BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Gunung Prau Dengan 5 Keindahan

Gunung Prau yang selalu ramai

0 166

indahnya gunung prau

sumber gambar : catatan-arief.comLokasi gunung Prau ini terletak didaerah tiga kabupaten yaitu Wonosobo, Banjarnegara dan Kendal. Lebih tepatnya berada di Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Gunung prau ini menjadi puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng, faktor yang menjadikan tempat ini terfavorite bagi pendaki dan alasan kenapa gunung ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada musim libur dan akhir pekan, akan kami rangkum diantaranya sebagai berikut:

1.Melihat sunrise di gunung Prau.

 

sunrise yang ada digunung prau
sumber gambar : pixabay.com

Waktu yang tepat untuk melihat dan menikmati sunrise di gunung Prau , wonosobo ketika musim kemarau pada pukul 3 atau 4 dini hari. Dikarenakan saat inilah golden sunrise Prau bersinar cerah.

Di puncak gunung ini akan dipenuhi oleh para pendaki untuk menyaksikan fenomena ini. Hal ini menjadikan kegiatan wajib yang harus dilakukan ketika mendaki gunung Prau.

Saat musim kemarau yang berlangsung selama bulan Agustus-September, suhu yang ada digunung Prau ini mencapai titik terendahnya.

Di beberapa hari terakhir suhu yang ada didataran tinggi ini bahkan bisa mencapai dibawah titik beku hingga menghasilkan kristal-kristal es yang menyerupai salju.

Itulah sebabnya Gunung Prau ini menyuguhkan pemandangan paling indah karena langitnya yang sangat bersih.

Bahkan dari ketinggian 2.565 mdpl ini tampak disebelah selatan pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing, Gunung Merbabu disisi kanan, serta Gunung Lawu tanpak mungil dari kejauhan.

2. Cocok untuk para pemula pendaki

Gunung Prau sangat relatif karena tidak terlalu tinggi untuk didaki. Jalur yang ditempuh tidak seberat seperti mendaki gunung Merbabu atau Gunung Merapi.

Itu sebabnya gunung ini selalu ramai oleh pengunjung. Waktu yang ditempuh pendaki dari basecamp menuju puncak tidak terlalu lama hanya memerlukan kurang lebih 3-4 jam.

Walau anda belum pernah mendaki ke gunung, gunung Prau ini bisa menjadi saran terbaik untuk didaki.

Yang diperhatikan hanya perlu persiapan fisik atau mental. Untuk melatih fisik diperlukan berolahraga seperti joging setiap hari selama satu jam.

Kemudian meningkatkan performa stamina, dengan menghindari mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan minuman yang dingin.

Cara itu mampu untuk membantu badan supaya terhindar dari sakit flu, yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh melemah.

Dan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Karena saat mendaki anda akan menghadapi jalur pendakian yang berkelok, penuh dengan bebatuan dan tanah serta jalur yang terjal.

3.Mempunyai banyak basecamp.

basecamp gunung prau
sumber gambar : miro.medium.com

Pengertian dari pos basecamp adalah tempat untuk seorang pendaki memulai atau tempat terakhir perjalanan dan juga tempat untuk beristirahat  para pendaki.

Fungsi dari basecamp ini adalah tempat untuk pendaftaran dan mengurus izin untuk naik gunung. Di gunung Prau ini terdapat 6 basecamp yang dibuka untuk umum diantaranya:

  1. Jalur Patak Beteng.
  2. Jalur Kali Lembu.
  3. Jalur Dieng Wetan.
  4. Jalur Dieng Kulon.
  5. Jalur Campurejo.
  6. Jalur Desa Wetes.

 

4.Panorama yang sangat indah.

panorama gunung prau
sumber gambar : pixabay.com

Gunung Prau selain mempunyai golden sunrise, juga memiliki panorama yang indah. Saat cuaca sangat cerah, anda bisa melihat 5 gunung sekaligus yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Lawu, dan Gunung Merbabu.

Dan tidak hanya itu , puncak Gunung Prau yang sangat terkenal dengan bukitnya yang berundak-rundak seperti Bukit Teletubbies.

Oleh sebab itu gunung ini tampak sangat spesial dengan pemandangan khas ini. Hal yang menarik ditempat ini adalah spot foto yang menyediakan disetiap sudutnya ada pemandang bunga daisy.

 

5. Bunga Daisy

bunga daisy gunung prau
sumber gambar : pixabay.com

Bunga daisy ini biasa disebut oleh warga Dieng dengan nama kembang lonte sore. Nama Daisy diambil dari bahasa inggris kuno yaitu “Daes eag” yang mempunyai arti sebagai “Mata sebuah hari”.

Bunga ini tidak dapat anda lihat terus dan tidak selamanya ada. Waktu yang tepat untuk menyaksikan keindahan bunga ini ketika diakhir musim hujan atau menjelang musim kering.

Bunga ini mekar serentak mewarnai Bukit Telettubies. Bunga daisy ini bisa tumbuh hingga ketinggian mencapai 3 inci sampai 4 kaki.

Ketika malam hari suasana yang ada dipuncak gunung Prau ini sangatlah indah, cocok untuk anda yang tertarik untuk berkemah ditempat ini. Bintang yang ada dilangit ini bisa disebut Milky Way akan terlihat sangat indah.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×