

Dengan adanya fasilitas tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang mengunjungi indahnya Pantai Sembilan.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengajak keluarga ataupun pasangan menghilangkan penat yang ada.

Tidak hanya itu anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbit ataupun matahari terbenam. Saat terjadi proses matahari terbit dan terbenam cahayanya cocok untuk di abadikan dalam bidikan kamera, yang akan mendapatkan hasil foto cantik.

2. Wisata Alam Madura Gili Iyang

gili iyang wisata alam madura
sumber gambar @backpackerjakarta (instagram)

Gili iyang termasuk salah satu wisata alam Madura yang juga tidak kalah menarik untuk di kunjungi. Wisata alam Madura Gili Iyang terletak di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep.

Lokasi Gili Iyang berdeketan dengan Gili Labak. Untuk menuju wisata ini, jika anda berada di pusat kota sumenep hanya berjarak sekitar 28 km.

Gili Iyang sangat cocok untuk para wisatawan dengan suasana udara yang sepoi-sepoi membuat anda semakin nyaman dan tenang.

Berlibur dengan mengajak keluarga atau pasangan untuk menikmati keindahan alam yang cukup memukau.

Gili Iyang sangat di rekomendasikan untuk anda menjadi tujuan berlibur. Wisata ini di sebut sebagai pulau yang awet muda oleh para wisatawan ataupun masyarakat sekitar.

Sebutan tersebut di berikan karena pulau ini terdapat banyak penduduk yang berusia satu abad, bahkan lebih.

Maka tidak heran jika anda berada di kawasan pulau ini akan merasa awet muda. Apa sebabnya penduduk sekitar pantai bisa hidup hingga seratus tahun? Jawabannya adalah karena pantai Gili Iyang ini mengandung oksigen yang cukup banyak.

Kondisi kadar oksigen yang ada di tempat ini mencapai angka 20%. Kandungan oksigen ini tertinggi kedua yang ada di dunia setelah Jordania.

Pulau ini menjadi destinasi objek wisata kesehatan. Pulau Gili Iyang masih terbilang sangat asri dan belum banyak di jamah oleh para wisatawan.

Kondisi yang ada di sekitar pantai masih banyak di tumbuhi pepohonan yang rimbun, yang membuat kawasan ini semakin teduh.

Selain itu kawasan ini tidak banyak terdapat aktivitas kendaraan, hal ini membuat pantai ini bebas dari polusi udara.

Kandungan karbondioksida di kawasan ini hanya sekitar 265 PPM. Pemandangan yang ada di sekitar pantai hamparan lautan biru yang memanjakan mata.

Para wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti duduk bersantai di batu karang, bermain dengan pasir, berfoto deng banyak spot foto cantik yang ada di sekitar kawasan wisata atau bahkan bisa melakukan olahraga volly pantai.

3. Wisata Alam Madura Gili Labak

gili labak wisata alam madura
sumber gambar : @gililabak.id (instagram)

Gili Labak terletak di Jl. Gili Labak, Kombang, Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya berdekatan dengan Madura.

Gili Labak adalah salah satu destinasi populer wisata alam Madura yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

Tempat ini selalu jadi incaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pulau ini memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dengan wisata lain yang ada di Indonesia.

Pantai ini terkenal dengan pasir yang putih dan warna laut yang biru bersih membuat para wisatawan semakin penasaran untuk mengunjungi tempat tersebut.

Pulau ini dulunya bernama Pulau Tikus, karena terdapat banyak sarang tikus. Namun lama kelamaan nama itu berganti menjadi Pulau Gili Labak, hal ini karena pengucapannya lebih mudah bagi para penduduk sekitar Pulau Madura.

Selain itu Gili Labak juga di kenal dengan pesona ekosistem keindahan yang begitu memukau. Jika di lihat dari kejauhan Pulau Gili Labak bentuknya seperti benda besar yang terapung di tengah lautan dan samudra.

Pulau Gili Labak memiliki luas sekitar lapangan bola. Hal ini mempermudah para wisatawan untuk menemukan letak pulau tersebut.

Menikmati keindahan Pulau Gili Labak dengan suara deburan ombak yang membuat para wisatawan merasa tenang berada di kawasan ini.

Ombak yang ada di pulau ini tidak terlalu besar dan kontur pantai sangat landai. Banyak berbagai macam aktifitas yang bisa di lakukan oleh para wisatawan saat berada di Pulau Gili Labak antara lain berenang atau bermain di pinggiran bibir pantai.

