BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Penanggalan Pranatamangsa 2021 – 2021

Dibuat oleh pakdhe jayeng pangudar nalar

0 246

Tentang Pranatamangsa

Pranatamangsa adalah sistem penanggalan yang dibuat dengan mempelajari pola-pola yang terjadi di alam, dicatat lalu dijadikan sebagai acuan petani dalam melakukan aktivitas pertanaman.

Sistem ini membuat petani semakin cermat dan peka akan apa yang harus dilakukan, tentunya dengan pengamatan dan rasa yang jeli. Kalender pranatamangsa ini juga mencakup korelasi antara kosmologi, biologi, klimatologi dan sosiologi masyarakat.

Teknik ini mempertimbangkan harmonisasi antara alam dan manusia, sesuai dengan prinsip ekologi yang dalam hal ini keberadaan manusia adalah peran utama dalam suatu ekosistem yang sanggup mengerti alam serta tau apa yang harus dilakukan dari apa yang diamatinya.

Jaman dahulu, para leluhur kita dengan bermodalkan pranatamangsa membuat perkembangan pertanian di Nusantara sangat pesat. Sriwijaya dan Majapahit menjadi bukti nyata bahwa bangsa ini dulunya pernah berdaulat atas komoditas pangan berdasarkan potensi lokal yang ada.

Jaya nya masa itu tercatat dalam kitab Arjunawiwaha serta prasasti Kamalagi. Apabila dicermati sistem pertanian yang menggunakan pranatamangsa sebagai acuan akan lebih teratur dan tertata.

Sistem ini mengajarkan kita untuk mengetahui kapan waktu yang tepat melakukan aktivitas pertanian mulai dari pengolahan, penanaman sampai kicauan burung yang memberi makan anaknya menjadi tanda waktu bahwa panen akan tiba.

Pranatamangsa secara tidak langsung mengajarkan bahwa alam seyogyanya dijadikan petunjuk dan sahabat petani.Kearifan lokal dari kalender ini juga bentuk kearifan lokal yang cerdas karena buah hasil dari ilmu titen para nenek moyang leluhur kita.

Kalender Pratanamangsa

Foto kalender pranatamangsa yang dibuat oleh pakdhe Jayeng Pangudhar Nalar.

Pranatamangsa 2021 2022 cover

Semoga kalender pranatamangsa tahun 2021 sampai 2022 ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×