Para wisatawan bisa berenang santai di pulau ini, karena pulau ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Namun para wisatawan sebaiknya lebih berhati-hati jangan berenang ke area tengah karena area tengah kontur pantainya sudah sangat dalam.

Selain itu para wisatawan juga bisa melakukan aktifitas snorkeling, tempat ini merupakan salah satu wisata favorit bagi penggemar snorkeling.

Keindahan alam di bawah laut wisata ini memiliki ke eksotisan yang sungguh memukau. Para wisatawan bisa menikmati indahnya dunia bawah laut yang terdapat banyak ikan-ikan bewarna-warni, banyaknya hamparan terumbu karang, dan lain sebagainya.

Pulau ini memiliki kekurangan yaitu kurangnya fasilitas persewaan alat berenang. Hal ini membuat para wisatawan harus membawa peralatan berenang sendiri.

Selain itu fasilitas umum masih belu memadai di kawasan ini. Tidak terdapat warung yang berjualan makanan atau pun penginapan.

Para wisatawan jika ingin bermalam di daerah kawasan ini harus mencari penginapan di daerah Kabupaten Sumenep.

Kegiatan yang tidak boleh terlupakan oleh para wisatawan yaitu melakukan pemotretan foto untuk di abadikan menjadi kenangan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Wisata ini banyak terdapat spot foto cantik, dengan latar belakang pasir putih dan hamparan laut lepas bewarna biru menjadi hasil foto anda begitu indah untuk di pandang.

4. Wisata Alam Madura Pantai Rongkang

pantai rongkang wisata alam madura
sumber gambar : @ainul_yakin008 (instagram)

Pantai Rongkang yang merupakan destinasi wisata alam Madura yang terbilang cukup memukau. Pantai tersebut terletak di Kwanyar Barata, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan.

Lebih tepatnya pantai ini berada di sebelah timur jembatan Suramadu. Jika anda berada di pusat kota Bangkalan, anda hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 35 km.

Pantai ini juga merupakan rekomendasi wisata yang harus anda kunjungi saat berada di Pulau Madura. Saat mendengar kata pantai mungkin anda berfikir terdapat hamparan pasir putih yang memukau.

Namun beda halnya dengan pantai yang satu ini, Pantai Rongkang memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri dari wisata ini.

Pantai Rongkang memiliki pengganti pasir yaitu hamparan batu besar maupun kecil. Hal ini lah yang menjadi perbedaan pantai ini dengan pantai lainnya yang ada di Indonesia.

Jika anda sudah bosan dengan sensasi pantai yang memiliki pasir putih lembut, anda bisa mengunjungi Pantai Rongkang untuk menikmati keindahan yang berbeda.

Selain itu terdapat pula bukit berundak-undak yang memiliki ketinggian 25 meter di atas permukaan laut. Para wisatawan bisa menaiki bukit tersebut untuk menikmati keindahan yang ada di sekitar pantai.

Pantai ini di beri nama Rongkang sebab Rongkang dari kata Ngrongkang yang menurut bahasa Madura memiliki arti berlubang.

Pantai ini terdapat bebatuan yang terbentuk dengan proses alami sehingga hamparan pantai dipenuhi banyak bebatuan yang berlubang.

Wisata ini belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah sekitar sehingga membuat Pantai Rongkang memiliki fasilitas yang cukup minim.

Namun dengan ide masyarakat yang inisiatif, penduduk sekitar wisata membangun beberapa fasilitas yang bisa di gunakan para pengunjung saat berlibur di Patai Rongkang.

Saat ini wisata alam Madura Pantai Rongkang sudah terdapat fasilitas yang memadai seperti mushola, area parkir yang cukup luas, toilet dan lain sebagainya.

Tempat ini di penuhi dengan beberapa spot cantik yang bisa anda gunakan untuk latar belakang foto anda. Jika lewatkan kesempatan saat berada di tempat wisata, manfaatkan untuk berfoto dengan berbagai objek yang begitu cantik di sekitar pantai Rongkang.

5. Wisata Alam Madura Air Terjun Toroan

air terjun toroan wisata alam madura
sumber gambar : @air_terjun_toroan (instagram)

Air Terjun Toroan ini adalah air terjun yang termasuk wisata alam Madura yang lebih tepatnya terletak di Desa Ketapang Daya, Ketapang, Kabupaten Sampang.

Air terjun ini terletak di Hutan Kera Nepa dan Pantai Nepa. Air terjun Toroan memiliki daya tarik tersendiri yang jarang di temui di air terjun lainnya.

Air Terjun Toroan merupakan air yang mengalir di pantai. Air Terjun Toroan yang tidak di kelola secara maksimal oleh masyarakat sekitar atau pemerintah daerah setempat pantai yang menyebabkan kawasan ini sepi pengunjung dan belum banyak di ketahui oleh banyak orang.

Air Terjun Toroan akan menyuguhkan pemandangan yang ada di kawasan pesisir pantai dengan adanya batu karang yang indah.

Tempat ini belum banyak di jamah oleh manusia sehingga membuat daerah kawasan ini menjadi sangat asri dan masih alami. Karena lokasi ini belum di ada yang mengelola membuat kawasan ini minim fasilitas.

Meskipun fasilitas yang kurang memadai, hal ini tidak mengurangi keindahan alam di sekitarnya. Saat perjalanan menuju wisata ini terdapat banyak pepohonan yang begitu rimbun yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan teduh.

Ketinggian dari air terjun ini sekitar 20 meter dan kedalaman air mencapai 2 meter. Dengan ketinggian tersebut, Air Terjun Toroan menjadi air terjun terbesar yang ada di Pulau Madura.

Para wisatawan akan melihat hamparan pasir putih dan terdapat pula kera-kera yang berasal dari Hutan Nepa.

Namun sayangnya air terjun ini tidak di perbolehkan untuk para wisatawan yang ingin berenang, karena di sekeliling air terjun terdapat palung yang pernah memakan korban.

Tentunya jangan pernah lupa untuk mengabadikan pengalaman seru saat berkunjung di air terjun. Terdapat banyak tempat yang bisa anda jadikan sebagai latar belakang.

Tempat ini sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin berforo layaknya seorang model, hanya dengan memanfaatkan keindahan alam akan mendapatkan hasil yang sanga luar biasa.

6. Wisata Alam Madura Bukit Kapur Arosbaya

bukit arosbaya wisata alam madura
sumber gambar : @backpackerjakarta (instagram)

Wisata alam Madura yang satu ini terletak di Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Bukit ini sedikit berbeda dengan wisata lain yang ada di Indonesia.

Bukit Arosbaya juga di kenal sebagai nama Bukit Pelalangan. Bukit Kapur kebanyakan bewarna putih namun berbeda dengan bukit yang Madura miliki ini dengan tebing bewarna corak kemerahan.

Selain itu tebing ini berbentuk patahan yang tidak beraturan. Kawasan hingga saat ini masih di pergunakan warga setempat untuk menambang.

Aktivitas warga tersebut akan menghasilkan balok-balok yang di gunakan sebagai pengganti batu bata. Hasil tersebut akan di kirim ke berbagai wilayah, terutama kota Surabaya.

Pulau Madura terkenal dengan udara yang sangat panas, namun saat anda memasuki wisata Bukit Arosbaya tidak akan merasakan panas.

Para wisatawan akan merasakan udara sejuk dan teduh. Hal ini disebabkan oleh dinding-dinding tebing sekitar wisata selalu lembab dan basah.

Proses penambangan para warga sekitar membantu terbentuknya gua dengan berbagai macam ukuran. Hal ini membuat berbagai tempat spot foto yang menawan.

7. Wisata Alam Madura Bukit Jaddih

bukit jaddih wisata alam madura
sumber gambar : @syahid_explore (instagram)

Bukit Jaddih merupakan salah satu wisata alam Madura yang cocok di jadikan destinasi wisata untuk menghabiskan libur panjang bersama keluarga atau pasangan.

Bukit Jaddih terletak tepat di Desa Jaddih, Bangkalan. Pembentukan bukit ini terjadi akibat penambangan batu kapur putih.

Tempat ini hampir mirip dengan Brown Canyon yang ada di wisata alam Semarang merupakan sebuah tempat penambangan, namun berupa pasir.

Wisata alam Madura Bukit Jaddih tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang berupa bukit kapur namun juga terdapat goa-goa kecil.

Bukit Jaddih terdapat kolam renang yang di beri nama Goa Potte, selain itu terdapat goa kecil yang tidak boleh di masuki oleh pengunjung.

Karena yang di khawatirkan goa tersebut akan runtuh. Tekstur dari goa tersebut sangat rapuh. Bukit Jaddih juga terdapat danau bewarna biru yang sungguh mempesona.

Tempat ini sangat cocok untuk para wisatawan mengabadikan dalam kamera. Saat berada di tempat wisata tidak lengkap jika anda tidak berfoto dengan latar belakang wisata tersebut.

8. Wisata Alam Madura Bukit Geger

bukit geger wisata alam madura
sumber gambar : @syamr2 (instagram)

Bukit Geger merupakan salah satu wisata alam Madura yang banyak di incar oleh para wisatawan untuk menghabiskan masa libur panjang.

Bukit Geger terletak di Kabupaten Bangkalan. Pulau Madura tidak terdapat satupun gunung yang ada daratannya.

Meskipun tidak terdapat gunung, Pulau Madura terdapat beberapa kawasan wisata yang tidak kalah menarik dengan wisata yang ada di pulau-pulau lain di Indonesia.

Pulau Madura terdapat beberapa bukit yang bisa di jadikan destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat libur panjang.

Suasana yang ada di sekitar bukit geger sangat sejuk dan segar karena tempat ini jauh dari polusi tempat ini masih asri.

Untuk menuju puncak bukit geger para wisatawan harus melewati puluhan anak tangga yanh sudah disediakan.

Menaiki tangga tersebut membutuhkan tenaga yanh ekstra, namun setelah mencapai puncak bukit anda akan di manjakan oleh pemandangan.

Sepanjang jalan terdapat pepohonan mahoni yang menjulang tinggi. Di kawasan wisata bukit geger banyak di huni oleh monyet hutan.

Monyet-monyet tersebut tidak mengganggu para wisatawan. Wisata ini melarang para pengunjung memberikan makan pada monyet karena yang di khawatirkan jika di beri makan monyet akan terus mengikuti kita.

Wisata ini terdapat pula dedaunan pohon atau semak belukar banyak di temui ular pecut, ular viper hijau, ular bandotan puspa, ular python dan masih banyak lagi berbagai macam hewan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di wisata ini antara lain tempat beristirahat, terdapat banyak warung dan lain sebagainya.

Sebaiknya bagi para wisatawan ketika mengunjungi tempat tersebut saat musim hujan berhati-hati, batu di sekitar licin.

9. Wisata Alam Madura Bukit Lampion Beramah

bukitlampion_beramah wisata alam madura
sumber gambar : @bukitlampion_beramah (instagram)

Bukit Lampion Beramah merupakan salah satu wisata alam Madura yang juga wajib anda kunjungi dengan beberapa keindahan pesona alam yang memukau.

Bukit Lampion Beramah atau biasa disebut sebagai Bukit Lampion Galis ini terletak di Desa Daleman, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan Madura.

Pulau Madura menyuguhkan berbagai destinasi wisata yang populer dengan berbagai macam keindahan bukitnya.

Wisata bukit ini masih terbilang baru dan jarang di temui oleh banyak orang. Hal ini membuat wisata bukit menjadi sangat terjaga alamnya yang asri.

Wisata Bukit Lampion Galis ini mempunyai konsep tentang keindahan alam. Wisata ini juga terdapat gardu pandang yang bisa di gunakan oleh pengunjung untuk mengambil foto dari sisi atas.

Sesuai dengan namanya bukit ini memang terdapat lampion-lampion kecil yang akan menambah kecantikan foto anda.

10. Wisata Alam Madura Bukit Daramista

bukittinggidaramista wisata alam madura
sumber gambar : @exploremadura (instagram)

Bukit Daramista terletak di Daramista, Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura. Wisata alam Madura ini juga merupakan destinasi wisata yang baru di Pulau Madura.

Meskipun terbilang baru tempat ini memiliki keindahan yang wajib untuk anda kunjungi. Untuk mencapai tempat ini bukan hal yang mudah.

Namun dengan keindahan yang ada di sekitar wisata lelah anda akan terbayarkan. Pemandangan alamnya membuat anda ingin berfoto menggunakan latar belakang keindahan bukit.

Bukit Tinggi Daramista terdapat berbagai gubuk kecil dan juga kolam ikan yang bisa di nikmati oleh para wisatawan.

Suasana yang ada di sekitar bukit yaitu udara yang sangat sejuk dan teduh membuat anda nyaman berada di tempat ini.

Salah satu aktifitas wajib yang harus di rasakan oleh para pengunjung yaitu menikmati keindahan matahari terbit dan juga tenggelam di bukit ini.

Pantulan cahaya matahari yang bisa di gunakan sebagai latar belakang foto menambah kesan eksotis tersendiri. Foto tersebut akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan.

Itulah beberapa destinasi wisata alam Madura yang cukup menarik untuk di kunjungi bersama keluarga ataupun pasangan menghabiskan waktu libur panjang. Harus selalu diingat untuk para wisatawan sebaiknya menjaga kebersihan alam supaya terjaga kelestariannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×